Insight #Kamitidaktakut

Discussion in 'The Cafe' started by BOCindonesia, 17 Jan 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. BOCindonesia

    BOCindonesia Expert 1.0

    Messages:
    649
    Likes Received:
    155
    Trophy Points:
    43
    [​IMG]

    Peristiwa teror di bilangan Sarinah Thamrin Jakarta membawa duka bagi korban yang tidak bersalah. Semoga para korban mendapat tempat terbaik disisi Tuhan YME. Disisi lain menumbuhkan keberanian bagi masyarakat Indonesia terhadap teroris dengan munculnya jargon dalam hastag #Kamitidaktakut.

    Saya mengetahui kabar teror di Jakarta melalui salah satu grup dalam WhatsApp. Kebetulan grup ini cukup banyak anggotanya yang konsen terhadap relawan kemanusiaan. 30 menit pertama, kabar itu mayoritas berisi video dan gambar. Video ledakan bom yang direkam oleh pengguna smartphone dari dalam gedung lantai atas seberang Sarinah. Disusul berikutnya dalam grup WA itu dipenuhi gambar-gambar sadis beserta sedikit informasi teks.

    Apa yang terjadi di media sosial Facebook yang menurut Head Facebook Indonesia, Anand Tilak mempunyai pengguna sekitar 72 juta di Indonesia?. News feed saya penuh berisi video dan gambar yang diforward dari orang/media lain. Ada pula foto-foto gambar hasil teror diupload ulang oleh teman-teman yang kemungkinan berasal dari grup WA.

    Saya membuat tulisan ini ketika sudah menginjak hari ke 2 pasca teror di Jakarta. Apa yang menjadi trending topik di lini masa internet?. Muncul gambar-gambar dalam berita yang bahas wajah tampan polisi dan berpenampilan modis gunakan pernah-pernik bermerk. Tidak ketinggalan gambar penjual sate dan dagang asongan yang tanpa takut tetap berjualan mengihasi lini masa. Muncul pula gambar meme lucu teror atau bom sarinah. Khusus mengenai meme sarinah adalah menjadi trending topik di Google Search khusus Indonesia. Berarti banyak netizen yang mencari meme ini.

    Media online Indonesia tengah ramai memberitakan peristiwa teror itu dalam bentuk berita bergambar namun sayang kualitas gambar masih bermain di level resolusi rendah. Saya sempatkan mampir ke media online asing semisal Dailymail.co.uk yang menyajikan satu halaman penuh dengan gambar berkualitas tinggi (hi-res), ukuran besar dan diselingi dengan video.

    Saya juga mencermati beragam merk telah tersebutkan dalam peristiwa tersebut dan mengalir secara organik dalam media sosial. Tersebutlah merk Nike yang nangkring ditopi teroris. Ada pula merk Toyota yang dipakai sebagai mobil pelindung polisi ketika baku tembak dengan teroris. Ketika para polisi menyerbu teroris dengan gaya yang macho dan modis, muncul bahasan merk sepatu, celana dan tas. Tidak perlu saya utarakan merk nya. Silakan cari sendiri.

    Selain rasa #Kamitidaktakut, hal apa lagi yang bisa diamati secara digital?

    Teknologi Fiber Optic dan 4G

    Terjangan video dan gambar-gambar dalam perangkat kita adalah bagaikan terjangan peluru yang termuntahkan dari pistol para polisi kita. Super cepat menyebar ke seluruh Indonesia dan dunia internasional hingga mereka para teroris tahu bahwa #Kamitidaktakut.

    Internet kita semakin cepat karena dukungan teknologi fiber optic dan 4G. Berbagi video dan gambar resolusi tinggi sudah menjadi rutinitas dan bahkan menjadi kebutuhan. Dengan berbagi informasi, penyebarannya berada di tangan netizen.

    Jikalau Anda digital marketer, peristiwa diatas secara multidimensi sarat akan makna. Bagaimana sikap Anda terhadap perilaku netizen tersebut, yang rela untuk menyebarkan informasi secara sukarela? Kuncinya adalah pada media (video dan gambar) dan konten. Jika positif dan bermanfaat maka netizen akan sukarela menyebarkan dan bahkan membela produk Anda.

    Salam #Kamitidaktakut

    @hendrawsaputro
    CEO BOC Indonesia
     
    bmumu likes this.
  2. pedagang

    pedagang Expert 1.0

    Messages:
    674
    Likes Received:
    109
    Trophy Points:
    43
    salam #kamitidaktakut juga
     
    BOCindonesia likes this.
  3. PusatHosting

    PusatHosting Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,346
    Likes Received:
    326
    Trophy Points:
    83
    Itulah hebatnya kekuatan brand, karena kalau brand tidak terkenal bingung juga mau kasih sebutan apa.
    apa betul begitu?
     
    BOCindonesia likes this.
  4. lordi

    lordi Poster 2.0

    Messages:
    183
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    di era teknologi komunikasi yang canggih dan konektifitas yang semakin cepat, peristiwa hanya membutuhkan hitungan detik atau menit untuk tersebar :D
     
    BOCindonesia likes this.
  5. cyberhostservice

    cyberhostservice Expert 1.0

    Messages:
    652
    Likes Received:
    128
    Trophy Points:
    43
    salam #kamitidaktakut karena website teroris saja rata rata sudah di jebol semua sama anonymous
     
    BOCindonesia likes this.
  6. Pencari_Ilmu

    Pencari_Ilmu Expert 2.0

    Messages:
    837
    Likes Received:
    110
    Trophy Points:
    43
    jangan salah, teroris juga melek internet, banyak yang menyebarkan paham radikal lewat media sosial

    waspadalah !!!

    #wearenotafraid
     
    BOCindonesia likes this.
  7. mlxjakarta

    mlxjakarta Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    1,106
    Likes Received:
    97
    Trophy Points:
    48
    BOCindonesia likes this.
  8. menyohost.com

    menyohost.com Poster 2.0

    Messages:
    121
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    BOCindonesia likes this.
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...