Cara Untuk Tanggulangi Ponsel Android Yang Terasa Lambat

Discussion in 'The Cafe' started by Tirah Wawas, 18 Oct 2016.

Tags:
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Poster 2.0

    Messages:
    132
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Mungkin banyak dari kita yang pernah atau bahkan sering mengalami ketika menggunakan ponsel Android yang sering terasa melambat terkadang crash.

    Ketika masih baru, ponsel Android berfungsi dengan lancar, namun setelah pemakaian yang cukup lama baru kita merasakan ponsel Android mulai terasa melambat dan berkurang.

    Menurun dan melambatnya kemampuan ponsel Android tidak berlangsung selamanya. Terkadang hal itu disebabkan oleh aplikasi-aplikasi yang terpasang dan ada cara untuk memperbaikinya.

    Berikut beberapa cara yang dirangkum dari Kompas Tekno, yang berguna untuk mengembalikan kemampuan ponsel Android seperti kondisinya masih baru.

    1. Perbaharui OS

    Untuk memastikan apakah ponsel Android yang digunakan telah menggunakan sistem operasi terbaru, dapat memeriksanya di Setting – About Device – Software Update kemudian tekan menu Check for Updates.

    Kalau setelah pemeriksaan ditemukan versi terbaru, maka ada baiknya segera diunduh untuk dipasang di ponsel. Karena disamping adanya perbaikan, biasanya juga berisi beragam fitur tambahan.

    Selain sistem operasi, hal yang sama juga perlu dilakukan untuk aplikasi-aplikasi yang terpasang di ponsel. Namun, tidak semua vendor ponsel menyediakan secara berkala pembaharuan untuk sistem operasi. Untuk itu pastikan kita membeli ponsel Android dari vendor yang secara rutin menyediakan pembaharuan.

    2. Rapihkan home screen

    Layar utama (Home Screen) biasanya banyak di isi dengan beragam pemintas (Shortcut) aplikasi. Terkadang pemintas yang ada bukan untuk aplikasi yang sering digunakan. Jadi, ada baiknya pemintas yang tidak perlu dihapus dan biarkan pemintas yang diperlukan saja.

    Disamping itu jangan menggunakan wallpaper yang dinamis, gunakan yang statis, karena ini juga akan mempengaruhi kemampuan ponsel.

    3. Hilangkan atau non-aktifkan aplikasi yang tidak digunakan

    Apabila ada aplikasi yang kita lihat jarang digunakan, lebih baik aplikasi itu dihapus atau di non-aktifkan saja. Karena aplikasi itu akan aktif bekerja di memori ponsel, yang mempengaruhi kemampuan ponsel.

    Untuk mematikan aplikasi, kita masuk ke Setting – Apps, lihat aplikasi apa saja yang ada. Pilih aplikasi yang kita jarang gunakan, setelah itu tekan tombol Disable untuk mematikannya.

    4. Non-aktifkan animasi

    Dengan mematikan animasi akan membantu kemampuan ponsel Android.

    Caranya, masuk ke menu Setting – About Phone, cari menu Device information, kemudian cari kolom Build Number. Tekan kolom itu 7 kali, untuk mengaktifkan mode Developer.

    Kemudian akan terlihat pilihan Developer Option, masuk kedalam menu itu, lalu cari kolom Window Animation Scale, Transition Animation Scale dan Animation Duration Scale. Gantu angka yang ada dari 0.5x menjadi Animation Off.

    5. Hapus aplikasi cache

    Secara otomatis setiap aplikasi di ponsel Android akan menyimpan data dalam cached, sehingga ketika dibuka kembali aplikasi akan cepat terbuka.

    Semakin sering digunakan data cached akan semakin besar yang tentunya akan memakan memori ponsel. Ini akan membuat kemampuan ponsel menjadi lambat.

    Agar kemampuan ponsel bisa kembali menjadi lancar, maka masuk ke dalam Setting – Apps, lalu cari aplikasi yang ukuran cachenya besar. Biasanya aplikasi sosial media. Seteleh ditemukan, bukan aplikasi dan pilih tombol Clear Cache.

    Kita juga bisa menggunakan aplikasi untuk menghapus cache dari pihak ketiga, bisa dicari di Play Store, seperti Clean Maste atau CC Cleaner.

    6. Hentikan auto-sync

    Banyak orang yang menggunakan ponsel Android juga menambahkan banyak akun media sosial dan e-mail. Secara default auto-sync akan aktif.

    Gunanya dari Auto-Sync sendiri adalah untuk mengunduh data terbaru dengan otomatis secara berkala. Seperti memeriksa e-mail dan update dari media sosial. Jadi apabila banyak akun yang ditambahkan tentunya akan membuat ponsel Android menjadi lambat.

    Untuk menyelesaikan masalah ini, maka pilih akun atau aplikasi tertentu saja untuk diaktifkan Auto-Syncnya, sehingga tidak mempengaruhi kinerja ponsel.

    7. Reset data pabrik

    Cara terakhir adalah dengan melakukan reset data pabrik, dimana ini akan mengembalikan kondisi ponsel Android kembali seperti awal kita baru beli.

    Perlu di ingat cara ini akan menghapus semua data, aplikasi dan konfigurasi dari ponsel, jadi ada baiknya melakukan backup terlebih dahulu.

    Ada baiknya kita juga melakukan reset data pabrik secara berkala, sehingga kinerja ponsel Android akan selalu terjaga.
     
  2. Pencari_Ilmu

    Pencari_Ilmu Expert 2.0

    Messages:
    836
    Likes Received:
    110
    Trophy Points:
    43
    sebagus apapun spek hp, kalau tidak dioptimasi dan dimaintenance sistemnya pasti akan lemot juga
     
  3. mlxjakarta

    mlxjakarta Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    1,106
    Likes Received:
    97
    Trophy Points:
    48
    jangan pasang aplikasi media sosial, biasanya yg paling boros aplikasi itu
     
  4. PadjajaranHost

    PadjajaranHost Expert 2.0

    Messages:
    942
    Likes Received:
    109
    Trophy Points:
    43
    Kalau mau jangan perbaharui otomatis untuk apk, karena biasanya suka update gak jelas apa yang di update. Jadi cuma bikin berat aja. Kalau mau di root, tapi resikonya ya gak bakal bertahan lama
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...