[ASK] Kenapa NS Selalu Ga Resolved di Domain ID?

Discussion in 'Nama-Domain.ID' started by kang28ivan, 7 Oct 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. kang28ivan

    kang28ivan Expert 1.0

    Messages:
    766
    Likes Received:
    168
    Trophy Points:
    43
    Siang semua, pertama saya mengucapkan mohon maaf bila salah penempatan thread silahkan di pindahkan om ben or momod lain :)

    ada problem dari dulu sama ns saya nih, setiap klien yang menggunakan domain .ID selalu IP nya tidak pernah muncul & NO GLUE, mau NS server USA ataupun IIX server saya tidak pernah bener sekalipun dan jalan terakhir dibuat records atau child ns.
    Sedikit SS nya http://awesomescreenshot.com/04f1sr1k83
    barangkali ada yang pernah mengalami seperti saya mohon di share gimana cara supaya fixed?

    Terima kasih sebelumnya untuk para senior disini yang ingin bantu beri solusi :)
    Salam,
     
    mustafaramadhan likes this.
  2. mustafaramadhan

    mustafaramadhan Hosting Guru

    Messages:
    3,237
    Likes Received:
    857
    Trophy Points:
    113
    Saya curiga kalau ini terkait dengan DNS server yang dipakai oleh domain id dan atau configure yang kurang pas.

    Saya alami ini ketika menambah DNS server di Kloxo-MR dari semula hanya bind dan djbdns dan kemudian ada tambahan powerdns, maradns dan nsd. Dari semua ini, saya menyukai nsd karena cukup kecil, zone config bisa seperti bind, ada fasilitas notify dan cepat. Celakanya ada masalah seperti halnya masalah yang anda sebutkan.

    Masalah seperti ini tidak ada di DNS server yang lain.
     
    kang28ivan likes this.
  3. kang28ivan

    kang28ivan Expert 1.0

    Messages:
    766
    Likes Received:
    168
    Trophy Points:
    43
    Kalau untuk config sama halnya seperti umumnya om jika ada configurasi advance sepertinya saya belum pernah menyentuh itu karena pada whm root server saya memang adanya dan settingan tidak begitu rumit juga, untuk di domain tld lain normal semua namun di semua domain ID selalu seperti itu, bahkan di registar berbeda dengan saya sama hasilnya.
    ini sebenarnya sudah lama saya alami namun puncaknya saat ini karena udah jengkel sekali cari permasalahannya dimana masih belum ketemu :(
     
  4. mustafaramadhan

    mustafaramadhan Hosting Guru

    Messages:
    3,237
    Likes Received:
    857
    Trophy Points:
    113
    Maksud saya ya di PANDI yang bermasalahnya. Kan selalu 'pemegang hak' domain ID dia pakai dns server juga kan?.
     
  5. kang28ivan

    kang28ivan Expert 1.0

    Messages:
    766
    Likes Received:
    168
    Trophy Points:
    43
    Oh dari pandi, tapi ini agak aneh juga si pak dhe bingung mau diapakan coba benerinnya :(
    saya coba pake ns hosting yg server IIX pun sama-sama begitu, pokoknya domain .id lah saya coba ga ada yang langsung resolved.
    kira-kira ada senior-senior disini yang pernah alami ga permasalahan seperti saya??
    Kok sepi ya ga ada yang kasih pencerahan :7:
     
  6. galuh82

    galuh82 Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    186
    Trophy Points:
    63
    pakai dns cluster nggak ? supaya domain bisa resolve lebih cepat dan stabil.

    untuk masalah NO GLUE seperti di SS itu memang untuk private ns disarankan tambah di childnameserver/hostname disisi registrar dan record disisi dnsnya.

    NO GLUE ini mestinya kalau nsnya sama dan kondisi sama nggak ngaruh itu domain .ID atau bukan. CMIIW

    untuk monitor bisa pakai tools DNS Auth Trace di http://freedns.afraid.org/

    semoga membantu :)
     
  7. kang28ivan

    kang28ivan Expert 1.0

    Messages:
    766
    Likes Received:
    168
    Trophy Points:
    43
    pake dns cluster om, iya memang jalan akhir pake private nameserver karena susah mau di apa-apakan juga :(
    dan ini problem lebih sering terjadi pada domain .id bahkan di setiap domain .id yang baru register, untuk domain lain saya rasa tidak pernah di alami dan baik saja, jadi pikiran saya mungkin hanya tertuju pada domain .id hehehe :D
     
  8. Fuji Ahmad

    Fuji Ahmad Apprentice 2.0

    Messages:
    460
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    Glue Record itu bila domainnya pake NS dari domain itu sendiri.
    sbg contoh:
    domainsaya.co.id IN NS ns1.domainsaya.co.id.

    untuk domain .ID sendiri proses resolve nya agak lama, gak realtime syncron.
    pengalaman saya ns1.id sudah update, tapi di ns2.cbn.net.id harus nunggu sampe 6jam.
     
  9. Nina Prasetyo

    Nina Prasetyo Expert 2.0

    Messages:
    970
    Likes Received:
    277
    Trophy Points:
    63

    Untuk soal Glue Record, yang dibilang mas Fuji dah bener.
    Tapi kalo .id yang lama proses-nya (atau gak realtime synchron) kurang benar. Analisa saya sih, itu karena DNS-DNS server para provider yang lama update-nya. Biasalah... indonesia... kl dah run.. ya udah ditinggal... gak di update2 lagi. Trus juga biasanya karena b/w DNS Servernya yang kecillll.....

    Beda kalo pake DNS-nya afraid.org.... begitu register .ID langsung ngacir tuh.... speed-nya maknyoss..
     
  10. Fuji Ahmad

    Fuji Ahmad Apprentice 2.0

    Messages:
    460
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    bisa kasih tahu cara analisanya gimana?
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...