Website Penyedia Hosting Jangan Sampai Down


Status
Not open for further replies.

masiqbal

Hosting Guru
Verified Provider
Masalah memang bisa terjadi kapan saja. Saya yakin tidak ada penyedia hosting yg tidak pernah mendapatkan masalah di salah satu servernya. Tapi sebagai penyedia, kita harus menghormati hak klien untuk bisa tetep menghubungi dan tahu apa yg terjadi.

Berikut ini beberapa tips yg mungkin berguna:
  • Jangan meletakkan website dan billing/support system di server yg sama dengan client.
  • Jangan meletakkan website dan billing/support system di data center yg sama dengan client.
  • Gunakan layanan pihak lain yg jarang bermasalah (mungkin dari para raksasa), kalau "malu" ketahuan ada di mana bisa ditutup dengan layanan reserve proxy seperti cloudflare.
  • Kalau perlu clustering atau fail over.
  • BACKUP BACKUP BACKUP
  • Ini yg paling penting: Telp, HP, WA, BBM, Forum, twitter, FB harus tetep hidup.
Mungkin suhu-suhu di sini ada yg berkenan mengoreksi atau menambahkan...
 

FluidaWeb

Hosting Guru
yang no 3 dan 4 blm melakukan, tp sdh membuat clone diserver lain agar bisa sewaktu2 ganti pointing ip jika yg utama down
 

sentabi

Expert 2.0
yang lebih penting informasikan ke client perihal downtime dan estimasi waktu down. Ga ngaruh semua media sosial dipake, kalo ngga dijawab juga :D. Biasakan jangan kebanyakan media untuk menghubungi cukup 1-2 Twitter atau email/fb biar lebih terkordinasi
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
1 dan 2 seharusnya sudah cukup untuk menjaganya, karena yang terpenting web billing/support jangan sampai down bersamaan dengan server produksi...
 

bmumu

Apprentice 1.0
Point #4 yg wajib di cluster fitur apa saja pak / bu

Maap jika pertanyaannya kurang bermutu
 

galuh82

Hosting Guru
Verified Provider
kenapa mesti malu pake jasa pihak ketiga apalagi berbayar .. lebih malu lagi kalau site sama billingnya nggak bisa diakses hehe

nice share .. good topics :)
lanjutkan ..
 
Status
Not open for further replies.

Top