9 Elemen Penting Dalam SEO Website Anda Untuk Jangka Panjang

Discussion in 'Search Engine dan Direktori Web' started by exabytes-id, 6 Mar 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Google sebagai mesin pencari yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, selalu melakukan perubahan pada algoritma mereka. Update terakhir yang dirilis oleh Google baru-baru ini adalah diluncurkannya Panda 4.0 yang membuat perubahan yang cukup signifikan pada hasil pencarian di mesin telusur Google. Perubahan ini tentunya menjadi perhatian yang sangat penting bagi semua pemilik website, terutama mereka yang mengandalkan #Google sebagai sumber trafik.

    Namun, walaupun Google selalu mengeluarkan update pada algoritma mereka (mungkin akan terus dilakukan), standard penting untuk webmaster tidak mengalami perubahan. Google menginginkan para pemilik website/ blog untuk selalu memberikan konten terbaik dan up to date bagi visitor mereka.

    Kira-kira seperti apa perkembangan SEO di masa-masa yang akan datang? Bagaimana cara mengoptimalkan faktor on page SEO yang relevan untuk visitor dan juga untuk mesin telusur Google? Berikut ini adalah 9 elemen penting dalam SEO website:

    1. Update Blog dengan Konten yang Bermanfaat Bagi Audiens
    Membangun blog merupakan cara yang sangat efektif untuk mempublikasikan konten yang berhubungan dengan bisnis Anda, membangun brand, meningkatkan jumlah audiens, dan membangun otoritas untuk website bisnis. Mungkin dulu hal ini tidak terpikir oleh kita, namun hari ini dan seterusnya hal ini merupakan sebuah keharusan.

    Membangun konten yang selalu up to date dan relevan dengan bisnis Anda akan membuat blog bisnis Anda mendapat kepercayaan yang lebih dari audiens, dan tentunya dari mesin telusur Google. Saya sendiri sudah membuktikan bahwa kualitas konten merupakan faktor yang sangat penting bagi kesuksesan sebuah website/ blog di mesin pencari.

    2. Website/ Blog Terintegerasi Dengan Google Authorship
    Fitur ini dikeluarkan oleh Google sudah lama sekali, namun masih banyak pemilik website/ blog yang belum memanfaatkannya. Google Authorship adalah cara Google untuk memferifikasi penulis konten dalam sebuah website, dan memperhitungkan seberapa besar keahlian (otoritas) masing-masing penulis terhadap sebuah topik. Dan ternyata Author Rank (Ranking Penulis) sangat mempengaruhi hasil pencarian di mesin telusur Google.

    Selain itu, manfaat lain yang bisa didapatkan seorang pemilik website jika mengintegrasikan website/ blognya dengan Google Authorship adalah Authorship Markup. Anda pasti pernah melihat gambar profil penulis di dalam hasil pencarian mesin Telusur Google, nah inilah yang disebut dengan Authorship Markup. Berdasarkan penelitian, Authorship Markup bisa meningkatkan jumlah klik ke sebuah website karena lebih menarik perhatian para pengguna Google. Lihat gambar.

    3. URL Yang Teroptimasi
    Poin ini sebenarnya sudah dibahas sejak dulu, dan kemungkinan besar tidak akan ada perubahan di masa-masa mendatang. Penting sekali untuk membuat pengaturan yang baik pada permalinks website/ blog Anda, agar selalu mengandung kata kunci yang relevan dengan konten yang Anda buat.

    Beberapa poin penting untuk mengoptimalkan URL Anda:

    • Mengandung kata kunci yang relevan dengan konten
    • Panjangnya tidak lebih dari 100 karakter
    • URL tidak memuat lebih dari 3 sub direktory (misalnya: Bisnis/Bisnis Online/eCommerce)
    4. Title Tags Yang Teroptimasi
    Poin ini juga sudah sering dibahas dalam setiap artikel tentang SEO. Sejak dulu penggunaan Title Tags adalah faktor yang krusial dan sangat penting untuk SEO, dan saya yakin akan begitu seterusnya. Selain harus mengandung kata kunci yang relevan dengan konten Anda, Title Tags juga seharusnya disusun dengan bahasa yang rapih agar menarik audiens untuk meng-klik dan membuka website Anda.

    Sebaiknya kita memasukkan kata kunci di dalam Title Tags secara alami. Untuk halaman utama (homepage) selain memasukkan keywords yang relevan dengan bisnis Anda, disarankan untuk menambahkan nama perusahaan, misalnya “Bisnis Kuliner Pedas – TahuJeletot.com”. Ini sangat baik untuk branding bisnis Anda. Dan untuk halaman lain, misalnya artikel konten, kita bisa juga bisa menambahkan nama perusahaan di akhir judul, misalnya “Cara membuat tahu pedas yang enak | TahuJeletot.com”.

    5. Heading Tags Yang Teroptimasi
    Setiap halaman di dalam website kita seharusnya punya heading tags (H1,H2,H3). Heading tag H1 menunjukkan topik utama halaman Anda, dan merupakan elemen pertama dalam halaman tersebut, pastikan Anda hanya memiliki satu H1 saja di setiap halaman konten. Biasanya pada CMS WordPress heading tag H1 sudah tercipta secara otomatis setiap kali kita membuat konten.

