Bagaimana cara melindungi konten Anda

Discussion in 'Search Engine dan Direktori Web' started by uptopromotips, 18 Oct 2016.

Tags:
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. uptopromotips

    uptopromotips Poster 1.0

    Messages:
    67
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Konten Anda adalah aset yang sangat berharga. Membutuhkan usaha dan waktu ekstra bukan saja untuk membuatnya namun juga melindunginya dari pembajakan. Amat disayangkan bahwa pembajakan konten sekarang ini sudah merupakan hal yang lumrah dan sangat susah untuk menemukan situs yang tidak terkena pembajakan.


    Di sisi lain, menurut pengalaman, ketika ada ribuan artikel yang harus dirawat, pekerjaan perawatan ini memakan waktu yang sangat lama dan pada kenyataannya memang masuk akal untuk melakukan “perawatan” tersebut, walaupun hanya untuk merawat artikel-artikel penting saja. Namun demikian, Anda tidak dapat membiarkan para pembajak itu untuk membajak konten Anda, Anda harus mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menanggulangi para pembajak ini. Berikut adalah langkah-langkah bagaimana cara melindungi konten Anda.


    Mengapa Konten Anda Adalah Aset Yang Paling Berharga

    Terkecuali bagi mereka yang baru di dunia SEO, ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan ini. Sebagaimana biasa kita katakan, “Konten Adalah Raja”. Anda harus memiliki konten yang orisinil agar mencapai peringkat yang baik di Google dan hal inilah yang menjadi sebab mengapa Anda memasukkan artikel-artikel, gambar-gambar, video dan lain sebagainya ke dalam situs Anda. Namun bagaimanapun juga, menyalin dan menempelkan (copy & paste) sebuah konten sangatlah mudah dan inilah sebabnya pembajakan konten menjadi marak dan umum untuk dilakukan.


    Jika yang seperti ini bukan merupakan hal yang dianggap buruk, yaitu memberikan konten Anda kepada situs milik orang lain secara gratis, hukuman terhadap penggandaan konten merupakan penghinaan yang harus diderita. Google sedang berupaya keras untuk mengatasi permasalahan penggandaan ini namun terasa sangat lumrah jika mendapati artikel hasil bajakan berperingkat lebih baik dari artikel orisinil milik Anda. Itulah sebabnya dinilai sangat perlu melindungi konten Anda dengan cara apapun.


    Pasang Pemberitahuan Hak Cipta (Copyright) dan Gunakan Watermarks

    Sesederhana kedengarannya, seringkali para pembajak tidak menyadari bahwa mereka telah melakukan pembajakan. Terdapat banyak artikel, gambar-gambar, video dan lain sebagainya yang terdapat di domain publik yang bisa digunakan secara gratis sekalipun untuk urusan yang bersifat komersial. Dengan tujuan memberi penjelasan bahwa konten Anda bukanlah merupakan domain publik, pastikan untuk memasang tanda hak cipta (copyright) di bagian footer situs Anda, bahkan kalu perlu bubuhkan langsung di kontennya itu sendiri.


    Ada baiknya juga memasang pengaman fisik menghindari pembajakan. Misalnya, Anda bisa memasangwatermarks untuk gambar-gambar maupun video, memang bukan jaminan 100% aman, tetapi paling tidak akan menghentikan para pembajak untuk melakukan aksinya mengingat akan terlihat konyol jika mereka gunakan materi tersebut dengan watermark Anda di situs yang bukan milik Anda.


    Untuk artikel, Anda mungkin ingin menonaktifkan pilihan opsi dalam teks. Hal ini akan mempersulit untuk penyalinan konten secara langsung serta menghentikan berbagai cara pembajakan karena untuk melakukan penyalinan konten Anda akan memerlukan lebih banyak upaya. Amat disayangkan, meski memerlukan upaya tambahan, masih ada banyak cara lain untuk menyalin konten Anda, jadi apabila ada seseorang yang sangat menginginkan konten Anda, menonaktifkan pilihan teks seperti menyalin atau menempel tidak menjamin mereka melakukan pembajakan. Namun daripada tidak ada pencegahan sama sekali.


