betul mas ... yg paling terdampak adalah hoster yang jualan paket cpanel hosting murah meriah Rp1000 - Rp3000 / bulan dan klien sudah ambil layanan jangka panjang misalnya 2-3 tahun, tentunya kita tidak bisa naikin harganya kan ya ? secara business as usual, yg bisa kita naikkan harganya adalah hanya untuk klien yang memasuki masa renewal.Justru ini kenaikan harganya sangat terasa untuk hoster yang sudah besar krn akun cPanelnya pasti lebih banyak sdgkan harga jualnya sdh terlanjur murah sekali. Selama ini banyak account hanya itu2 saja harganya, skrg malah tiap account harus ada setoran ke cPanelnya.
iya ini kasian tuan, kalau sudah dibayar 1-3 tahunan, menurut saya tidak etis sih, terpaksa memang harus nunggu renew, karna kan bisa ditutupi dengan client lain yg tidak jangka panjang, kalau semua client hampir 1-3 tahun, tidak etisnya dikesampingkan terpaksa, tetapi di refund sesuai sisax kalau gak setujubetul mas ... yg paling terdampak adalah hoster yang jualan paket cpanel hosting murah meriah Rp1000 - Rp3000 / bulan dan klien sudah ambil layanan jangka panjang misalnya 2-3 tahun, tentunya kita tidak bisa naikin harganya kan ya ? secara business as usual, yg bisa kita naikkan harganya adalah hanya untuk klien yang memasuki masa renewal.
Atau mungkin ada pendapat lain ya?
Apakah etis ya menaikkan harga pada klien yang hostingnya masih berjalan?
Itulah beratnya kondisi sekarang. FYI juga utk lisensi cPanel tahunan itu akan dipaksa oleh pihak cPanel untuk menjadi bulanan setelah habis masa aktifnya atau dibiarkan expired begitu saja jika sudah habis. Info ini saya dapatkan dari cPanel lgsg berupa dokumen harga baru dan aturannya, maaf saya tidak diperbolehkan share di sini.betul mas ... yg paling terdampak adalah hoster yang jualan paket cpanel hosting murah meriah Rp1000 - Rp3000 / bulan dan klien sudah ambil layanan jangka panjang misalnya 2-3 tahun, tentunya kita tidak bisa naikin harganya kan ya ? secara business as usual, yg bisa kita naikkan harganya adalah hanya untuk klien yang memasuki masa renewal.
Atau mungkin ada pendapat lain ya?
Apakah etis ya menaikkan harga pada klien yang hostingnya masih berjalan?
maaf mas saya masih newbie utk DA ... apakah DirectSlave itu similar dengan DNSOnly-nya cPanel ya mas ?Tools untuk Slave DNS di DirectAdmin
https://forum.directadmin.com/showthread.php?t=54992
nah ini kalo beda panel apakah manual satu2..Masalah lainnya yang perlu dipertimbangkan para hoster adalah kompabilitas karena selama ini lebih dari 90% hoster dalam negeri menggunakan cPanel dan perpindahan migrasi konsumen antar satu hosting ke hosting lainnya berjalan seamless karena sama-sama cPanel.
Dicoba aja tuan build sendiri.. Free trial 30 hari kok utk DAmaaf mas saya masih newbie utk DA ... apakah DirectSlave itu similar dengan DNSOnly-nya cPanel ya mas ?
Justru ini kenaikan harganya sangat terasa untuk hoster yang sudah besar krn akun cPanelnya pasti lebih banyak sdgkan harga jualnya sdh terlanjur murah sekali. Selama ini banyak account hanya itu2 saja harganya, skrg malah tiap account harus ada setoran ke cPanelnya.
iya juga, Hoster yang sudah besar masih biasa-biasa saja ya. Harga masih tetap kalau saya perhatikan.Ga jugalah. Itu raksasa hosting idebhst masih santai santai saja jualan hosting seribuan.