Website Penyedia Hosting Jangan Sampai Down

Discussion in 'Web Hosting' started by masiqbal, 7 Jan 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. masiqbal

    masiqbal Expert 2.0

    Messages:
    862
    Likes Received:
    249
    Trophy Points:
    43
    Masalah memang bisa terjadi kapan saja. Saya yakin tidak ada penyedia hosting yg tidak pernah mendapatkan masalah di salah satu servernya. Tapi sebagai penyedia, kita harus menghormati hak klien untuk bisa tetep menghubungi dan tahu apa yg terjadi.

    Berikut ini beberapa tips yg mungkin berguna:
    • Jangan meletakkan website dan billing/support system di server yg sama dengan client.
    • Jangan meletakkan website dan billing/support system di data center yg sama dengan client.
    • Gunakan layanan pihak lain yg jarang bermasalah (mungkin dari para raksasa), kalau "malu" ketahuan ada di mana bisa ditutup dengan layanan reserve proxy seperti cloudflare.
    • Kalau perlu clustering atau fail over.
    • BACKUP BACKUP BACKUP
    • Ini yg paling penting: Telp, HP, WA, BBM, Forum, twitter, FB harus tetep hidup.
    Mungkin suhu-suhu di sini ada yg berkenan mengoreksi atau menambahkan...
     
    Effendi, Pebri, SulisSoft and 2 others like this.
  2. FluidaWeb

    FluidaWeb Expert 1.0

    Messages:
    644
    Likes Received:
    85
    Trophy Points:
    28
    yang no 3 dan 4 blm melakukan, tp sdh membuat clone diserver lain agar bisa sewaktu2 ganti pointing ip jika yg utama down
     
  3. sentabi

    sentabi Expert 1.0

    Messages:
    681
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    yang lebih penting informasikan ke client perihal downtime dan estimasi waktu down. Ga ngaruh semua media sosial dipake, kalo ngga dijawab juga :D. Biasakan jangan kebanyakan media untuk menghubungi cukup 1-2 Twitter atau email/fb biar lebih terkordinasi
     
  4. dhyhost

    dhyhost Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,921
    Likes Received:
    612
    Trophy Points:
    113
    1 dan 2 seharusnya sudah cukup untuk menjaganya, karena yang terpenting web billing/support jangan sampai down bersamaan dengan server produksi...
     
  5. SulisSoft

    SulisSoft Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    1,262
    Likes Received:
    361
    Trophy Points:
    83
    Yang paling penting dari semua poin adalah yang terakhir. Website dan billing tetap on. Tapi kalau komunikasi terputus, tiket, bbm, SMS gak dibalas. Ya repot deh :D
     
  6. pangeran1995

    pangeran1995 Hosting Guru

    Messages:
    1,352
    Likes Received:
    105
    Trophy Points:
    63
    jika memang kenyataannya adalah website dan billing down
    usahakan HP jangan mati :D
    apa lagi facebook untuk update di fanspage
     
  7. bmumu

    bmumu Apprentice 1.0

    Messages:
    361
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    28
    Point #4 yg wajib di cluster fitur apa saja pak / bu

    Maap jika pertanyaannya kurang bermutu
     
  8. Pencari_Ilmu

    Pencari_Ilmu Expert 2.0

    Messages:
    825
    Likes Received:
    109
    Trophy Points:
    43
    pakai cloudflare juga masih bisa dilacak kok real ip nya
     
  9. galuh82

    galuh82 Hosting Guru Web Hosting (Company)

    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    186
    Trophy Points:
    63
    kenapa mesti malu pake jasa pihak ketiga apalagi berbayar .. lebih malu lagi kalau site sama billingnya nggak bisa diakses hehe

    nice share .. good topics :)
    lanjutkan ..
     
  10. junior riau

    junior riau Hosting Guru Web Hosting

    Messages:
    3,227
    Likes Received:
    514
    Trophy Points:
    113
    intinya sih 3
    pemisahan server, backup data, komunikasi (gak perduli mau 1001 dalmation cara) ;)
     
    Pebri likes this.
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Loading...