    Gunakan Google Authorship Untuk Menjaga Konten Anda

    Google Authorship merupakan perangkat yang sangat berguna dari Google yang menjadi perlindungan konten dan membangun reputasi online Anda.. Pada dasarnya Google Authorship memiliki cara kerja sederhana, Anda hanya tinggal mencantumkan segala informasi online Anda dan klaim kepemilikannya.


    Satu-satunya hal yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus menggunakan nama asli Anda, oleh karenanya permasalahan muncul apabila Anda menggunakan nama samaran atau anonim atau Anda tidak ingin memperlihatkan kepemilikan Anda karena alasan privasi. Apabila situs Anda memiliki beberapa penulis, Anda tetap bisa menggunakan Google Authorship namun masing-masing penulis harus mengklaim kepemilikan mereka secara terpisah.

    Sekali konten Anda memasuki Google Authorship, Google akan dapat mengetahui bahwa Andalah yang membuatnya, jadi meskipun konten Anda tersebut telah disalin di tempat lain, Anda tidak akan terkena hukuman penggandaan.


    Pasang Google Alerts Untuk Mengawasi Konten Salinan

    Melindungi konten Anda dari pembajakan adalah satu hal, meringkus pembajaknya lain lagi. Meskipun Anda melakukan penjagaan konten Anda dengan baik, selalu saja ada pembajakan. Cara termudah untuk meringkus para pembajak itu adalah dengan menggunakan bantuan Google Alerts.


    Google Alerts merupakan layanan lainnya yang sangat berguna dari Google. Tanpa perlu dijelaskan lebih rinci, logikanya seperti ini:

    Anda menyalin beberapa kalimat dari teks milik Anda dan buat buat tanda peringatan (alert) untuk memberi tahu Anda saat teks milik salinan Anda tersebut muncul secara online. Anda harus mengaturnya dengan kecocokan langsung (misalnya dengan menggunakan kutipan), jadi ketika kata-kata Anda ditemukan di tempat lain, Anda akan mendapat peringatan. Yang terbaik adalah jika Anda membuat 2 atau 3 peringatan untuk setiap artikel, satu untuk paragraf pertama dan selebihnya disisipkan secara acak di dalam teks.


    Paragraf pertama Anda mungkin lebih banyak disalin, misalnya sebagai prakata dari artikel Anda, diikuti sebuah link menuju ke situs Anda. Hal seperti ini bukan merupakan pembajakan, namun mungkin Anda tidak ingin menganggap remeh. Lagipula, apabila konten telah diterbitkan (published) dan Anda dikenal sebagai penulis dari artikel tersebut, secara teknis tidak termasuk ke dalam pembajakan juga, walaupun mungkin Anda juga tidak menyukainya.


    Langkah-langkah Yang Diambil Untuk Berurusan Dengan Pembajakan

    Setelah Anda mendapat sebuah peringatan dan terungkap bahwa konten Anda telah dibajak, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil.


    Persiapkan Barang Bukti

    Langkah pertama adalah mengumpulkan barang bukti. Maksudnya di sini Anda harus membuat screenshotdan siapkan file-file asli. Tentu saja tidak mudah untuk membuktikan bahwa Andalah orang pertama yang menerbitkan potongan atau bagian khusus ini meski Anda memiliki berkas asli artikelnya karena hal itu tidak banyak berguna, para pembajak tersebut juga bisa saja membuatnya persis seperti yang Anda miliki. Berbeda dengan gambar-gambar dan video, jika Anda memiliki file aslinya yang belum diproses, bisa menjadi barang bukti yang bagus.

    Apabila konten Anda telah diindeksasi oleh Google dan memiliki tanggal tercatat (tentu saja tanggal ini sebelum tanggal salinan tersebut diindeks), Anda bisa menggunakannya sama seperti sebuah barang bukti dari konten yang dibajak dari Anda, tapi bisa juga tidak.


