Google.com dan Google.co.id, Mana yang Harus Dioptimasi?

Discussion in 'Search Engine dan Direktori Web' started by thomasw3r, 9 Jun 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. thomasw3r

    thomasw3r Beginner 1.0

    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Saat ini, Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh umat manusia dimuka bumi. Digunakan oleh berbagai suku dan bahasa di berbagai wilayah lintas negara dan budaya, wajar jika kemudian Google membuat interface khusus pada halaman mesin pencari nya untuk berbagai macam wilayah dan bahasa, agar lebih mudah digunakan oleh seluruh pengguna nya diberbagai negara.

    Contoh Google untuk wilayah Indonesia, Google.co.id yang juga memiliki beberapa opsi bahasa. Diantaranya, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, dan Bahasa Bali.

    Nah, sekarang pertanyaannya adalah apakah interface Google yang multi domain negara dan multi bahasa ini ada pengaruhnya dengan proses SEO? Ternyata ada.

    Katakanlah Jasa SEO Klikseo.com mendapat pesanan untuk optimasi keyword berbahasa Indonesia untuk website tertentu. Keyword berbahasa Indonesia ini jelas diperuntukkan untuk orang yang berlokasi di Indonesia dan paham dengan bahasa Indonesia bukan? Maka keyword tersebut akan dioptimasi untuk Google.co.id berbahasa Indonesia.

    Kemudian jika keyword tersebut sudah muncul di halaman pertama Google.co.id dengan bahasa Indonesia, apakah dia juga akan otomatis muncul pada Google.co.id berbahasa Inggris? Belum tentu. Inilah uniknya mesin pencari Google.

    Maka sebelum memulai proses optimasi akan lebih baik jika anda mengikuti tips berikut:

    1. Pastikan untuk wilayah target pembaca/konsumen anda
    Jika website atau toko online anda memiliki target pembaca/konsumen di Indonesia saja, maka fokuskan optimasi keyword yang anda bidik untuk Google Indonesia (Google.co.id). Tapi jika target pembaca/konsumen anda adalah global, maka fokuskan optimasi keyword anda pada Google Global (Google.com).

    2. Pastikan bahasa yang digunakan pembaca/konsumen anda
    Jika website/toko online anda memiliki target orang yang berbahasa Indonesia, maka jelas anda harus memfokuskan pada Google berbahasa Indonesia, jika targetnya adalah orang berbahasa Inggris maka optimasi keyword untuk Google yang berbahasa Inggris.


    Yang harus diingat, optimasi pada Google.com jelas lebih sulit dan memakan waktu lebih lama jika dibandingkan dengan optimasi untuk Google.co.id. Ini dikarenakan anda akan memperebutkan posisi untuk keyword tersebut dengan website/toko online seluruh dunia. Jasa SEO kebanyakan pun biasanya meminta fee lebih banyak untuk optimasi Google.com.

    Kesalahan menentukan fokus Google yang anda optimasi akan berdampak pada kerugian waktu dan uang. Karena meski website anda muncul pada halaman pertama Google.com untuk keyword tertentu, belum tentu akan muncul pada halaman pertama Google.co.id, begitu pula kebalikannya, dan berlaku pula untuk Google.co.id berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris.

    sumber : http://www.klikseo.com/google-com-dan-google-co-id-mana-yang-harus-dioptimasi/
     
  2. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Setuju dengan tips di atas,
    Sebaiknya jika ingin optimasi SEO kenali dulu target visitor web kita apakah web kita hanya untuk visitor indo atau hanya untuk luar.
     
  3. Yunita

    Yunita Beginner 1.0

    Messages:
    9
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Informasi yang sangat bermanfaat, saya coba dulu tipsnya. kebetulan saya sedang mengoptimasi blog untuk target dalam negeri
     
  4. Digital Hound

    Digital Hound Beginner 2.0

    Messages:
    18
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Baru tau ini informasi, mungkin Mesin Pencari Google.com dan Google.co.id itu berbeda di algoritma nya ya?
    Tapi sepertinya utk sekarang orang lebih memilih Google Ad dibanding SEO ,ada juga yang bilang kalau websitenya sdh dipsang google ad otomatis SEO Rank nya naik :)
     
  5. el_makong

    el_makong Hosting Guru

    Messages:
    1,095
    Likes Received:
    101
    Trophy Points:
    63
    kalo saya sih pasang 2 jenis kata kunci...1 bahasa indonesia, 1 bahasa inggris..knapa?target client adalah 2...orang indonesia yang menggunakan bahasa inggris dalam pencarian, dan orang indonesia yang menggunakan bahasa indonesia dalam pencarian..
    dan sepengalaman saya, hit count dengan kata kunci bahasa inggris di indonesia cukup tinggi..
    dan saya sndiri, kalo googling, selalu cari dengan bahasa inggris..kecuali udh depresi, baru cari pake bahasa indonesia...hasil pencarian lebih baik yg pake bahasa inggris...dan biasanya lebih lengkap....kalo hasil pencarian bahasa indonesia, rata2 kontennya hasil copas...ini yg bikin males...haha
     
  6. sigmabisnis

    sigmabisnis Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,182
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Sepertinya kalau Google ads tidak mempengaruhi terhadap SEO rank websitenya.

     
  7. pluto01

    pluto01 Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,668
    Likes Received:
    755
    Trophy Points:
    113
    setuju Om, apa lagi kl search howto/solving problem lebih suka pakai bahasa inggris

     
  8. el_makong

    el_makong Hosting Guru

    Messages:
    1,095
    Likes Received:
    101
    Trophy Points:
    63
    ampun Tuan...saya blom punya pacar..apalagi istri..masa d panggil om...haha:24:
     
    hello.pee likes this.
  9. bukainfo

    bukainfo Beginner 1.0

    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    setuju dengan pendapat sampean karena saya sering menjumpai semakin sering web tersebut menggunakan google ad maka seo akan meningkat secara signifikan, inilah yang terjadi sekarang.
     
  10. bukainfo

    bukainfo Beginner 1.0

    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ya ga semuanya kali,,,, :14:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...