[curhat] Mohon agar lebih berhati2 dalam memilih vps murahan

Discussion in 'Keluhan Pengguna Jasa Web Hosting' started by idnix, 12 Jun 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. idnix

    idnix Hosting Guru

    Messages:
    1,003
    Likes Received:
    189
    Trophy Points:
    63
    malam,

    sebenarnya kejadian ini sebulan yang lalu, namun saya "tidak tahan" untuk posting kesini
    saya membeli vps dari salah satu provider yang menjajakan produknya disini
    dan akhirnya saya memutuskan membeli 1 vps iix pada provider tersebut

    namun setelah beberapa hari, beberapa domain saya tidak bisa di akses/ not found
    saya belum curiga, jadi saya coba selidiki lebih lanjut

    setelah ditelusuri, saya mengambil kesimpulan vps saya ini di "install ulang"

    akhirnya saya memutuskan bertanya kepada support mereka melalui ym (status ym kernel panic)

    saya: kernel panic? termasuk vps saya om?
    provider: ip vps bapak brp?
    saya: xxx.xx.xxx.xxx
    provider: harusnya lancar pak, sebentar kami cek
    saya: saya gk ada ganti password, disitu ada 5 website, mati semua
    provider: wew, ini saya lihat online
    saya: ada salah install vps? kesemua server tersebut tidak bisa di akses
    provider: sebentar saya tanya admin yang lain,
    provider: oh ya pak, kemarin ada kernel panic

    dan banyak lagi setelah percakapan bertele2 tersebut

    kemudian saya minta vps saya di restore sesuai dengan perjanjian yang mereka buat yaitu

    Menggunakan RAID10 active mirror untuk mencegah terjadinya kehilangan data akibat harddisk rusak.

    namun apa dikata, saya malah diajari "untuk backup" server saya sendiri yang sepertinya kernel panic adalah salah client. padahal sebelum membeli, provider bilang bahwasanya ini adalah server baru

    yang parahnya, provider terkesan tidak "share" dengan pelanggan dan tidak memberikan solusi
    dan hanya memberikan akumulasi "refund" dengan catatan saya "terima" kehilangan data-data 5 website saya

    disatu sisi, kondisi saya sedang sibuk dengan urusan keluarga selama beberapa pekan

    sekian curhat saya, jika om2 dan tante2 butuh screenshot dan lampiran lainnya. saya siap mempertanggung jawabkannya
    kesemuanya sudah saya simpan hingga sekarang

    biarlah ini menjadi pengalaman saya, dan berhati2lah memilih vps/ server
     
    WidigdoNetwork and PusatHosting like this.
  2. junior riau

    junior riau Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,229
    Likes Received:
    515
    Trophy Points:
    113
    tunggu dulu, ini yang kernel panic di vps nya apa di server induk??
    kalau di server induk seluruh vps didalam nya pasti kena, kalau di vps mas saja ya itu memang malfunction dari vps masnya, bukan server induk,
    oh iya soal raid 10 active mirror dengan restore backup itu beda kalau g salah,
    raid active mirror itu jika salah satu harddisk rusak, vps tetap bisa jalan karena data nya di mirroring ke 3 hdd lagi, jadi pergantian hdd ke 4(yang rusak) tidak menyebabkan downtime, raid cuma untuk redundancy data,
    CMIIW kalau salah yah
     
    anggota baru and erawanarifn like this.
  3. dhanikris

    dhanikris Poster 2.0

    Messages:
    118
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Terimakasih atas share pengalamannya....
     
  4. arieonline

    arieonline Expert 1.0

    Messages:
    886
    Likes Received:
    127
    Trophy Points:
    43
    1. [soal backup]
    sy biasa order vps murah meriah dari promo di LEB/LET, dan mereka menyebutkan di TOS nya backup adalah tanggung jawab client
    so, sy selalu routine remote backup setiap jam 11 malam ke vps lain

    nah skrng anda cek TOS nya, itu backup tanggung jawab siapa?

