Mengatur server subdomain

Discussion in 'Web Hosting' started by gigiharif, 26 Sep 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. gigiharif

    gigiharif Apprentice 1.0

    Messages:
    275
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Kepada para senior,...

    Apa bisa sebuah subdomain dihostingkan lagi ke server lain.

    misal: namadomain.com di hostkan di hostingxxx.com dengan kapasitas yang minim, lalu mau buat subdomain.namadomain.com dan dihostingkan (misalnya) di hosting gratis(buat ngirit).

    Kalau bisa, caranya gimana ya?:confused:
     
  2. jr-webhost

    jr-webhost Apprentice 2.0

    Messages:
    448
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Bikinin CNAME aja bro :)
     
  3. hostnic.id

    hostnic.id Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    1,099
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    48
    jika anda mempunyai akses WHM sih masih bisa tuh di hostingkan di server lain subdomainnya :).

    ex:

    domain primer namadomain.com di server 1 dengan IP 123.123.123.12
    subdomain sub.namadomain.com di server 2 dengan IP 123.333.666.01

    DNS Functions>>Edit DNS Zone kemudian pilih domain yang mau di edit DNS nya

    namadomain.com IN A 123.123.123.12 14400s (04:00:00)
    www.sub IN A 123.333.666.01 14400s (04:00:00)
    sub IN A 123.333.666.01 14400s (04:00:00)

    maksudnya www.sub itu biar si subdomain bisa di akses lewat www juga, nah jika ini sudah selesai di server 2 yang di daftar kan bukan primer domain tapu subdomainnya sub.namadomain.com

    segitu aja x yah. jika ada kekurangan mohon maklum :D
     
  4. ruangweb

    ruangweb (Ret) Community Leader

    Messages:
    688
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    udah ada bbrp thread yg ngebahas ini, cari aja yg '1 domain 2 hosting/server'
     
  5. alegodesign.net

    alegodesign.net New Member

    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Oke Gue coba jawab yah, Gw juga penasaran nih soal ini, pengen juga bikin sub domain ke server lain. Karena gw juga punya reseller di suatu tempat cuma untuk client client pilihan dan masih ada sisa beberapa mb mau dipake sendiri..

    Gini banyak yang ngasih free dns manager kayak everydns dan lain lain cuma, ternyata ada free dns manager di directi domain manager. Dalam contoh ini gw pake domain manager dari ardhosting.

    Gw mau kasih tutorial buat directi aja deh..

    Pertama login ke cpanel domain anda

    Pilih menu domain >> 10 list domain >> klik domain anda

    Disitu ada menu freedns

    Klik disitu, nah kalo loe belom setting dnsnya disitu disuruh ganti dengan name server yang directi berikan, ganti name server yang anda gunakan dengan name server yang directi berikan.

    Abis itu kita set dnsnya

    Yang perlu di edit adalah hanya A Records, MX Records jika anda punya google apps, CNAME Records dan NS Record untuk subdomainnya

    1. Add Record, Kosongkan form paling atas dan isi IP server anda dan save
    2. Add record lagi, isi dengan www form paling atas dan isi IP sever anda dan save
    3. Selesai
    Sekarang klik MX Record
    Sekarang CNAME, CNAME Biasanya hanya untuk redirect ini gw gunakan untuk google apps sama www domain gw aja

    Lanjut ke NS record, Nah di ns record ini adalah untuk membuat subdomain mengarah ke server lain, disini gw cukup untuk menggunakan subdomain saja
    caranya
    • Add Record, isikan sub domain yang anda inginkan contoh id.domain.com tulis id di form, dibawahnya masukan NS dari server yang anda tuju, dan save
    • Selesai

    Semua Akan terupdate dalam waktu 8 jam kurang lebih. Untuk melihat whois secara langsung bisa refresh disini http://www.opendns.com/support/cache/

    Itu aja mungkin bisa membantu beberapa image gw attach, semoga membantu dan selamat mencoba, saya hanya newbie di dunia hosting.
     

    Attached Files:

    • 1.jpg
      1.jpg
      File size:
      19.6 KB
      Views:
      26
    • 2.jpg
      2.jpg
      File size:
      17.1 KB
      Views:
      18
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...