[ASK] Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Membangun Server Bisnis Shared Hosting?


Dyann

Beginner 2.0
Salam sejahtera tuan-tuan dan nyonya-nyonya.

Saya saat ini sedang menjalani bisnis hosting tetapi masih menjadi seorang reseller. Saya berencana ingin membangun server sendiri untuk bisnis shared hosting saya sendiri, tetapi saya kurang pengetahuan apa saja yang harus dibutuhkan dan dimana untuk mendapatkan yang saya butuhkan.

Mungkin tuan dan nyonya punya saran atau pengetahuan yang saya butuhkan untuk memulai membangun server untuk bisnis shared hosting saya.
Dengan hormat, saya ucapkan terima kasih atas perhatian serta saran dan pengetahuan yang tuan atau nyoya berikan kepada saya
 

deasoftmedia

Beginner 2.0
kalau ada dana bisa beli server fisik, di colocation ke datacenter.
misal spec server 30jt, colocation sebulan 1,7jt
.
nanti bisa untuk jualan VPS, Reseller Hosting, Shared Hosting
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
kalau masih awam mending belajar di vps atau dedicated server terlebih dahulu
untuk share host yang penting pakai CloudLinux, selebihnya opsional seperti imunify360, litespeed, jetbackup
 

komputerserver

Poster 2.0
Kalau kurang pengetahuan sebaiknya mulai dari reseller hosting dulu tuan
kalau sudah lebih mahir dalam pengetahuan dasar kelola server dan control panel,,
bole lanjut sewa VPS dulu untuk hemat biaya
kemudian ketika dirasa dana bulanan sudah mencukupi bole la sewa dedicated server
setelah ada dana didepan yang lebih cukup untuk beli fisik server
bole beli fisik server sendiri kemudian ambil layanan colocation server ke provider atau data center

sewa dedicated server (server milik provider) akan dikenakan biaya bulanan lebih mahal dari pada colocation server (server milik tuan)
 

AsiaVM

Poster 2.0
Jika jumlah clientnya belum banyak mending reseller dulu sampai dana mencukupi tuan,
karena license untuk billing, hosting control panel, cloudlinux, dll cukup mahal

namun jika ingin tetap mencoba server pribadi, disarankan pakai VPS dulu karena mengurus Dedicated Server lebih repot jika ada masalah pada hardware, selanjutnya selalu siapkan server terpisah untuk backup data.
 

reynaldiarya

Poster 2.0
Kalau menurut saya ambil reseller dulu karena udah tinggal pake ga perlu mikir lisensi perbulan. Kalau member udah lumayan mungkin bisa pindah vps atau ds
 

hostbadak

Expert 1.0
Saya berencana ingin membangun server sendiri untuk bisnis shared hosting saya sendiri, tetapi saya kurang pengetahuan apa saja yang harus dibutuhkan dan dimana untuk mendapatkan yang saya butuhkan.

Mungkin tuan dan nyonya punya saran atau pengetahuan yang saya butuhkan untuk memulai membangun server untuk bisnis shared hosting saya.

Banyak hal yang perlu dipelajari untuk bisa menjalankan server shared hosting secara sempurna atau paling tidak minim gangguan karena kesalahan teknis. Teman2 di sini juga rata2 menghabis ribuan jam trial dan error untuk bisa menjalankan server-servernya dengan baik. Jika ada waktu dan ingin belajar secara terstruktur, mungkin tutorial2 berikut ini akan membantu (silakan disesuaikan dengan panel pilihannya):


Atau bisa mulai telusuri dari halaman berikut:


Selain langsung terjun mempelajari sendiri semuanya, bisa juga coba minta pendampingan dari teman2 yang sudah lebih dulu menjalankan bisnis atau memelihara server2 shared hosting secara harian. Ini bisa mempercepat proses belajar dan lebih terarah hasilnya.

Semoga bermanfaat dan bisa membantu.
 

pluto01

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
tetapi saya kurang pengetahuan apa saja yang harus dibutuhkan dan dimana untuk mendapatkan yang saya butuhkan.
Jika boleh tahu, kurang pengetahuannya di system teknisnya atau di bagian persiapan infranya?
Jika yang dimaksud di system teknisnya, maka akan lebih baik tetap berjalan di reseller, seiring berjalannya waktu sewa satu VPS kemudian managed dan pindah satu dua account, pantau jika rasanya aman dan sudah menguasai teknisnyam, angsur-angsur perlahan migrasi

Namun jika kurang pengetahuan dari sisi persiapan infranya, maka coba ambil salah satu penyedia di DWH (atau dari tempat reseller sekarang) komunikasikan terkait layanan VPS atau dedicated server yang mereka sewakan. Jadi jangan Co-Location langsung karena akan berat di biaya nantinya (tapi jika dana tidak masalah lanjut). Karena jika Co-Location semua kebtuhan komponen backup itu urusan kita bukan penyedia layanan, belum lagi jika ada hitungan konsumsi arusnya. Tapi jika kita sewa dedicated server, tinggal pakai, ada kerusakan penyedia yang ganti.
 

Top