Lima Inovasi Dalam Pemakaian Kamera Smartphone

Discussion in 'The Cafe' started by Tirah Wawas, 14 Jul 2016.

Tags:
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Poster 2.0

    Messages:
    130
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Ada begitu banyak kegunaan yang anda bisa aplikasikan pada kamera smartphone anda selain mengambil foto selfie dan foto keluarga. Kamera ponsel anda dapat digunakan menjadi alat yang sangat bermanfaat. Berikut adalah lima cara untuk mulai meningkatkan penggunaan kamera ponsel dan kehidupan digital anda.

    1. Memindai dokumen

    Anda dapat menjadikan kamera smartphone sebuah mesin scanner dokumen yang portabel. Dimana saja anda bisa memindai kontrak, dokumen, kwitansi, kartu nama atau apapun yang anda perlukan dan merubahnya menjadi format digital. Setelah itu anda juga dapat mengirimkan hasil scan melalui email atau teks, atau mengekspornya menjadi PDF dan JPG file.

    Pada iPhone dan iPad dapat menggunakan aplikasi Evernote dimana aplikasi ini akan secara otomatis memutar, memotong, dan menyesuaikan gambar sehingga hasil scan dapat mudah dibaca. Jika Anda menggunakan perangkat Android, aplikasi Google Drive telah menyediakan fitur pemindaian.

    2. Membaca data barcode

    Ketika anda sedang berbelanja dan bertanya-tanya apakah anda akan mendapatkan penawaran yang baik, ambil smartphone Anda. Lupakan melakukan pencarian melalui Google. Gunakanlah kamera ponsel untuk memindai gambar barcode untuk mendapatkan informasi detail dari produk tersebut.

    Barcode pada sebuah produk menyediakan segudang informasi. Selain detail produk, informasi harga dari toko online dapat ditampilkan dalam format yang mudah dicerna. Sehingga, anda akan melihat siapa yang benar-benar menawarkan harga terbaik.

    Aplikasi yang cocok untuk iOS adalah Quick Scan dan ShopSavvy Barcode serta QR Scanner untuk Android ketiga aplikasi ini menawarkan rangkuman yang cukup luas untuk hampir semua produk yang tersedia.

    3. Penterjemah Bahasa

    Apabila anda seorang wisatawan internasional maka anda akan menyukai penggunaan dari kamera smartphone ini. Apakah anda pernah mencoba untuk membaca menu asing, papan informasi untuk pengunjung tapi tidak mengerti apa maksudnya, maka penggunaan kamera ponsel sebagai penterjemah bahasa akan memudahkan anda.

    Anda hanya perlu mengarahkan kamera ponsel pada tulisan yang ingin anda terjemahkan dan aplikasi Google Translate secara ajaib akan mengubah bahasa asing ke dalam bahasa pilihan Anda. Melihat kata-kata berubah secara real time terasa seperti sebuah adegan di filem fiksi ilmiah.

    Saat ini Google Translate mendukung 29 bahasa yang dapat diterjemahkan menggunakan kamera. Ia juga menawarkan terjemahan pidato instan untuk 32 bahasa dengan menggunakan pengenalan suara. Google Translate tersedia untuk iOS dan Android.

    4. Mengawasi bintang

    Seberapa sering anda melihat ke langit malam dan bertanya-tanya apakah itu cahaya terang berasal dari sebuah planet atau bintang. SkyView untuk iOS dan Android dapat menjawab pertanyaan anda tersebut.

    Dengan menggunakan augmented reality, aplikasi ini menggunakan kamera ponsel anda untuk melihat benda-benda di langit. Cukup arahkan kamera ponsel ke sebuah titik di langit, maka SkyView akan memandu menjelajahi konstelasi, galaksi, dan bintang. Bahkan satelit buatan manusia dan lokasinya. Anda juga dapat menggunakannya untuk melacak lokasi matahari dan bulan pada tanggal yang tentukan, baik itu pad masa lalu ataupun masa depan.

    5. Mencari restoran

    Apakah Anda tahu bahwa aplikasi Yelp memiliki fitur augmented reality yang disebut Monocle?

    Dengan menggunakan kamera ponsel serta kompas, fitur Monocle Yelp akan menandai restoran dan bar yang ada di sekitar daerah anda. Dengan menggunakan fitur ini maka anda akan menemukan restoran yang sesuai dengan selera anda. Seperti biasa anda juga akan dapat membaca review dari Yelp dan informasi detail lainnya.

    Hal ini bermanfaat apabila anda sedang jalan-jalan dan ingin mencari tempat yang tepat untuk makan. Cukup jalankan Monocle Yelp untuk mencari restorannya dan biarkan ia memandu jalan Anda.

    Bonus: Kamera Keamanan

    Anda dapat menggunakan kamera ponsel sebagai sistim pengawas mini. Mungkin anda perlu memantau laci tertentu, lemari obat, kotak perhiasan, ruang di tempat kerja anda, atau apa yang terjadi di kamar hotel saat anda sedang keluar.

    Ada aplikasi khusus yang akan menggunakan kamera ponsel sebagai system pengawas dengan sensor gerak, yang kemudian dapat menginformasikan anda melalui email atau teks. Bagi pengguna iPhone dapat menggunakan aplikasi Manything dan pengguna Android bisa mengunduh aplikasi Salient Eye.
     
  2. dhyhost

    dhyhost Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,939
    Likes Received:
    614
    Trophy Points:
    113
    jarang pakai kamera euy, hp cuma buat komunikasi >,<
     
  3. Yundar Setiawan

    Yundar Setiawan Apprentice 2.0

    Messages:
    476
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    yg pnting bisa buat selfi gambarnya bagus..xixixii
     
  4. lordi

    lordi Poster 2.0

    Messages:
    183
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    jarang pake kamera
    akhir akhir ini aja ada game AG, Pokemon GO ngahahahaha, jadinya kameranya kepake :D
     
  5. iidbae

    iidbae Apprentice 2.0

    Messages:
    449
    Likes Received:
    87
    Trophy Points:
    28
    Koreksi ah...

    Yang tepat Penerjemah Bahasa, bukan penTerjemah.
     
    pluto01 likes this.
  6. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Poster 2.0

    Messages:
    130
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Trims Tuan untuk koreksinya :)
     
    iidbae likes this.
  7. mlxjakarta

    mlxjakarta Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    1,104
    Likes Received:
    97
    Trophy Points:
    48
    bisa juga buat ngubah kartu nama jadi kontak telepon
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...