Eenos Hosting Panel


reyokh

Beginner 2.0
Selamat Natal dan Tahun Baru!

Semoga damai Natal menyertai untuk semua yang merayakannya dan tahun baru 2024 membawa berkah yang melimpah untuk semua.
Ini postingan pertama saya, jadi mohon dimaafkan karena masih banyak kesalahan-kesalahan yang mungkin saya lakukan, baik itu penempatan kategori, kesalahan penulisan maupun kesalahan informasi tenang produk yang ingin saya bagikan.

Beberapa hari ini saya mendapatkan notifikasi perihal Control Panel baru untuk web hosting, saya lihat produk ini adalah control panel berbayar yang baru diluncurkan bulan Desember 2023, dan harganya juga termasuk tidak cukup murah (bagi saya). Untungnya mereka menyediakan versi trial untuk 30 hari dengan full fitur yang bisa saya coba untuk langsung install, alamat resminya di https://eenos.com/

WhatsApp Image 2023-12-24 at 07.34.51_de3b8a08.jpg

Ada beberapa fitur pada Eenos bisa saya bilang termasuk baik dalam mengikuti perkembangan control panel yang sudah lebih dahulu ada:
- Memiliki 3 level account, dan masing-masing memiliki port berbeda untuk login panel:
- user (port 3333)
- reseller (port 4444)
- root (port 5555)
dimana BrainyCP, SPanel sendiri belum memiliki fitur reseller account, walaupun SPanel dalam diskusi forum nya baru merencanakan fitur reseller account ini untuk SPanel UI nya dan katanya baru tersedia di fitur SPanel API nya.

- Memiliki berbagai pilihan Web server:
- Nginx
- Apache
- OpenLiteSpeed
- OpenLiteSpeed + Varnish Cache
- Nginx + Apache
- Nginx + Varnish Cache
- Apache + Varnish Cache
- Nginx + Apache + Varnish Cache
- Nginx + OpenLiteSpeed + Varnish Cache

- Memiliki fitur pengecekan RBL sistem secara internal, ini memudahkan untuk pengecekan domain alamat IP masuk dalam daftar hitam email spam.

- Memiliki fitur PHP selector:
- suPHP
- CGI
- FCGI
- FPM

- Dapat mengatur DNS resolver dari Google, Cloudflare, maupun manual konfigurasi melalui panel
WhatsApp Image 2023-12-24 at 08.57.03_1a790c6b.jpg

- Selain fitur Paket yang bisa dibuat, Eenos juga menyediakan konfigurasi Fitur yang bisa untuk membatasi user dengan paket tertentu.
WhatsApp Image 2023-12-24 at 09.18.42_fb69ff8e.jpg

- Memiliki fitur manajemen deteksi Brute Force:
WhatsApp Image 2023-12-24 at 09.22.21_fe6d8102.jpg

- Eenos juga memiliki fitur Backup & Restore dan tersedia untuk 3 pilihan:
- Full Backup
- Reseller Backup
- User Backup
fitur backup ini dapat dikonfigurasi melalui Storage Pool dimana hasil backup bisa disimpan di lokal storage, remote SSH storage (menggunakan Keypair), remote SFTP storage dan remote FTP storage dengan schedule backup yang bisa diatur untuk harian, mingguan dan bulanan. Fitur ini sangat cukup membantu dimana kompetitor lain seperti Enhance Control Panel hanya menyediakan penyimpanan melalui fisik storage.

- Memiliki fitur API yang terbagi menjadi 2 jenis:
- WAP API (yang digunakan sebagai remote API)
- EAPI (yang digunakan sebagai CLI)
fitur API ini bisa dibilang cukup lengkap dan sudah cukup untuk kebutuhan untuk integrasi kedalam billing sistem saya untuk pembuatan User & Reseller account suspensi account, reset password, upgrade paket, user statistik, delete account
namun fitur baru bisa digunakan untuk root account setidaknya untuk versi yang saya gunakan saat ini.

