Resep Kue Kering Nastar Keju, Untuk Persiapan Lebaran Bulan Depan

Discussion in 'Makanan' started by techwira, 14 May 2018.

  1. techwira

    techwira Poster 1.0

    Messages:
    52
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Resep Kue Kering Lebaran

    Kue Kering Lebaran merupakan salah satu jenis makanan wajib yang sering kita temui saat moment hari raya idul fitri. Kue kering lebaran sendiri biasanya terdiri dari banyak jenis dan ragam rasa. Sebut saja beberapa jenis kue lebaran yang kerap menjadi primadona seperti Nastar, kue keju, Kembang Rose, Kue Kacang, Kue Putih Salju,Kue Lidah Kucing,dan masih banyak lagi.

    [​IMG]

    Moment lebaran memang selalu jadi ajang kumpul dengan sanak family yang di tunggu-tunggu setiap setahun sekali. Nah waktu berkumpul inilah merupakan saat yang paling tepat untuk menyuguhkan aneka macam jenis kue, baik kue kering lebaran, kue basah, hingga menu makanan berat seperti ketupat sayur, semur daging dan opor ayam.

    Kue Kering Dan Lebaran
    Lebaran memang selalu identik dengan yang Namanya kumpul-kumpul silaturahmi, tentunya hal ini juga berimbas kepada suguhan apa yang akan di sajikan agar suasana berkumpul tetap adem, ringan tidak terasa kaku. Kue kering memang sedari dulu terkenal akan sifatnya yang cukup fleksibel, dalam artian bisa dinikmati kapan pun, oleh siapapun dan tanpa efek samping apapun.

    Kue kering pada perayaan lebaran memang seolah sudah menjadi ciri khas dan adat istiadat di setiap daerah di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia sendiri punya suguhan kue kering yang cukup beragam. Oleh karenannya keberadaan suguhan kue kering lebaran sudah menjadi sesuatu yang wajib ada, karena sifatnya sendiri cukup langka dan hanya biasa kita temui setahun sekali.

    Pada umumnya kue kering lebaran di buat dari bahan tepung terigu / tepung beras, telur, mentega,dll. Kue kering ini biasanya di masak dengan menggunakan metode bakar / bake dengan oven. Sedangkan berbeda dengan kue basah dimana bahan serta pembuatanya lebih cenderung kearah pengukusan,di rebus dan di goreng dengan banyak minyak, tentunya dengan hasil kue yang agak lebih basah.

    Kue kering di kenal mempunyai daya tahan kadaluarsa yang cukup baik, hal ini juga tergantung dari seberapa detail anda memperlakukan kue kering agar terhindar dari cuaca buruk,suhu ruangan yang tak stabil serta jamur.

    Nah jika anda berminat untuk membuat kue kering lebaran sendiri di rumah, saat ini sudah banyak resep yang bisa anda temui. Anda bisa mencari resep-resep cara membuat kue kering pada mesin pencari google, ada ribuan jenis resep yang bisa dengan mudah anda coba dan kreasikan.

    Resep Kue Nastar
    Nastar merupakan salah satu jenis kue kering lebaran yang melegenda, dan kue kering ini sendiri nyaris tak pernah absen menghiasi menu kue kering lebarn lain di meja tamu. Nah pada resep nastar kali ini, kita akan coba berkreasi membuat varian nastar baru. Jika nastar pada umumnya mempunyai isian toping selai nanas, kali ini kita akan coba sedikit berksperimen dengan resep nastar modifikasi isi keju

    Bahan Adonan:


    3 Butir Telur (ambil kuningnya)
    100 grm gula pasir halus
    100 grm margarin
    160 gram mentega
    1 sendok teh vanili
    350 grm tepung terigu
    60 gr susu bubuk
    Proses Pendinginan dan Penguapan

    Bahan Isian Nastar :


    1 buah nanas
    1 batang kayu manis
    2 buah cengkeh
    200 grm Gula Pasir
    Keju Spread / selai keju oles
    Cara Pembuatan Isian Kue Nastar Keju :
    Langkah awal yang harus anda lakukan adalah mengolah bahan-bahan isian terlebih dahulu. Pertama masak buah nanas yang telah di kupas dan di potong” dengan kayu manis dan cengkeh. Masak hingga kadar air pada buah nanas menyusut dan berubah wujud hingga agak lengket seperti selai

    Masukan gula pasir dan aduk adonan selai hingga agak mengeras, dan aduk terus hingga kandungan air menjadi kering. Angkat lalu masukan kedalam kulkas agar teksturnya lebih keras.