    Kita bisa membuat konten menjadi lebih tertata dengan menambahkan H2, dan H3, seperti yang Anda lihat di artikel ini. Sangat disarankan memasukkann kata kunci yang relevan pada H1, H2 dan H3 Anda dengan sewajarnya. Jangan terlalu memaksa menambahkan keywords, buat se-natural mungkin.

    6. Tag Gambar Yang Teroptimasi
    Tag pada gambar menurut saya masih sangat penting untuk SEO, ini penting untuk memperkuat relevansi antara konten teks dan gambar. Selain itu, gambar yang teroptimasi dengan baik akan mendapatkan peringkat yang baik dalam daftar pencarian gambar di Google Image Search. Bagi pengguna platform WordPress bisa menggunakan plugin SEO Friendly Images, plugin ini dapat membantu menambahkan Alt gambar sesuai dengan keyword yang dibidik secara otomatis.

    7. Menambahkan Keywords di Dalam Konten
    Menurut saya strategi penambahan keywords di dalam konten adalah faktor yang masih krusial dalam SEO, dan akan selalu begitu. Memasukkan kata kunci yang relevan berikut dengan kata kunci yang masih berhubungan adalah praktek optimasi SEO yang baik, namun perhatikan juga frekuensi penggunaa keywords di dalam konten karena terlalu banyak memasukkan kata kunci tertentu di dalam konten akan dianggap keywords stuffing yang bisa berakibat buruk pada SEO website Anda.

    Memaksimalkan penggunakan keywords secara maksimal merupakan bentuk copywriting yang sangat baik. Tentunya ini akan sangat berguna bagi audiens Anda, dan sekaligus SEO website Anda.

    8. Membangun Konten yang Membahas Sebuah Topik Secara Mendalam
    Kita perhatikan bahwa saat ini Google cenderung lebih mengutamakan konten yang mendalam pada hasil pencarian mereka, biasanya kontennya panjang. Sangat mudah membuat sebuah konten sederhana dengan teks sebanyak 400 kata, lalu mengoptimasinya untuk beberapa kata kunci tertentu. Sepertinya Google sudah menyadari hal ini.

    Bila saat ini Anda memiliki beberapa artikel post yang pendek (400 kata atau kurang), kemungkinan besar konten tersebut tidak mendapat posisi yang baik di mesin pencari. Jika Anda ingin mendapat trafik lebih banyak dari artikel tersebut, mungkin Anda perlu memperbaikinya. Sebenarnya tidak ada standar pasti untuk jumlah kata dalam setiap artikel Anda, tapi biasanya konten yang membahas sebuah topik secara mendalam setidaknya bisa mencapai 1000 kata atau lebih.

    9. Membangun Konten Yang Saling Terkait
    Cukup banyak pemilik website yang berusaha mengoptimasi halaman tertentu untuk mendapatkan trafik dari beberapa kata kunci yang agak melebar sekaligus. Pada beberapa kasus ini bisa saja kita terapkan jika beberapa kata kunci tersebut memang masih sangat berkaitan. Namun, bila beberapa kata kunci tersebut agak melebar, akan lebih baik bila kita membangun beberapa konten yang berbeda dan membahas secara fokus masing-masing kata kunci yang akan dioptimasi.

    Membangun banyak konten yang saling terkait akan sangat baik untuk kampanye SEO website Anda. Selain itu, hal ini juga akan meningkatkan pengalaman audiens Anda selama berada di website/ blog bisnis Anda. Sertakan internal link di dalam setiap konten Anda, agar pembaca bisa menjelajahi lebih banyak konten di blog Anda tersebut.

    Seperti yang kita lihat, beberapa elemen penting dalam SEO tidak mengalami perubahan selama bertahun-tahun, sedangkan yang lain mengalami perubahan. Poin penting yang bisa kita ambil dari sini adalah tujuan Google yang selalu sama dari tahun ke tahun, yaitu berusaha memberikan user mereka hasil pencarian yang paling relevan dengan konten terbaik.

    source: https://www.maxmanroe.com/9-elemen-penting-dalam-seo-website-anda-untuk-jangka-panjang.html
     
    Last edited by a moderator: 24 May 2015
  2. SulisSoft

    SulisSoft Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    1,262
    Likes Received:
    361
    Trophy Points:
    83
    Mantap2 artikelnya Tuan satu ini :113:
     
  3. elingwahyu.co.id

    elingwahyu.co.id Poster 1.0

    Messages:
    88
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    perlu ditingkatkan lagi nih optimalisasi SEO nya , makasih info nya :D
     
  4. pangeran1995

    pangeran1995 Hosting Guru

    Messages:
    1,352
    Likes Received:
    105
    Trophy Points:
    63
    mantep mas artikelnya :D
     
  5. nyamenk

    nyamenk Beginner 2.0

    Messages:
    42
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    makasih infonya mas :)
     
  6. iidbae

    iidbae Apprentice 2.0

    Messages:
    449
    Likes Received:
    87
    Trophy Points:
    28
    Ini maksudnya untuk "kategori" atau "tag" yah..
     
  7. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    makasih Tuan.. semoga aja Tuan bs blh bagus optimasikan bisnis Tuan di SEO :)
     
  8. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    sama-sama Tuan.. semoga aja berhasil ya Tuan dpt hasil yg Tuan mw :D
     
  9. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    makasih Tuan :) semoga Tuan blh tw tntg SEO :)
     
  10. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    sama-sama Tuan..semoga threadnya bs membantu Tuan nich
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...