Tolong kasih saya backup data semua client


Status
Not open for further replies.

BennyKusman

Hosting Guru
Verified Provider
saya bisa mengerti kesusahaan owner corong.com yang sudah menempuh berbagai cara untuk recovery semua data2 client tetapi tidak berhasil, tapi apakah client saya mengerti kesusahaan saya ??


jika memang seperti itu apakah owner corong.com bersedia membantu saya untuk berbicara ( menelpon ) ke semua client saya bahwa data tidak bisa di selamatkan ( mempertanggung jawabkan ) ??

TOLONG KASIH SOLUSI PADA SAYA ?

apakah pas mas bicara sama pihak corong.com ada solusi ganti rugi material ?
 

tokohosting

Expert 1.0
saya bisa mengerti kesusahaan owner corong.com yang sudah menempuh berbagai cara untuk recovery semua data2 client tetapi tidak berhasil, tapi apakah client saya mengerti kesusahaan saya ??


jika memang seperti itu apakah owner corong.com bersedia membantu saya untuk berbicara ( menelpon ) ke semua client saya bahwa data tidak bisa di selamatkan ( mempertanggung jawabkan ) ??

TOLONG KASIH SOLUSI PADA SAYA ?

secara ini bukan kesalahan pada owner server.. owner server bahkan udah berusaha keras buat mengembalikan semua datanya, tapi hasilnya nihil, kecuali owner servernya cuek ya itu mungkin bisa...

Setiap klien memang diwajibkan untuk selalu membackup reguler data datanya.. sekarang gini, bos nya punya server sendiri full dengan klien bos, eh suatu saat ternyata HW failure juga dengan kasus diatas, bos mau menyalakan siapa? datacenter? datacenter kan cuman provider juga. Bagaimana misalnya ntar semua server baik server utama maupun server backup sama sama HW Failure? bagaimana kalau kasus ini? padahal udah backup eh ternyata HW Failure juga. susah kan? apalagi yang tidak diduga lagi.

Tidak ada yang mengharapkan semua itu terjadi bos, salah satu caranya ya antisipasi. Saya pun demikian, saya menyuruh klien saya juga backup reguler sendiri meskipun saya juga menyediakan backup di server berbeda.. meskipun ada yang cuek ya saya sih fine fine aja, saya juga memberitahu terus..

coba bicara baik baik dengan klien, bahwa semua itu tanpa disengaja, klien pasti memaklumi...

yang tabah aja, buat jadi pengalaman :)
 

GriyaHosting

Expert 1.0
Mungkin bisa di flashback dulu, perjanjian awalnya bagaimana pada TOS nya, backup dicakup dalam layanan hosting atau tidak, jika tidak berarti tidak bisa disalahkan juga karena seharusnya client juga sudah tahu jika datanya tanpa backup dan dapat hilang sewaktu-waktu. Kecuali disitu disertakan fasilitas backup yang masuk pada layanan hostingnya, jika terdapat kasus seperti ini hoster bisa di tuntut habis-habisan.
Beda lagi jika client cuek dengan TOS dan ga mau tahu, bahkan melirik TOS pun ga mau. Jika hal seperti ini masalah tidak bisa diperpanjang lagi.
 

mubaroki

Beginner 1.0
biasanya masalah seperti ini ada kesalahan pahaman atau misscomunikasi. jadi kita harus ngomong blak-blakan biar kelar masalahnya.
 

cpserv

Expert 1.0
saya bisa mengerti kesusahaan owner corong.com yang sudah menempuh berbagai cara untuk recovery semua data2 client tetapi tidak berhasil, tapi apakah client saya mengerti kesusahaan saya ??

itu yang tadi saya sebut di post seblomnya. klo mau jujur ada 3 yang salah. corong salah karena ga punya inisiatif backup data server secara rutin, anda salah karena tidak punya backup secara rutin juga, pihak DC juga salah kenapa pas harddisknya rusak tapi diminta ngelakuin booting yg bener aja ga bisa (boot read-only)*, dan yg trakhir harus dilakuin apa kecuali pengertian satu sama lain? mungkin corong bisa refund semua biaya yg anda keluarin, tapi corong ga punya kewajiban untuk menelepon ke semua client anda buat bertanggung jawab sama semua kejadian yg ada (tersurat maupun tersirat belom pernah saya liat di Service Level Agreement manapun yang menawarkan hal seperti itu).


*) saya tau ini karena saya yg nyuruh corong minta DC buat booting read only harddisk yg "setengah" rusak itu.
 
Status
Not open for further replies.

Top