[ask] kebijakkan upgrade sistim Prorated

Discussion in 'Web Hosting' started by premium, 10 Nov 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. premium

    premium Poster 2.0

    Messages:
    158
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Tuan hoster sekalian mau nanya nih,

    Sy pake contoh aja ya
    Asumsi sy daftar hosting tgl 1 bulan januari 2011
    Hosting paket A = 100 ribu per tahun
    Hosting Paket B = 300 ribu per tahun

    Nah.. saya ambil paket A dan BAYAR PENUH 100ribu

    Pada bulan maret tgl 1 sy mengajukan upgrade ke paket B

    pertanyaan sy

    1. Saya seharusnya dibebankan brp? bayar 200rb kan.
    2. Sisa pemakaian hosting tinggal brp lama? apakah dgn upgrade paket B masa wkt hosting sy tetap sampe akhir thn desember 2011?

    Apakah fair?

    monggo dishare kebijakkan hoster yg disini. thanks
     
  2. tokohosting

    tokohosting Expert 1.0

    Messages:
    619
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    kalau saya sih...

    100.000 / 365 = 274 / hari

    katakan 1 bulan 30 hari = 1 januari - 1 maret berarti 3 bulan

    3 x 30 = 90 x 274 = 24660

    100.000 - 24.660 = 75340 << sisa deposit yang ngga dipakai

    karena masalahnya upgrade.. berarti tenggat nya sama...

    yaitu tanggal 31 desember

    dihitung mulai 1 maret - 31 desember ada 9 bulan

    300.000 / 365 = 822 / hari

    822 x 30 x 9 = 221940 ( terhitung sewa hanya 9 bulan )

    kemudian ada sisa deposit tadi 75340

    jadi 221940 - 75340 = 146.600 << ini total yang harus dibayar..

    itu menurut saya.. :o
     
    Wien Dk likes this.
  3. 1stserver

    1stserver Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    1,801
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    kalau pakai WHMCS kan sudah otomatis boz ... dan kayaknya perhitungannya seperti dijelaskan oleh tokohosting
     
  4. premium

    premium Poster 2.0

    Messages:
    158
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    auto ya ? mskpn dgn rupiah na? klo iya sih bagus... thx utk info nya. baru mudeng dah

    soalnya td sy ada tny di hosting lokal.. ktanya bayar 200rb dan tetap jalan dari bulan maret - desember.. jelas rugi donk
     
  5. premium

    premium Poster 2.0

    Messages:
    158
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    jwban ini nih yg sy tunggu.. baru namanya fair.
     
  6. hostingceria

    hostingceria Expert 1.0 Web Hosting

    Messages:
    673
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    @premium
    kalau pakai whmcs kalkulasinya lebih sederhana (tidak melibatkan deposit):

    asumsi kasar:
    - 1 tahun 360 hari
    - 1 bulan 30 hari
    - Upgrade 1 maret, berarti hari yang sudah berjalan 60 hari

    - harga paket lama 100rb/tahun
    - harga paket baru 300rb/tahun
    - selisih harga paket 200rb

    Rumusnya:
    (Sisa hari yang berjalan / total hari dalam periodenya 1 tahun) x selisih harga paket

    Realnya:
    (300 hari / 360 hari) x 200rb = Rp 166.666,67


    yang dihitung hanya sisa hari berjalan karena jika langsung dipatok rata biaya upgrade 200rb, berarti webhoster "nilep" jatah hari untuk periode upgrade selama 60 hari pertama itu, padahal 60 hari pertama itu justru pakainya hanya paket lama 100rb/tahun
     
  7. premium

    premium Poster 2.0

    Messages:
    158
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    jwban tokohosting dan hosting ceria hasilnya beda ya.

    Jdnya dlm whmcs itu otomatis nya ikut rumus yg mana neh?
     
  8. premium

    premium Poster 2.0

    Messages:
    158
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Oiya baru nyadar... kan pake nya cuma dari tgl 1 jan - 1 mar berarti anggap 60 hr donk
     
  9. sigmabisnis

    sigmabisnis Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,181
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    iyaa.. di whmcs itu udah ada otomatis kok utk biaya upgrade paket hosting...
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...