- Brand yang dapat di kustomisasi
WhatsApp Image 2023-12-24 at 09.41.58_63af9997.jpg


- Instalasi, saat pertama saya mencoba untuk install di VPS 2GB 1Core, mengalami beberapa kesulitan setelah selesai proses instalasi. karena mesin VPS yang saya gunakan memiliki dual protocol IPv4 & IPv6, Eenos akan memprioritaskan IPv6 sebagai IP address untuk validasi lisensi. Karena awalnya saya mendaftarkan dengan alamat IPv4 jadi ini memiliki beberapa kendala. karena harus merubah alamat IP dan melakukan update lisensi secara manual melalui CLI.

Melalukan update manual pun memiliki kendala tersendiri, karena ternyata Eenos mendeteksi Machine-ID yang saya gunakan tidak valid, dan ini perlu upaya untuk merubah secara manual agar value di /etc/machine-id mendapatkan id baru. Untuk proses update lisensi ini saya menyerah dan menyerahkan ke pihak support Eenos untuk bisa membantunya.

Performa di mesin VPS 2GB 1Core, cukup memuaskan (bagi saya) karena termasuk sangat ringan
WhatsApp Image 2023-12-24 at 08.39.22_f255a29d.jpg

Berikut tampilan dashboard untuk masing-masing level account:
- user account:
WhatsApp Image 2023-12-24 at 07.38.18_838db6f9.jpg

- reseller account:
WhatsApp Image 2023-12-24 at 07.36.55_0fdd65f2.jpg

- root account:
WhatsApp Image 2023-12-24 at 07.30.16_006fd2bd.jpg


Dari beberapa fitur itu, Eenos juga memiliki beberapa kekurangan yang saya temukan
- API baru bisa digunakan oleh level root, mudah-mudahan kedepan bisa untuk reseller dan user
- PHP selector hanya tersedia untuk versi PHP 7.4, 8.1, 8.2
- PHP FPM ketika di enable malah membuat web tidak dapat berjalan.
- Belum tersedianya aplikasi seperti WordPress dan fitur One-Click Install
- Pada versi awal yang saya gunakan, ada kekurangan yang sangat fatal untuk fitur keamanan pada virtual-host, secara kasarnya antar user bisa saling mengintip file dan directory melalui script shell PHP. Alhamdulilah hanya berselang 1 hari saya membuat laporan ini, tim Eenos langsung tanggap dan membuat update versi untuk mengatasi user permission ini.
- Fitur File Manager versi update ini sudah ditiadakan, karena pada versi awal mereka menggunakan aplikasi pihak ke3, dimana untuk proses masuknya membutuhkan login akun secara manual, dan ini akan membuat menjadi bingung jika Eenos digunakan secara bersamaan antara user account dan Reseller atau Root account.
- Pada versi yang saya gunakan, paket yang dibuat oleh akun Reseller tampil juga di akun Root, dan ini menyebabkan semua paket bisa tampil jika dipanggil melalui API.


Kiranya baru sedikit informasi ini yang bisa saya bagikan, wort it atau tidaknya yang dapat menilai diri kita masing-masing, mohon maaf apabila terlalu panjang dan sangat membosankan.

Terima kasih,
Salam.
 
Last edited:

iBox

Poster 1.0
cukup bagus, mungkin dalam 5-10 tahun mendatang, jika pengembangannya konsisten, maka dapat bersaing dengan control panel komersil lainnya (cpanel, directadmin, plesk, interworx, dll)
 

websoldes

Poster 2.0
cukup bagus, mungkin dalam 5-10 tahun mendatang, jika pengembangannya konsisten, maka dapat bersaing dengan control panel komersil lainnya (cpanel, directadmin, plesk, interworx, dll)
konsisten iklan aja cepet. biar banyak alternative
 

reyokh

Beginner 2.0
apakah os nya bisa pakai cloudlinux ?
jika pertanyaannya integrasi dengan CloudLinux, mungkin belum.

OS yang disupport Eenos baru Ubuntu 22.04, mungkin bisa eksperimen dengan install CloudLinux Subsystem for Ubuntu baru Install Eenos :)
 

Top