Mengenal YII Frameworks Berbasis PHP

Discussion in 'Desain Web dan Programming' started by exabytes-id, 25 Dec 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. exabytes-id

    exabytes-id Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Kali ini akan berbagi tentang salah satu PHP framework terbaik pada 2013 Yaitu Yii Framework.
    Yii adalah salah satu fremwork yang cukup populer saat ini , sangat banyak fitur yang dapat memudahkan Developer dalam membanguan sebuah system yang rumit di dalamnya, Yii sudah menyediakan itu semua, Yii di kembangkan oleh orang bernama Qiang Xue pada 1 Januari 2008, seorang programmer berkebangsaan China yang sebelum nya juga telah mengembangkan framework PHP bernama Prado.

    Oleh karena itu tak heran jika Qiang juga mengadopsi teknik-teknik yang dipakai pada Prado saat mengembangkan Yii, Selain terinspirasi oleh Prado, Yii juga terinspirasi oleh framework luar yaitu Ruby On Rails terutama pada mekanisme ORM nya. Dan masih banyak lagi yang menginspirasi Yii framework seperti Symfony dan Joomla.

    Berikut beberapa Fitur Yii Framework:

    1. MVC(Model - View - Controller)
    Hampir semua framework PHP saat ini berbasis MVC, tidak terkecuali Yii karena dengan MVC aplikasi menjadi lebih terstruktur dan mudah di pahami.

    2. ORM(Object Relational Mapping)
    Object Relational Mapping merupakan salah satu keunggulan Yii dalam urusan Database, jika kita lihat secara spesifik lagi maka Yii sebenarnya menyediakan mekanisme seperti DAO(Data Access Object), Query Builder(seperti di framework CI), Active Record(ORM) dan Database Migration. Dengan ORM pekerjaan developer menjadi terbantu karena tidak perlu menulis query SQL yang rumit lagi, cukup dengan memanggil fungsi-fungsi tertentu.

    3. Autentikasi dan Autorisasi
    Yii sudah menyediakan mekanisme Autentikasi(login, logout) dan Autorisasi(hak akses) terhadap pengguna sistem, sehingga kita tidak perlu lagi repot-repot membuat dari pertama.

    4. Security
    Yii memiliki fitur keamanan yang membantu dalam mencegah serangan-serangan seperit SQL Injection, XSS, CSRF, Cookie Tampering dll.

    5. Web Service
    Yii memiliki support yang cukup baik untuk membuat web service pada web kita seperti meng-generate spesifikasi WSDL service secara otomatis.

    6. Extensions
    Yii memiliki segudang extensions. Extension sendiri merupakan kontribusi dari pengguna-pengguna Yii dengan membuat widget, library ataupun component yang bisa dipakai dan belum ada di Yii secara built-in.

    Source :
    - hxxp://www.phpindonesia.net/artikel/mengenal-yii-framework
    - hxxp://www.yiiframework.com/about/
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...