Backup, untuk siapa sih?

Discussion in 'Web Hosting' started by 1stserver, 19 Jan 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. 1stserver

    1stserver Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    1,801
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Mungkin semua pernah mengalami kehilangan data atau file. Dan selanjutnya yang terjadi adalah anda akan sangat menyesal kalau ternyata anda tidak mempunyai data/file cadangan yang bisa digunakan untuk memulihkan data anda. Dalam hal kehilangan data web anda yang bisa disebabkan oleh berbagai alasan, maka biasanya kita akan saling menyalahkan.

    Pihak user akan menyalahkan hoster karena tidak bisa menyediakan backup dengan baik, dan pihak hoster juga akan menyalahkan user karena tidak melakukan backup secara rutin. Sebenarnya ini tidak perlu terjadi kalau semua pihak memahami untuk siapa sebenarnya backup dilakukan?

    Backup untuk Hoster
    Pada umumnya hoster tentu akan melakukan backup secara rutin (dan otomatis), baik secara harian, mingguan maupun bulanan dan mungkin juga remote backup ke data center lainnya. Semua dilakukan hanya untuk memastikan bahwa semua web yang dikelolanya akan bisa dipulihkan kembali bagaimanapun kejadian yang menimpanya bila itu terjadi. Jadi sebenarnya aktivitas backup yg dilakukan oleh hoster ya hanya untuk kepentingan hoster yang mengemban tugas mengelola server termasuk semua web didalamnya, bukan untuk melayani user (meskipun hal ini sering dilakukan ... misalnya ada user yg minta backup tgl. tertentu bila tersedia )

    Backup untuk User
    Backup juga wajib dilakukan oleh user untuk mengamankan data web-nya, sehingga web yang dikelolalanya bisa dipulihkan kembali bagaimanapun kejadian yang menimpanya bila itu terjadi (termasuk bila providernya tutup ;););) ). Pilihan backup yang akan dilakukan juga tergantung pada kepentingan user ybs dan user adalah pihak yang paling tahu. Karena sebenarnya backup ini hanya untuk kepentingan user ybs, bukan untuk membantu hoster. Berikut beberapa pilihan backup yang bisa dilakukan oleh user yang menggunakan cPanel, gunakan menu Backups setelah login ke cPanel.

    • Full Backup (Download or Generate a Full Website Backup)
      Pilihan ini akan melakukan backup semua file web anda di home directory, database, email, dll. Pilihan ini terutama dilakukan bilamana anda ingin memindahkan web anda ke cpanel server lain, caranya yaitu dengan menyerahkan hasil backup tersebut ke provider baru untuk di restore. Ada baiknya anda lakukan backup ini sesekali untuk jaga-jaga in-case provider anda bermasalah atau backup tidak tersedia.
    • Partial Backup (backup sebagian)
      Pilihan backup perlu anda lakukan secara rutin tergantung seberapa sering anda mengupdate web anda. Jadi bila suatu saat web anda bermasalah... misalnya anda lakukan salah delete, anda bisa restore menggunakan backup yang anda punya dan bisa anda lakukan sendiri. Pilihan Partial Backup adalah sbb: Backup Home Directory, Database, Email Forwarders atau Email Filters.

    Silahkan ditambah-tambahi boz .... monggo :):)
     
  2. PusatHosting

    PusatHosting Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,334
    Likes Received:
    326
    Trophy Points:
    83
    Saya kira masih jarang user/customer level tertentu yang memperhatikan masalh backup dan backup ini rata2 hanya kepentingan hoster.
    ketika terjadi masalah pada website misalnya kena hacking kadang user melimpahkan masalah kepada hoster.
    customer level tertentu saja yang bisa memahami. terlebih website yang di hostedkan adalah bikinan 3rd party jasa pembuatan website.
     
  3. jaapns

    jaapns Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,258
    Likes Received:
    443
    Trophy Points:
    83
    Yup ini sering terjadi bro, web nya kena deface kita yg disalahin :)

    padahal fitur backup saya sodorin waktu order dan saya jelaskan di Tos, kalo ga ada kejadian fitur backup ga pernah di gubris.... giliran nanti ada masalah baru bingung nyalahin kita trus minta restore.....

    secara berkala saya kirimkan pemberitahuan untuk backupm backup and backup sepertinya ga ada efeknya ......
     
  4. 1stserver

    1stserver Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    1,801
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Sabar boz... proses pembelajaran dan pendewasaan baik di sisi user maupun provider memang butuh waktu lama .... semoga diskusi ini bisa menambah pemahaman pentingnya melakukan backup.
     
  5. rendy

    rendy Hosting Guru DWH Guardian Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,792
    Likes Received:
    240
    Trophy Points:
    63
    backup ini bagi beberapa user tidak terlalu penting kok
    tapi bagi sebagian user, ini juga termasuk yang vital
    jadi ini merupakan nilai lebih yang bisa dijual oleh hoster :)
     
  6. jaapns

    jaapns Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,258
    Likes Received:
    443
    Trophy Points:
    83

    he he he bener juga bro rendy, skrg udah saya jadikan produk internal backup di add on kan :)

    kalo ga butuh ya gpp yg penting sudah saya tawarin add on backup
     
  7. rendy

    rendy Hosting Guru DWH Guardian Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,792
    Likes Received:
    240
    Trophy Points:
    63
    external backup juga masih dikit hoster yang pake kok
    rata-rata masih dibackup d harddisk yang sama
     
  8. localhost

    localhost Apprentice 2.0

    Messages:
    576
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    28
    Tipikal user sekarang selalu menganggap datanya "PENTING" tetapi paling malas kalau disuruh "BACKUP" sendiri. Selalu mengandalkan sistem backup dari hoster masing-masing. tapi coba kalau sampai terjadi sesuatu sama datanya, wah pasti ramainya minta ampun hehehehehehehehe.
     
  9. localhost

    localhost Apprentice 2.0

    Messages:
    576
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    28
    sempat terpikir untuk mengikuti sistem HG.... restore kena charge, mungkin itu bisa dipakai juga buat membantu mendidik user agar sering backup ya :)
     
  10. pemula_web

    pemula_web Apprentice 1.0

    Messages:
    288
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    kalo sy tidak salah tafsir ucapan bro rendy, saya setuju bahwa backup fiture adalah suatu nilai lebih (backup = free) dr hoster.
    saya sbg user memang kadang memaklumi contoh kelalaian admin server atau kerusakan server yg di sebabkan alam, tp beberapa user high level atau user yg memang memprioritaskan webnya utk cari duit selain garansi uptime yg ok, sistem backup dr sang hoster jg sya nomor satukan dlam memlih hosting.

    skrg umpama bila ada user yg awam ttg backup - restore dan dia situsnya sudah populer tp msih bisa bertahan di shared hosting, diskspace dia ada 1 GB katakanlah, apakah situasi ini mengharuskan user tsb utk melakukan download - upload setiap minggu / hr / bulan, sedangkan koneksi inetnya pas2an :D

    mk dr sini biasanya bnyk user penting misal ada kendala di provider lama kehilangan data atau kena hack gak ada respon atau bantuan, maka dia pasti akan mencari webhosting yg bener2 reliable dan terpercaya, walaupun berkorban uang lebih, yg penting data aman.

    jd kesimpulannya menurut saya sbg user fitur backup ini salah satu hal penting dan nilai lebih yg bs di tambahkan webhosting utk client, krn kenyataanya, masih bnyk user awam di banding user mahir dlm hal backup ressore
    sekian- (sorry kepanjangan)
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...