[Tutorial SEO #3-Seo Itu Sederhana] Strategi Link Building Efesien Hasil Maksimal Tanpa Spamming

Discussion in 'Search Engine dan Direktori Web' started by Eveline, 7 Jun 2016.

Tags:
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Eveline

    Eveline Beginner 2.0

    Messages:
    29
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    3
    Pada artikel ke #3 ini saya akan coba menjelaskan mengenai teknik Link Building yang efesien,mungkin bagi sebagian praktisi SEO hal ini tabu untuk di share, tetapi kunci keberhasilan SEO yang utama bukan dari sisi strateginya tetapi seberapa konsisten anda melakukan strategi tersebut.

    DA & PA
    Apa itu DA & PA? DA=Domain Authority, PA=Page Authority, merupakan metrik untuk mengukur Authority sebuah web dari sisi domain dan page/url nya, metrik ini dikeluarkan oleh MOZ, semenjak google melakukan shutdown terhadap Page Rank, metrik ini menjadi parameter untuk mengukur apakah sebuah Web/URL memiliki Authority yang baik.

    Sebelumnya Check website anda menggunakan open site explorer dari moz.com apakah DA dan PA nya sudah cukup baik?Untuk DA dengan nilai dibawah 10, akan semakin sulit untuk merangkak ke posisi halaman pertama, kecuali keyword yang ditarget persaingannya sangat sangat low.

    Jadi langkah awal sebelum membangun Link Building adalah tingkatkan nilai DA dan PA web/url anda, caranya membuat Link Profile yang mengarah ke domain atau biasa disebut dengan Starter Backlink, tanpa anchor text, Link profile ini dapat kita tanam di profile forum seperti detik.com,kompasiana.com, forum kompas dll...di profile forumt tersebut ada field untuk mengisi home page..arahkan url ke nama domain utama untuk meningkatkan DA web anda.

    Moz.Com sendiri mengupdate DA dan PA ini sekitar 1-2 bulan sekali,semakin banyak Link Profile dari web berkualitas semakin cepat DA naik.berikut beberapa web yang sangat baik untuk dijadikan link profile :
    http://en.community.dell.com
    http://forum.detik.com
    http://forum.kompas.com
    http://www.livejournal.com
    http://www.medium.com
    http://www.about.me
    dan masih banyak lagi...

    LINK BUILDING 1st TIER

    Link Building yang baik dan aman untuk algoritma google saat ini adalah menggunakan metode Pyramid Link, konsep ini mirip dengan bentuk pyramid dimana web target anda berada di paling puncak, bisa dilihat di gambar dibawah ini

    [​IMG]

    Untuk Tier 1 ini, anda tidak perlu banyak menanam backlink dalam jumlah besar, cukup sedikit tapi kualitas tinggi. Bagaimana mengetahui backlink dengan kualitas tinggi? Salah satu toolsnya adalah menggunakan OpenSite Explorer Moz.Com,Lihat DA dan PA nya, semakin Tinggi DA dan PA nya menandakan URL tersebut memiliki authority baik dan juga check Spam Core nya,jangan menanam backlink dengan Spam Score diatas 7.

    Dimana Bisa Mendapatkan Backlink Dengan Kualitas Tinggi ?
    Domain EDUCATION dan GOVERMENT adalah salah satu TLD domain yang memiliki Authority sangat baik di mata google, karena tidak sembarang orang dapat memiliki domain ini.Jadi gunakan backlink dari Domain EDU, AC.ID,AC.UK,atau GOV pada Tier 1.

    Saya akan memberikan sedikit trik mudah untuk mendapatkan backlink dari domain EDU, dimana anda bisa mendaftarkan profil anda di dalam website edu tersebut.
    Salah satu triknya adalah sederhana sekali dengan menggunakan pencarian di google, ketikan syntax berikut di google search site:.EDU inurl:team_display.php

    Inurl: team_display.php adalah url yang digunakan engine moodle/boinc sebuah engine portfolio yang memungkinkan kita membuat akun sendiri. Dan moodle ini banyak sekali digunakan di website Education atau Academic.

    Setelah muncul hasilnya saya mengambil salah satu URL yaitu
    http://milkyway.cs.rpi.edu/milkyway/team_display.php?teamid=13051
    upload_2016-6-7_0-56-39.png
    Klik Your Account seperti pada panah diatas.
    Maka akan muncul halaman Login dan Klik CREATE ACCOUNT
    upload_2016-6-7_0-58-7.png
    lengkapi seluruh isian form tersebut.(untuk alamat email anda bisa menggunakan alamat email,asal asalan karena tidak ada confirmation atau activation yang akan dikirim ke email).


