Mengenal Daerah Wisata Melalui Permainan di Ponsel Android

Discussion in 'The Cafe' started by Tirah Wawas, 16 Aug 2016.

Tags:
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Poster 2.0

    Messages:
    132
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Jakarta – Beragam cara dilakukan masyarakat untuk memperkenalkan sebuah daerah wisata. Namun, seorang mahasiswi dari Semarang menggunakan sebuah permainan untuk mempromosikan daerah wisata yang ada di Semarang dan sekitarnya. Seperti dilansir dari Tekno Kompas.

    Nama mahasiswi tersebut adalah Lidya Oktorina Kusuma Sakti, mahasiswi Universitas Katolik Soegijapranata Fakultas Ilmu Komputer, dia mencipatkan sebuah game dengan tema wisata. Nama game yang dibuatnya adalah Dorang, kepanjangan dari dolanan Semarang, kalau dalam bahasa Indonesia artinya mainan Semarang.

    “Sengaja saya namain Dorang karena wisata yang mau diperkenalkan itu wisata Semarang sampai kabupaten-kabupatennya,” ujar Lidya, seperti dikutip dari KompasTravel ketika memperlihatkan hasil karyanya tersebut di acara Jateng Fair 2016, Jumat (12/8/2016).

    Membuat sebuah produk teknologi memang merupakan salah satu syarat kelulusannya. Lidya menjelaskan bahwa proses pembuatannya memakan waktu cukup lama, kurang lebih ia membutuhkan waktu hampir empat bulan, ia juga bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dibudpar) Provinsi Jawa Tengah.

    Lidya juga menambahkan masih banyak lagi yang perlu dikembangkan, karena masih banyak kekurangan pada permainan yang ia ciptakan itu.

    Sejumlah keterbatasan ia temui, misalnya untuk peta wisata hanya baru ada 10, kualitas grafis juga masih rendah, dan juga lokasi belum mencakup seluruh wilayah di Semarang.

    “Ke depannya game ini masih mau dikembangkan, kemarin (dibuat) karena untuk salah satu syarat kelulusan, jadi masih seadanya. Ke depan mau ditambahin obyeknya, dan saran-saran dari responden wisatawan yang datang ke Semarang,” jelasnya.

    Cara bermain

    Pada awal permainan kita akan disuruh memilih karakter pemain yang berperan sebagai duta wisata, ada dua karakter yang disediakan yaitu Denok dan Kenang.

    Jenis game ini berbasis petualangan, dimana nanti akan menjelajahi daerah-daerah wisata dan makanan khasnya. Misalnya yang ada dalam permainan yaitu kawasan wisata candi Gedong Songo yang ada di Kabupaten Semarang.

    Pada perjalanan menuju daerah wisata pemain diminta untuk mengumpulkan koin kacang, kalau di daerah wisata sebenarnya biasa digunakan para turis untuk memberi makan monyet yang ada di tempat wisata tersebut.

    Disamping mengumpulkan koin, pemain juga harus menghindari rintangan, dan akan mendapatkan menjelasan mengenai makanan khas dearah wista tersebut, seperti lumpia, tahu baksi, sate sapi, serabi kucur dan lain-lain.

    Untuk saat ini Game Dorang baru hanya tersedia untuk ponsel Android yang bisa diunduh di Google Play Store.

    Masyarakat Telematika Indonesia
     
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    1,106
    Likes Received:
    97
    Trophy Points:
    48
    Boleh dicoba nih gamenya, meluncur ke Play Store
     
  3. hendranata

    hendranata Hosting Guru

    Messages:
    1,122
    Likes Received:
    85
    Trophy Points:
    48
    ntar dicoba
    maen pukimon jg bisa menjelajah dunia :D
     
  4. lordi

    lordi Poster 2.0

    Messages:
    183
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    ini terinspirasi pokemonkah? :D
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...