Curhat dilema menjadi CS yang ramah


Status
Not open for further replies.

adrian

Apprentice 1.0
selamat libur tuan-tuan
aku mau curhat, beberapa bulan ini mencoba mengaktifkan layanan livechat di website dan mencoba untuk selalu ramah dengan setiap orang yang tanya lewat livechat, namun aku merasa semakin aku ramah melayani membuat client saya semakin tak tau diri, sering banget tanya lewat livechat tentang hal yg tidak penting dan tidak seharusnya ditanyakan, tanya seo, minta saran dll. termasuk juga marah jika websitenya ada error sedikit padahal itu eror dari website dia sendiri, seolah semua dibebankan kepada hosting.

menjadi dilematis karena kalau tidak dijawab dibilang lelet tidak responsif, giliran dilayani malah tak tau diri.
mungkin tuan disini ada saran atau mau ikutan curha
 

alexistdev

Expert 1.0
ya memang seperti itu mas, berhadapan dengan banyak karakter dimana ada yg baik ada yg kurang baik. Tapi satu hal yang pasti, jika mas membuka live chat artinya mempermudah pelanggan mas untuk berhubungan dengan mas apalagi itu urgent sifatnya, ini akan meningkatkan reputasi dari mas sendiri.
 

alexistdev

Expert 1.0
bisa meningkatkan bisa malah menjatuhkan..

sejauh ini dari pengalaman saya pribadi, keramahan layanan saya membuat customer return . Klo yang sebaliknya sepertinya saya belum pernah mengalami, karena mungkin saya hati2 dalam merespon chat, yang tidak saya perlu jawab maka tidak saya jawab. gitu sih pak Tanto, mungkin bapak ada pengalaman yang lebih lagi, bs dishare kan disini biar menambah pengetahuan saya. :18:
 

Bestariweb Hosting

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
sejauh ini dari pengalaman saya pribadi, keramahan layanan saya membuat customer return . Klo yang sebaliknya sepertinya saya belum pernah mengalami, karena mungkin saya hati2 dalam merespon chat, yang tidak saya perlu jawab maka tidak saya jawab. gitu sih pak Tanto, mungkin bapak ada pengalaman yang lebih lagi, bs dishare kan disini biar menambah pengetahuan saya. :18:
maksudnya keberadaan livechat, bisa meningkatkan, bisa juga menjatuhkan. Misal saat kita menolak menjawab atau menolak menjelaskan karena diluar tema. Atau saat kita meminta agar client membuat support ticket untuk bantuan tertentu. Gak semua client bisa memahami walau sudah kita jelaskan pentingnya support ticket. dan beberapa client dengan tipikal tertentu bisa merusak nama baik kita melalui sosmed.
 

bagio

Poster 1.0
Anda chat dgn org mana mas? Mgkn dgn org luar negeri? Setahu saya org indonesia itu ramah2 dan santun. Itu yang diajarkan guru saya waktu SD dulu sih.
 

alexistdev

Expert 1.0
maksudnya keberadaan livechat, bisa meningkatkan, bisa juga menjatuhkan. Misal saat kita menolak menjawab atau menolak menjelaskan karena diluar tema. Atau saat kita meminta agar client membuat support ticket untuk bantuan tertentu. Gak semua client bisa memahami walau sudah kita jelaskan pentingnya support ticket. dan beberapa client dengan tipikal tertentu bisa merusak nama baik kita melalui sosmed.

terimakasih wawasannya pak. memang ada tipikal user entah dengan sengaja atau tidak berusaha mencari2 kesalahan.
 

Rockman

Hosting Guru
Verified Provider
selamat libur tuan-tuan
aku mau curhat, beberapa bulan ini mencoba mengaktifkan layanan livechat di website dan mencoba untuk selalu ramah dengan setiap orang yang tanya lewat livechat, namun aku merasa semakin aku ramah melayani membuat client saya semakin tak tau diri, sering banget tanya lewat livechat tentang hal yg tidak penting dan tidak seharusnya ditanyakan, tanya seo, minta saran dll. termasuk juga marah jika websitenya ada error sedikit padahal itu eror dari website dia sendiri, seolah semua dibebankan kepada hosting.

menjadi dilematis karena kalau tidak dijawab dibilang lelet tidak responsif, giliran dilayani malah tak tau diri.
mungkin tuan disini ada saran atau mau ikutan curha
Website saya, tidak pernah saya pasang livechat, rata-rata contact via Tiket/WhatsApp sih...
Pernah juga mengalami hal seperti itu... dijawab semampunya saja.. atau cari jawabannya di Google :D
Jika pertanyaan nya diluar seputar hosting, jawab saja dengan tegas, misalnya "Maaf pak, pertanyaan SEO bukan bagian support kami pak, dll... ";) Mohon dibaca TOS kami terkait support, Gitu aja kok repot
Kalau pelanggannya lari, biarkan saja..., dan jangan takut rezeki akan lari juga. Biasanya client sepert itu sekedar coba-mencoba saja (menggoda kita) dan suka menclak-menclok kesana-kemari.
 
Last edited:
Status
Not open for further replies.

Top