4 Pertanyaanku

Discussion in 'Dedicated Server dan Colocation' started by John Doe, 15 Jan 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. John Doe

    John Doe Poster 1.0

    Messages:
    71
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    1. Klasifikasi Datacenter
    Bagaimana klasifikasi datacenter terbaik sesuai Metodologi standar yang dibuat oleh Uptime Institute yang mengevaluasi kinerja infrastruktur situs, atau apa yang sering disebut sebagai uptime. Menilai kehandalan situs dan keamanan komponen fisik merupakan bagian dari proses. Saya dengar Datacenter ditugaskan dalam tingkatan tertentu yang sesuai dengan kinerja. Tingkatan yang progresif adalah 1 sampai 4. Bisa dijelaskan lebih lanjut ???

    2. Audit SOC2
    Service Organization Control (SOC) adalah laporan rinci dari pengendalian operasional dimaksudkan untuk pengguna, auditor dan pihak tertentu. SOC mengevaluasi proses bisnis untuk memastikan layanan sistem organisasi.
    Audit ini meliputi apa saja ?? dan apa itu SOC2 Tipe II?

    3. Jaminan Uptime
    Uptime dan kehandalan sering diukur dalam berbagai tingkat dari angka sembilan (% dari ketersediaan):
    99,999% = sekitar 5 menit downtime per tahun
    99,99% = di atas 52 menit downtime per tahun
    99,9% = hampir 9 jam downtime per tahun
    99% = hampir 90 jam downtime per tahun

    Seberapa besar jaminan Uptime yang diberikan oleh Server IIX pada umumnya ??

    4. Skor NP
    Skor NP mengukur loyalitas pelanggan dengan menilai kepuasan mereka. Bukan hanya tentang kepuasan saja, skor NP adalah cara yang baik untuk melakukan bisnis.

    upload_2016-1-15_8-43-2.png

    Berapa nilai Skor NP jasa layanan hosting perusahaan anda ??

    Mohon dijawab semuanya yang di bold merah, jangan dijawab jika hanya salah satu pertanyaan saja..
     
    Last edited: 15 Jan 2016
  2. dhyhost

    dhyhost Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,932
    Likes Received:
    614
    Trophy Points:
    113
    pertanyaannya kayak soal ujian -_-
     
  3. perdhanahost

    perdhanahost Expert 1.0

    Messages:
    986
    Likes Received:
    147
    Trophy Points:
    43
    Untuk pertanyaan nomor 1 dan 2, itu materi baku. Jadi seharusnya mudah didapatkan informasinya via text book atau Googling.

    Untuk pertanyaan nomor 3, biasanya data center memberikan SLA dengan basis perhitungan per bulan. Jika downtime terjadi melebihi SLA yang dijanjikan, maka restitusi/pengembalian dana yang telah dibayarkan oleh pelanggan dihitung pada bulan tersebut saja. Rata2 data center di Indonesia memberikan garansi 99% - 100%.

    Untuk pertanyaan nomor 4, gak bisa bantu jawab, belum pernah dijalankan soalnya... heheheh... :p
     
  4. dhyhost

    dhyhost Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,932
    Likes Received:
    614
    Trophy Points:
    113
    ga boleh jawab lho kalau cuma 1,
     
  5. vishualhost

    vishualhost Expert 2.0

    Messages:
    813
    Likes Received:
    81
    Trophy Points:
    28
    3. Jaminan Uptime
    Uptime dan kehandalan sering diukur dalam berbagai tingkat dari angka sembilan (% dari ketersediaan):
    99,999% = sekitar 5 menit downtime per tahun
    99,99% = di atas 52 menit downtime per tahun
    99,9% = hampir 9 jam downtime per tahun
    99% = hampir 90 jam downtime per tahun

    saya malah ga pernah sampai ngitung ini sampai ada rincian menitnya
    uptime iix masalah klasik itu listrik :24: jd tidak ada kepastian berapa nya kecuali dc sendiri yg bs kita managed langsung kelistrikannya
    cm saya yakin dalam 1 tahun pasti ada masalah di listrik kl kelistrikan ga di managed sendiri
     
  6. perdhanahost

    perdhanahost Expert 1.0

    Messages:
    986
    Likes Received:
    147
    Trophy Points:
    43
    Wuaduh, kurang teliti saya... mana gak bisa hapus postingan pula... :(
     
  7. mustafaramadhan

    mustafaramadhan Hosting Guru

    Messages:
    3,237
    Likes Received:
    857
    Trophy Points:
    113
    Masih kurang 35 'likes' untuk dapat 'Trophy Points' tertinggi. Semangat. :19:
     
    Nina Prasetyo and bmumu like this.
  8. SulisSoft

    SulisSoft Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    1,265
    Likes Received:
    361
    Trophy Points:
    83
    ciah... mantap OM :D
     
  9. netsentra

    netsentra Poster 2.0

    Messages:
    108
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Salam,
    Mohon ijin numpang ikut jawab pertanyaan ke-3.
    cmiiw, uptime server iix itu bergantung pada banyak faktor, yang diambil faktor dengan jaminan uptime paling rendah (cmiiw ya).
    misalnya, datacenter kasih jaminan uptime 3-9 (99,9%) , meski network dan server kita bisa jalan dengan uptime 5-9 (99,999%), jaminan kita ke customer tetap saja maksimum 3-9.

    Terus, untuk perangkat-nya sendiri, uptime dihitung per fungsi/modul barang (lagi-lagi cmiiw ya).
    Misalnya, cisco 6500 butuh modul supervisor supaya bisa jalan. sasisnya punya mtbf sekitar 860rb jam. sup engine nya sekitar 85rb jam. kalau asumsi hanya pakai 1 sasis + 1 sup, mtbf akhir dari perangkat sekitar 85rb jam.
    Dari sisi perusahaan hosting, perangkat juga bukan satu-satunya faktor dalam menentukan uptime. masih banyak faktor lain, diantaranya human error.
    Nah, dari semua perhitungan mtbf diatas (modul, komponen, dlsb), dihitung availability-nya. Availability = MTBF/ (MTBF+MTRR) (MTRR = waktu rata-rata untuk perangkat supaya bisa berjalan normal kembali, setelah mengalami error). Akhirnya, diambil nilai availability paling kecil dari komponen yang ada.

    Karena perhitungannya rumit sekali, akhirnya banyak yang menentukan availability ini mengikuti saja apa yang dikasih dari datacenter.
    Yang repot, kalau datacenter nggak kasih angka uptime-nya. Terpaksa deh tanya-tanya ke tetangga sebelah dengan perangkat dan operasi yang mirip-mirip, berapa kira-kira uptime mereka :).

    rgds,
     
  10. Nina Prasetyo

    Nina Prasetyo Expert 2.0

    Messages:
    970
    Likes Received:
    277
    Trophy Points:
    63
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...