Cara Menentukan Ekstensi Nama Domain Untuk Bisnis

Discussion in 'The Cafe' started by Tirah Wawas, 9 Aug 2016.

Tags:
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Poster 2.0

    Messages:
    131
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Jakarta – Berdasarkan data yang disampaikan oleh Verisign, tiga tahun terakhir ini telah ada sekitar 1.000 generic top-level domain (gTLD) baru yang telah masuk dalam pasar. Ini memperlihatkan adanya peningkatan sekitar 5.000% dari jumlah sebelumnya yang cuma memiliki 22 pilihan gTLD misalnya seperti .com, .net, dan .org.

    Dengan semakin banyaknya tersedia pilihan untuk nama domain tentunya akan memberikan konsumen banyak pilihan pula. Tetapi, banyak juga konsumen, pemilik usaha kecil dan orang yang memiliki website malah bingung ketika hendak menentukan ekstensi untuk nama domain yang sesuai dengan merek dagang mereka.

    Untuk itu Verisign telah menyiapkan beberapa cara yang mungkin dapat kita gunakan untuk membantu kita menentukan nama domain yang sesuai untuk usaha kita:

    1. Menentukan Ekstensi Nama Domain.

    Dengan menggunakan ekstensi nama domain yang unik dan berbeda dari yang lain bisa juga membantu menjadi sebuah daya tarik. Namun, kebanyakan pengguna internet sudah lebih yakin dan percaya terhadap ekstensi .com dan .net yang sudah lebih dari tiga dekade digunakan.

    Ada beberapa perusahaan yang menggunakan ekstensi domain yang tidak tepat malah menimbulkan masalah besar. Seperti yang di alami oleh Overstock.com ketika mereka memutuskan menggunakan nama domain O.co.

    Namun, banyak pengguna yang ternyata mencari dengan nama domain O.com, disamping mereka mendapati pesan error hal ini mengakibatkan penurunan dari jumlah pengujung website yang sangat signifikan. Akhirnya mereka memutuskan kembali untuk menggunakan nama domain Overstock.com. Merekapun mengalami kerugian yang cukup besar dan mengguncang kepercayaan dari para pelanggan.

    2. Mendaftarkan Nama Domain dengan berbagai ekstensi.

    Sekarang banyak para pelaku usaha yang menentukan target untuk lokasi serta kreteria pelanggannya, jadi cukup masuk akal apabila mereka juga menggunakan beberapa ekstensi nama domain yang bisa membantu mereka untuk mencapai target tersebut, bisa menurut lokasi, produk dan juga demografi.

    Menggunakan .com adalah pilihan utama untuk sebagian besar pelaku bisnis, namun tidak menutup kemungkinan penggunaan ekstensi nama domain lain menjadi pilihan.

    Hal terpenting ketika membuat sebuah portfolio domain adalah dengan memahami menngenai pilihan-pilihan yang tersedia, mempunyai sebuah strategi, dan menentukan ekstensi domain yang cocok untuk usaha anda.

    3. Pastikan nama domain bekerja dengan baik.

    Kebanyakan pemilik website melihat bahwa penyedia layanan internetlah yang bertanggung jawab menghubungkan mereka ke websitenya, tapi ini tidak semuanya benar.

    Disamping masalah koneksi internet, pihak domain registry yang mengarahkan pengunjung ke website kita, jadi kita perlu melihat juga pengalaman dan track record dari sebuah registry gTLD sebelum kita menggunakan atau mendaftarkan nama domain.

    Ini adalah sebuah langkah cermat yang penting untuk usaha kita ketika memilih sebuah layanan registry. Pilihlah penyedia layanan dengan pengalaman dan sejarah yang baik.

    4. Pastikan tingkat keamanan ekstensi yang digunakan.

    Banyaknya pilihan ekstensi domain yang baru mengakibatkan para scammer menggunakan keadaan tersebut dengan melakukan serangan, misalnya dengan melakukan phising atau kejahatan cyber lainnya.

    Dengan adanya timbulnya kejahatan cyber dengan memanfaatkan kebingungan konsumen dengan ekstensi domain yang baru. Sejumlah organisasi keamanan cyber telah melakukan pemantauan dan menyarankan pengguna internet untuk memblokir gTLD tertentu dan juga dikarenakan tingginya tingkat spam.

    Jadi ada baiknya kita memakai ekstensi domain yang sudah dikenal luas oleh para pengguna dan yang terpercaya, apabila nanti gLTD yang baru sudah terbukti keamanan dan kehandalannya baru kita gunakan.

    5. Pastikan ekstensi domain membantu peringkat website naik dan meningkatkanSearch Engine Optimization (SEO).

    Mesin pencari atau search engine menggunakan metode dalam menentukan sebuah peringkat bagi sebuah website. Walaupun variabel yang digunakan banyak seperti kualitas konten, struktur website, kecepatan akses website, dan inbound link, tapi yang terpenting ialah banyaknya jumlah pengunjung yang mengunjungi website tersebut.

    Jadi penggunaan ekstensi nama domain sangat menentukan, jangan sampai ekstensi yang kita gunakan tidak diakses sama sekali oleh pengunjung karena tidak terpercaya atau bahkan ekstensi yang kita pilih malah diblokir. Ini tentunya membuat website kita tidak akan terlihat oleh search engine.

    Tidak berarti menggunakan ekstensi baru bisa menimbulkan kendala seperti diatas, banyak juga pilihan gTLD yang sudah terbukti dan bisa dipercaya dan menjadi sebuah ekstensi yang handal.

    Perlu kita ingat bahwa sebuah nama domain yang berkualitas tinggi akan memperlihatkan juga kualitas dan merek dagang (brand). Itu merupakan sebuah cara yang digunakan oleh orang ketika menilai merek dagang kita.

    Untuk itu gunakanlah nama domain yang mampu memperlihatkan usaha kita sebagai sebuah bisnis yang dapat dipercaya, kredibel dan salalu hadir setiap waktu.
     
  2. Hosting Bagus

    Hosting Bagus Apprentice 1.0

    Messages:
    210
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    ekstensi terbaik menurut saya masih .com tuan karena utk proses SEO juga lebih mudah agar pejwan di google :)
     
  3. hostindo

    hostindo Expert 1.0

    Messages:
    623
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    kalau saya si untuk proses SEO biar jos makai .com tuan :D
     
  4. Hosting Bagus

    Hosting Bagus Apprentice 1.0

    Messages:
    210
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Setuju tuan :) com memang paling mantap, tiada duanya
     
  5. hostindo

    hostindo Expert 1.0

    Messages:
    623
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    iya agar mudah di ingat dan seo :D biasanya para pakar memakai domain .com ,kalau punya budget tinggi untuk membeli domain Indonesia bisa saja pageon di google tergantung kita nya :D
     
  6. netone

    netone Poster 1.0

    Messages:
    82
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    setuju .com lebih mantaf
    tapi klo untuk company kayanya .co.id lebih keren
     
  7. mlxjakarta

    mlxjakarta Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    1,105
    Likes Received:
    97
    Trophy Points:
    48
    untuk nama domain, klo bisa namanya kedengeran bermerek dan ada keywordnya
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...