    Setelah berhasil akan muncul tampilalan sebagai berikut :
    upload_2016-6-7_1-1-35.png
    Klik Link MAINPAGE dibagian bawah, di Main Page klik Link TEAM seperti gambar dibawah
    upload_2016-6-7_1-4-35.png

    Setelah itu anda klik link CREATE TEAM

    Dihalaman Create Team ini anda bisa memasukan Kode HTML <a href untuk menanamkan Anchor Text Link yang mengarah ke web site anda.
    upload_2016-6-7_1-7-8.png


    setelah selesai klik tombok Create Team...selesai..anda telah memiliki 1 page yang berisi backlinks private(bukan comment spam)
    Dan backlink ini 100% aman, karena kita mendapatkan dari hasil pencarian google search berarti URL tersebut bukanlah URL yang di banned, karena jika di banned tidak akan muncul di Google Search.

    saat ini kita telah selesai membuat 1 Link di Tier 1 dengan High Quality Backlink. Untuk mendapatkan backlink dari domain EDU atau GOV ,lainnya anda bisa mengakses http://www.3bac.com


    LINK BUILDING 2nd TIER

    Untuk Tier ke 2 anda bisa menggunakan backlink dari Blogspot,wordpress atau tumbler, buatlah backlink yang mengarah ke URL di TIER 1 tadi, di tier ini anda bisa menggunakan backlink dengan engine Guest Book, Forum,Web 2.0, Social Network dan lain lain..selengkapnya bisa di cek disini
    Buatlah komposisi 5 backlink Tier 2 untuk 1 Backlink Tier 1. Dengan Keyword yg variatif misalkan ,di Tier 1 Keyword Anchor text anda adalah Paket Tour, maka buatlah Anchor Text di Tier 2 dengan "Paket Tour Murah", "Paket Tour 2016:" dll.

    LINK BUILDING 3rd TIER
    Konsepnya sama seperti Link Building Tier2 hanya saja di Tier 3 ini arahkan backlink ke URL di Tier 2 tadi..buat komposisinya 1 URL Tier 2, di backlink oleh 5 URL tier 3. Untuk di Tier 3 ini biasanya saya menggunakan software backlink generator seperti GSA Search Engine Ranker.

    Tips & Trik
    Tidak perlu membuat backlink secara membabi buta, buatlah konsisten misalkan 1 hari cukup 1 backlink tier 1. dan lakukan dengan konsisten.
    efek backlink ini akan terlihat setelah 1-2 minggu, dan untuk web anda yang sudah memiliki DA dan PA tinggi hasilnya bisa terlihat dalam hitungan 2-3 hari.

    Untuk melihat apakah backlink yang kita tanam sudah terindeks oleh google bisa menggunakan www.ahrefs.com atau menggunakan Google Web Master Tools, di menu "Link to Your Site".
     

    Attached Files:

    lordi, IDreg.Net and HostinganID like this.
  2. HostingMurahAja

    HostingMurahAja Apprentice 2.0

    Messages:
    556
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    Menyimak :39:
     
  3. Syams

    Syams Poster 2.0

    Messages:
    173
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Kalau backlink mengarah ke halaman kategori/tag bagaimana?
    Apakah aman?
     
  4. abed nego

    abed nego Poster 2.0

    Messages:
    116
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Terima kash banyak ya mas telah berbagi..
     
  5. HostingMurahAja

    HostingMurahAja Apprentice 2.0

    Messages:
    556
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    Harusnya sih aman tergantung isi kontennya sendiri bagaimana
     
  6. Eveline

    Eveline Beginner 2.0

    Messages:
    29
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    3
    tidak ada masalah, sayapun melakukan hal yg sama mengarahkan ke halaman kategori so far aman dan sudah masuk di 3 besar serp, yang terpenting backlink yg mengarah ke target url, memiliki DA dan PA cukup baik (diatas 20 cukup baik, hindari DA dan PA nilainya 1),install moztoolbar untuk mempermudah kita melihat authority sebuah URL
     
    HostingMurahAja likes this.
  7. padihost.com

    padihost.com Apprentice 2.0

    Messages:
    474
    Likes Received:
    52
    Trophy Points:
    28
    terimakasih ilmunya .. sangat bermanfaat
     
  8. HostingMurahAja

    HostingMurahAja Apprentice 2.0

    Messages:
    556
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    Bagus nih masukan dari @Eveline
     
  9. Eveline

    Eveline Beginner 2.0

    Messages:
    29
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    3
    Bagi yg web nya DA dan PA nya masih 1, bersabar saja dulu untuk membuat backlink dalam jumlah banyak, utamakan membuat link dari profile dengan authority tinggi seperti forum di detik,kompas, behance.com,livejournal.com,bravesite,pinterest dll yang DA nya rata rata sudah diatas 70..dan gunakan halaman profile about me dari akun Google Plus..google plus sangat ampuh untuk menaikan DA/PA domain yang masih 1 nilainya..tunggu hingga 4-6 minggu hasilnya..
     
  10. infinycal

    infinycal Beginner 1.0

    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    menurut saya itu teknik lama, seo sekarang pake blog feeder gratisan juga sudah bisa UP, kuncinya bikin konten minimal 500 kata (disarankan 1000 kata) yang bener2 unik dan dicari orang, biasanya main site 2-3 minggu udah UP.
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...