Tips menjadi customer service yang baik


Bermanafaat nggak?


  • Total voters
    13
Status
Not open for further replies.

handris

Apprentice 1.0
Halo teman-teman berdasarkan pengalaman pribadi, saya akan sharing tips menjadi seorang customer service yang baik. tidak hanya di bisnis internet tp bisa jadi diterapkan di bisnis lain yang berhubungan dengan pelayanan ke pelanggan.

  1. Untuk menjadi seorang customer service, kamu harus mampu berkomunikasi dengan baik, eg. mengolah kata dengan lugas, ramah, dan jelas. Sehingga mampu menjelaskan informasi atau solusi keluhan terkait produk kamu ke pelanggan.
    Ramah adalah bagian terpenting.
  2. Responlah pelanggan secepat mungkin, buatlah pelanggan nyaman. Dengan alasan apapun merespon pelanggan dalam waktu lama angka menjadi nilai minus. Respon tidak harus langsung menjelaskan pertanyaan seputar informasi ataupun solusi keluhan lo. Tp cukup just respon misalkan dengan kata : mhn ditunggu ya pak/bu kami masih sedang melayanai pelanggan lain / masih sdg kami cek mhn bersabar ya pak/bu, akan segera kami kontak. mhn menunggu :). Untuk pertanyaan informasi jika terlalu luamaa alihkan segera ke rekan CS lainya.
  3. Seorang customer service harus ceria dan happy. Tidak boleh berbicara lambat, nggak jelas, apalagi ngantuk. Heloooo? mending tidur dulu aja ya kalau ngantuk :D. Biar digantiin temen lain.
  4. Seorang customer service nggak boleh lelah atau terlalu banyak beban pikirian. Karena nanti akan terbawa suasana. Dan bisa-bisa terpancing emosi jika ada pelanggan yang bawel. Akan menjadi +1 kalau kamu bisa benar-benar bisa melupakan masalah pribadimu saat bertemu pelanggan atau duduk di kursi CS. Kalau saya lebih memilih untuk rehat dulu.
  5. Saat merangkai kata di live chat atau layanan text lainya harus jelas juga. Meskipun di website atau katalog produk kamu sudah ada detailnya. Jgn langsung diarahkan kesana, hal ini akan menimbulkan kesan cuek dan menyuruh pelanggan mempelajari sendiri sepenuhnya.
    Jelaskan dulu sedikiti atau kisi-kisinya setelah itu, selengkapnya baru deh arahkan pelanggan untuk membaca website/tutorial/produk kamu.
  6. Berilah jeda jika kamu ingin mengundang pengujung website ke live chat. Biarkan pelanggan explore website terlebih dahulu. Selang beberapa waktu kemudian baru deh kamu boleh ajak pengunjung web untuk chating. Tanpa di invite pun jika pengunjung ingin bertanya pasti akan klik live chat. Dengan catatan penempatan tombol chat di website harus tepat.
    Melakukan invite chat langsung saat web terbuka menimbulkan kesan pemaksaan. Apalagi letaknya di tengah-tengah.
  7. Saat pelanggan datang kenali dulu tipenya. Ada yang suka bercanda, ada yang kurang ramah, ada yang biasa-biasa dan berbagai sifat-sifat lainya. Kamu harus bisa mempridiksi dari cara pelanggan berbicara atau saat meminta bantuan. Setelah itu apdatasi.
    Jika baru pertama kali bertatap muka dengan pelanggan biasnaya akan nerpes xixixixi
  8. Dalam sebuah Usaha jasa, CS adalah bagian terpenting. Kalau di mobil boleh dibilang bmpernya. (Ya ampun just kidding :24:)
8 point aja dulu ya next time di update jika ide saya sudah teringat lagi :D

  • Tips ini berdasarkan pribadai ketika :Saya pernah bekerja sebagai CS di perusahan operator pulsa.
  • Juga berdasarkan saat saya menjadi pelanggan (ini relatif)
See ya
 

galuh82

Hosting Guru
Verified Provider
nice post ..

tidak kalah penting, CS harus berwawasan, ngerti dan kompeten dibidang yang dilayani.. jadi komunikasi lebih efektif, nyambung dan tepat sasaran :)
 

Pencari_Ilmu

Hosting Guru
nambahin dikit, kalau komunikasi via live chat seorang CS yang baik sebaiknya tidak menggunakan kata-kata yang disingkat seperti bgm, tdh, knp dsb (ya syukur kalau pelanggannya ngerti maksudnya, kalau enggak ???) dan juga usahakan menggunakan bahasa yang baku sesuai dengan EYD :)
 

derrimaulana

Apprentice 2.0
makasih share nya mas Tuan, saya jadi di ingatkan kembali :)
mungkin seharusnya ada sub forum MOTIVASI juga yah, he :)
 
Status
Not open for further replies.

Top