    2. [soal kernel panic]
    ini yg panic node or vps anda?
    klo node biasanya data2 vps masih aman
    klo vps anda, dan anda order vps unmanaged, seharusnya ini bukan menjadi tanggung jawab provider

    3. [soal raid]
    raid ini berfungsi jika ada salah satu hdd rusak, system tetap berjalan. namun klo masalahnya karna file dihapus/vps corrupted, raid tidak dpt berbuat apa2

    begitu kira2 pengalaman saya order vps murah meriah
     
    drupadi likes this.
  5. drupadi

    drupadi Apprentice 1.0 Web Hosting (Company)

    Messages:
    213
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    untuk kernel panic ini harus di perjelas, kernel servernya atau vpsnya.
    Kalau vpsnya di oprek2 sendiri edit2 fstab atau delete /boot atau / ya salah sendiri, tapi kalau node servernya itu perlu di pertanyakan.
    RAID 10 bukan berarti tidak akan kehilangan data, tapi cuma cara saja untuk meminimalisir hardware rusak, sehingga bisa cepat diganti tanpa down.
     
  6. dhyhost

    dhyhost Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,940
    Likes Received:
    614
    Trophy Points:
    113
    untuk backup kita tidak bisa berharap penuh pada provider, walalupun si provider mempunyai backup, bencana bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja...
    alangkah baiknya kita mempunyai backup sendiri...

    kalau vps sudah diinstall ya data sudah hilang semua, raid10 untuk "mencegah" kehilangan data, bukan untuk menyimpan backup data...
    CMIIW
     
  7. idnix

    idnix Hosting Guru

    Messages:
    1,003
    Likes Received:
    189
    Trophy Points:
    63
    node servernya mas.. mas ada2 aja, logikanya darimana dasar provider bisa tau klo vps saya malfunction atau mengalami kernel panic tanpa saya yang memberitahukan?. toh vps saya KVM :D

    saya juga tau soal ini mas, seperti yang saya bilang pada post pertama
    saya gk menyalahkan provider, makanya saya "blur" ini posting dan saya jadikan pengalaman saya dalam memilih vps

    nodenya mas..
    itu dia maksud saya mas, saya mempertanyakan "kesiapan" si provider dalam membangun server vps tersebut
    saya sendiri pernah mengalami kernel panic (KVM tandem virtualizor) justru saya sendiri memberikan log terperinci kepada client
    dan hanya vps windows yang tidak bisa di restore



    mas arie,
    pada ketentuan tos tertulis seperti ini

    Anda bertanggungjawab penuh untuk melakukan backup atas masing-masing data web, backup yang dilakukan semata-mata untuk keperluan internal.

    namun ketika saya bertanya kepada mas arie (anggaplah mas arie sbg providernya),
    keperluan internal seperti apa yang dimaksud mas??

    seperti yang saya sebutkan jg pada post pertama, kejadian ini terjadi setelah saya baru berlangganan sekitar 2 minggu. dan tidak bisa online dikarenakan ada kesibukan

    2. sudah dijawab pada diatas mas, node
    3. terima kasih atas sarannya mas
     
    Last edited: 13 Jun 2014
  8. junior riau

    junior riau Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,229
    Likes Received:
    515
    Trophy Points:
    113
    oh noden ya toh ya kena semua sih
    terus itu minta restore sesuai perjanjian, berarti ada layanan backup ya vpsnya
    tapi tetep sih backup tanggung jawab client
     
  9. BennyKusman

    BennyKusman Hosting Guru DWH Guardian Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,234
    Likes Received:
    239
    Trophy Points:
    63
    kasus yang sulit juga..
    ini jadinya, masi bisa login pakai pass root yang lama ?

    bisa jadi juga, backup file nya corrupted...
    tapi kalau TOS berkata "bertanggung jawab penuh", pihak provider juga tidak bisa dipersalahkan..
     
  10. deRegen

    deRegen Apprentice 1.0

    Messages:
    313
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    mas @pocarisweat jangan pernah mempercayakan 100% backup data anda ke satu provider.
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...