Tips menjadi customer service yang baik

Discussion in 'Berbisnis di Internet' started by handris, 12 Jan 2014.

?

Bermanafaat nggak?

  1. Ngggak bangget

    7.7%
  2. Lumayan

    46.2%
  3. Sangat bermanfaat

    46.2%
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. handris

    handris Apprentice 1.0

    Messages:
    315
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Halo teman-teman berdasarkan pengalaman pribadi, saya akan sharing tips menjadi seorang customer service yang baik. tidak hanya di bisnis internet tp bisa jadi diterapkan di bisnis lain yang berhubungan dengan pelayanan ke pelanggan.

    1. Untuk menjadi seorang customer service, kamu harus mampu berkomunikasi dengan baik, eg. mengolah kata dengan lugas, ramah, dan jelas. Sehingga mampu menjelaskan informasi atau solusi keluhan terkait produk kamu ke pelanggan.
      Ramah adalah bagian terpenting.
    2. Responlah pelanggan secepat mungkin, buatlah pelanggan nyaman. Dengan alasan apapun merespon pelanggan dalam waktu lama angka menjadi nilai minus. Respon tidak harus langsung menjelaskan pertanyaan seputar informasi ataupun solusi keluhan lo. Tp cukup just respon misalkan dengan kata : mhn ditunggu ya pak/bu kami masih sedang melayanai pelanggan lain / masih sdg kami cek mhn bersabar ya pak/bu, akan segera kami kontak. mhn menunggu :). Untuk pertanyaan informasi jika terlalu luamaa alihkan segera ke rekan CS lainya.
    3. Seorang customer service harus ceria dan happy. Tidak boleh berbicara lambat, nggak jelas, apalagi ngantuk. Heloooo? mending tidur dulu aja ya kalau ngantuk :D. Biar digantiin temen lain.
    4. Seorang customer service nggak boleh lelah atau terlalu banyak beban pikirian. Karena nanti akan terbawa suasana. Dan bisa-bisa terpancing emosi jika ada pelanggan yang bawel. Akan menjadi +1 kalau kamu bisa benar-benar bisa melupakan masalah pribadimu saat bertemu pelanggan atau duduk di kursi CS. Kalau saya lebih memilih untuk rehat dulu.
    5. Saat merangkai kata di live chat atau layanan text lainya harus jelas juga. Meskipun di website atau katalog produk kamu sudah ada detailnya. Jgn langsung diarahkan kesana, hal ini akan menimbulkan kesan cuek dan menyuruh pelanggan mempelajari sendiri sepenuhnya.
      Jelaskan dulu sedikiti atau kisi-kisinya setelah itu, selengkapnya baru deh arahkan pelanggan untuk membaca website/tutorial/produk kamu.
    6. Berilah jeda jika kamu ingin mengundang pengujung website ke live chat. Biarkan pelanggan explore website terlebih dahulu. Selang beberapa waktu kemudian baru deh kamu boleh ajak pengunjung web untuk chating. Tanpa di invite pun jika pengunjung ingin bertanya pasti akan klik live chat. Dengan catatan penempatan tombol chat di website harus tepat.
      Melakukan invite chat langsung saat web terbuka menimbulkan kesan pemaksaan. Apalagi letaknya di tengah-tengah.
    7. Saat pelanggan datang kenali dulu tipenya. Ada yang suka bercanda, ada yang kurang ramah, ada yang biasa-biasa dan berbagai sifat-sifat lainya. Kamu harus bisa mempridiksi dari cara pelanggan berbicara atau saat meminta bantuan. Setelah itu apdatasi.
      Jika baru pertama kali bertatap muka dengan pelanggan biasnaya akan nerpes xixixixi
    8. Dalam sebuah Usaha jasa, CS adalah bagian terpenting. Kalau di mobil boleh dibilang bmpernya. (Ya ampun just kidding :24:)
    8 point aja dulu ya next time di update jika ide saya sudah teringat lagi :D

    • Tips ini berdasarkan pribadai ketika :Saya pernah bekerja sebagai CS di perusahan operator pulsa.
    • Juga berdasarkan saat saya menjadi pelanggan (ini relatif)
    See ya
     
  2. galuh82

    galuh82 Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    186
    Trophy Points:
    63
    nice post ..

    tidak kalah penting, CS harus berwawasan, ngerti dan kompeten dibidang yang dilayani.. jadi komunikasi lebih efektif, nyambung dan tepat sasaran :)
     
    handris likes this.
  3. PusatHosting

    PusatHosting Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,342
    Likes Received:
    326
    Trophy Points:
    83
    Betul karena punya wawasan biasanya mudah menganalisa masalah.
    Karena salah analisa masalah diawal bisa masalah di hasil akhirnya.
     
  4. pluto01

    pluto01 Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,680
    Likes Received:
    757
    Trophy Points:
    113
    Setuju dengan para master2 di atas :113::113::113: nice share emang itu penting.
     
  5. Pencari_Ilmu

    Pencari_Ilmu Expert 2.0

    Messages:
    833
    Likes Received:
    110
    Trophy Points:
    43
    nambahin dikit, kalau komunikasi via live chat seorang CS yang baik sebaiknya tidak menggunakan kata-kata yang disingkat seperti bgm, tdh, knp dsb (ya syukur kalau pelanggannya ngerti maksudnya, kalau enggak ???) dan juga usahakan menggunakan bahasa yang baku sesuai dengan EYD :)
     
  6. sigmabisnis

    sigmabisnis Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,182
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Sip niih, 8 poin yang bagus untuk seorang CS :D
    oke ditunggu next time sharing nya deh..
     
  7. handris

    handris Apprentice 1.0

    Messages:
    315
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    yuhu mas bro kita sama-sama sharing
     
  8. derrimaulana

    derrimaulana Apprentice 2.0

    Messages:
    593
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    makasih share nya mas Tuan, saya jadi di ingatkan kembali :)
    mungkin seharusnya ada sub forum MOTIVASI juga yah, he :)
     
  9. Sagalana

    Sagalana Beginner 2.0

    Messages:
    31
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    nice share bro, ditunggu lanjutannya.

    Setuju ama Tuan derrimaulana. tambah sub forum MOTIVASI
     
  10. KlikStream

    KlikStream Apprentice 1.0

    Messages:
    307
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    supperrr :)
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...