    Cara Pembuatan Adonan Nastar :

    • Kocok mentega , margarin, gula halus dan vanili dengan mixer kue menggunakan putaran sedang. Aduk hingga adonan tercampur rata, masukan kuning telur satu persatu sembari di kocok dengan mixer roti.
    • Masukan tepung terigu, susuk bubuk sedikit demi sedikit sembari di aduk dan bahan adonan tercampur rata. Angkat adonan dan bungkus dengan plastik lalu simpan di dalam kulkas selama 20-30menit
    • Angkat adonan dari kulkas, dan potong-potong dalam ukuran kecil / 10-12 gram.
    • Bentuk adonan kecil menjadi ukuran pipih membulat, masukan isian selai nanas dan keju spread. Anda juga bisa menggunakan potongan keju blok yang telah di bentuk dadu sesuai selera.
    • Bentuk kembali adonan nastar sesuai selera
    • Siapkan Loyang, letakan kertas kue di atasnya. Dan mulailai menyusun satu persatu kue nastar yang telah di bentuk di atas Loyang
    • Oles adonan nastar dengan kuning telur yang telah di siapkan.
    • Selanjutnya masukan Loyang kedalam oven yang telah di panaskan, gunakan api atas dan bawah agar kue matang sempurna. Set suhu mesin oven roti 140-150 drajat celcius selama 20 menit.
    • Setelah matang, angkat dan dinginkan terlebih dahulu sebelum di sajikan / di simpan.

    Bagaimana??cukup mudah bukan, tentunya dalam pembuatan nastar modifikasi ini anda perlu sedikit berkreasi dan berimprovisasi dengan bahan-bahan dan Teknik pembuatan yang di lakukan. Berikutnya juga ada share tips dan trik bagaimana membuat kue kering lebaran menjadi lebih tahan lama, anti jamur dan tidak mudah cepat tengik. Yuk di simak tips trik nya :

    Dalam prakteknya sering kali kita lupa untuk melakukan Teknik penguapan yang satu ini padahal caranya sendiri cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Sejatinya kue kering yang baru matang dan slesai di oven, ketika di angkat tentunya akan mengeluarkan uap panas yang berlebih serta pekat. Nah hal ini sering kali kita abaikan dengan langsung memasukan kue yang panas kedalam toples atau wadah lalu menutup rapat-rapat untuk di simpan.

    Padahal faktanya hal tersebut merupakan kesalahan terbesar yang bisa membuat kue kering berumur pendek dan tidak tahan lama. Cara paling gampang adalah ketika kue baru di angkat dari oven, letakan dalam wadah terbuka. Anda bisa menggunakan nampan besar yang telah di beri alas seperti kertas kue atau tisu

    Dengan melakukan metode ini, di harapkan segala kandungan minyak dan uap sisa pembakaran akan lebih cepat mongering dan tidak membuat daya tahan kue menurun.

    Kontrol Kandungan Margarin

    Margarin pada kue mempunyai fungsi sebagai pelembut adonan dan pemberi aroma sedap dalam proses pembuatan kue. Tetapi pada dasarnya untuk menggunakan margarin pada adonan kue di harapkan sesuai dengan takaran dan kebutuhan. Anda harus sesuaikan margarin pada kue, jangan terlalu banyak karena kue kering yang awet dan bagus teksturnya haruslah benar-bernar kering, dan tidak terlalu lembut dan basah karena kandungan margarin.

    Pilih Tepung Terigu Terbaik

    Teung terigu juga bisa membuat kondisi kue kering cepat rusak lho. Biasakan menggunakan tepung terigu dengan kualitas tinggi, kering serta bersih tidak berkutu. Hal ini untuk menjaga kue yang anda buat berjamur di kemudia hari.

    Gunakan Silica Gel

    Ya, Silica Gel merupakan zat yang mampu menjaga kondisi wadah / toples anda tetap kering dari kelembaban yang di sebabkan oleh suhu dan cuaca. Umumnya dengan menggunakan. Dengan menggunakan silica gel, kue kering anda bisa terhindar dari bakteri dan jamur yang di sebabkan oleh suhu lembab di dalam toples. Dengan begini kue anda jadi lebih awet dan renyah

    Oke semoga info ini berguna :D
     
  2. mlutfiup

    mlutfiup Hosting Guru

    Messages:
    1,156
    Likes Received:
    98
    Trophy Points:
    48
    mantap, request resep putri salju dong om
     
  3. techwira

    techwira Poster 1.0

    Messages:
    52
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Oke om..nanti yak nyusul :D
     
Loading...

Share This Page

Loading...