Yang Perlu Diperhatikan Ketika Akan Mengajukan Investasi

Discussion in 'Bisnis' started by exabytes-id, 20 Sep 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]
    Angel Investor dan Venture Capitalists memiliki beberapa syarat spesifik untuk menilai apakah sebuah startup itu layak untuk didanai atau tidak. Jika Anda baru pertama kali mencoba mencari investor, Anda harus melakukan banyak persiapan. Berikut ini adalah 3 tips yang bisa Anda gunakan untuk menarik para investor tersebut.

    1. Jangan menawarkan banyak penawaran terlalu dini

    Berhati-hatilah saat bekerja sama dengan lebih dari 1 perusahaan sebagai pihak ke tiga di masa pertama dalam perundingan, kata Lori Hoberman kepala dari Chadbourne & Parke’s emerging companies dan praktisi ventur-capital. Sementara Anda tergoda untuk memberikan presentasi yang besar dari perusahaan Anda kepada investor sebagai ganti dari aliran dana segar bagi perusahaan Anda, Anda harus mempertimbangkan lagi keuputsan Anda tersebut. Sebagaimana perusahaan Anda bertumbuh,Anda harus memperhitungkan setinggi apa perusahaan Anda nanti dapat berkembang, dan Anda harus memperjuangkan nilai yang dimiliki perusahaan Anda dengan mempertimbangkan sebaik-baiknya penawaran yang diberikan investor.

    2. Mengetahui “angka” Anda

    Anda harus mengesankan investor Anda dengan pengetahuan Anda tentang bisnis Anda dari sisi keuangan. Jika Anda terintimidasi dengan permainan angka-angka, carilah seorang ahli untuk membantu Anda mempersiapkannya. Tapi saat Anda harus mempresentasikan di depan investor, Anda sebagai pemilik bisnis tersebut harus dengan percaya diri membawakan presentasinya, dan harus yakin bahwa bisnis yang Anda tawarkan ini menguntungkan, kapan Anda akan mencapai BEP (break even point) dan seperti apa pasar yang Anda targetkan. Determinasikanlah secara jelas berapa nilai dari perusahaan Anda dan berapa tahun Anda bisa mencapai keuntungan. Yang perlu Anda lakukan saat menghadapi para investor adalah mengetahui betul angka-angka yang harus Anda presentasikan, bersikap percaya diri, dan melewati tes “wajah datar”.

    3. Bayarlah diri Anda

    Saat Anda sedang menghitung biaya, pastikan juga bahwa Anda menambahkan biaya untuk gaji Anda sendiri. Para investor mengharapkan hal itu. Mungkin akan memakan waktu berbulan-bulan bagi Anda untuk bertahan tanpa di gaji demi mempertahankan bisnis yang baru berjalan tersebut, tapi Anda harus mengingat hal itu dan membayar diri Anda sendiri begitu perusahaan Anda sudah bisa menghasilkan keuntungan. Jika Anda tidak cukup menghargai diri Anda sendiri, para investor pun akan melakukan hal yang sama.

    sumber : startupbisnis.com/3-hal-yang-perlu-diketahui-sebelum-menghadapi-investor/
     
    WidigdoNetwork likes this.
  2. dhyhost

    dhyhost Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,950
    Likes Received:
    615
    Trophy Points:
    113
    bagus sekali artikelnya,
    yang terpenting adalah harus pandai bercakap agar bisa menarik hati calon investor :D
     
  3. Central Net Media

    Central Net Media Poster 1.0

    Messages:
    83
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    8
    selain itu juga para investor akan menanyakan perihal keuntungannya. bagaimana alur keuntungan itu didapat dan strategi penjualannya yang benar2 matang sehingga setiap bulan selalu menghasilkan penjualan. pokoknya intinya jgn menjanjikan macam2 yg belum tentu dpt diperolehnya. ujung2nya nanti pencari investor akan dikejar2 para investornya
     
  4. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Yang paling disukai / dievaluasi oleh investor adalah perhitungan. Jadi sebaiknya memang harus benar2 memperhatikan hitungan kita dengan baik. Kuncinya adalah "realistis", bukan hanya berdasar asumsi atau imajinasi semata, tapi benar2 berdasarkan data, pengalaman, atau bahkan track record. :)
     
  5. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Yup, biasanya ditanya kapan ROI/BEP? Semakin cepat, semakin mereka suka. :)
     
  6. tokobunga

    tokobunga Poster 1.0

    Messages:
    62
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Keren niih, sangat bermanfaat
     
  7. Fikselin

    Fikselin Beginner 2.0

    Messages:
    17
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    yang paling penting nomor 3 menurut saya :D
    thx for sharing
     
  8. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Sip Tuan. Btw awal bikin usaha, Tuan2 pakai modal sendiri apa investor?
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...