    Hubungi Si Pembajak (Bila Perlu Pengelola Server Hostingnya)

    Setelah Anda mengumpulkan barang bukti, sekarang waktunya melakukan langkah yang sebenarnya. Anda mungkin tergoda untuk langsung melakukannya, namun sebaiknya jangan langsung menghubungi si pembajak tersebut. Pertama, kirim email yang isinya bersifat persuasif kepada pihak yang melanggar. Meskipun jika ada kemungkinan kecil, bisa saja pembajakan dilakukan secara tidak disengaja. Mungkin saja dengan cara seperti itu, pemilik blog yang melakukan pembajakan menyadari kesalahannya dan menghapus apa yang telah mereka bajak dari Anda.

    Apabila cara persuasif tadi tidak banyak berpengaruh, hubungi pengelola server hosting yang mereka gunakan. Lampirkan barang bukti yang Anda miliki dan jika pelanggaran dilakukan secara terang-terangan, sangat mungkin si pengelola server akan menutup akun pelanggar, jika mereka tidak juga menghapus konten yang telah mereka bajak.


    Ajukan Keluhan DMCA

    Sebenarnya langkah-langkah yang diambil tadi sudah cukup jitu untuk berurusan dengan para pembajak dan sudah sering juga langkah-langkah tersebut berhasil, namun jika hasilnya belum cukup memuaskan untuk Anda, Anda harus menyiapkan senjata yang lebih ampuh, misalnya dengan mengajukan surat keluhan DMCA ke Google.

    Anda mengirim sebuah surat keluhan DMCA. DMCA adalah singkatan Digital Millennium Copyright Act yang merupakan sebuah cara dan solusi untuk perlindungan konten blog yang memiliki hak cipta agar tidak ada terjadinya pembajakan konten oleh pihak tertentu. Dengan mengirimkan keluhan tersebut kepada Google untuk memberitahu mereka untuk deindex konten yang dibajak dari Anda. Dalam hal ini ‘dibajak’ berarti digunakan tanpa izin atau tanpa kredit ke Anda. Google biasanya dengan cepat menghilangkan konten yang dibajak, sehingga ada harapan untuk Anda bahwa segera setelah Anda mengirimkan keluhan, konten yang dibajak tersebut akan dihapus dari indeks Google.

    Berurusan dengan pembajakan konten memang sangat menyita waktu, namun jika Anda ingin melindungi hak Anda (juga peringkat SEO Anda), Anda harus melakukannya. Ini bagaikan perang yang tak pernah berakhir namun dengan bersenjatakan perangkat yang benar, seperti yang telah dipaparkan artikel ini, maka keberhasilan juga menanti Anda. Jangan lupa untuk terus update seputar tips dan artikel online marketing kunjungi blog kami UpToPromo.
     
    Bestariweb Studio likes this.
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    1,106
    Likes Received:
    97
    Trophy Points:
    48
    boleh juga nih ilmunya, bermanfaat buat yg artikelnya sering dicopy paste sama situs lain
     
  3. Bestariweb Studio

    Bestariweb Studio Apprentice 1.0

    Messages:
    264
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Good article.. makasih infonya
     
  4. PadjajaranHost

    PadjajaranHost Expert 2.0

    Messages:
    964
    Likes Received:
    110
    Trophy Points:
    43
    Nice info ya, seo kayanya manfaat banget ya
     
  5. Galaxy Hosting

    Galaxy Hosting Apprentice 2.0

    Messages:
    412
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    Coba deh saya terapin :71:
     
  6. uptopromotips

    uptopromotips Poster 1.0

    Messages:
    67
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Wahhh jangan dibiarkan saja klo bgtu :D
     
  7. uptopromotips

    uptopromotips Poster 1.0

    Messages:
    67
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Iya semoga bermanfaat :)
     
  8. uptopromotips

    uptopromotips Poster 1.0

    Messages:
    67
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    langsung aja Tuan :D :D
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...