Msh juga dpanjangin yak....
1. Saya tidak cocok dng kalimat seolah" vps murah dan unmanaged itu ya begitulah performa nya dan ibarat "rasain deh loe". Aye pake vultr 3USD aja ga pernah error sampe rontok apalagi kata failure dsb pemakaian 6bln bbrp thn laloe (sekedar contoh).
2. Saya rasa kata force majeur kurang tepat diaplikasikan ke persoalan ini (versi saya), mungkin sebaiknya ditanyakan ke ahli yg sudah yaa bersertifikasi atau dikenal luas apakah kondisi yg tjd layak dikategorikan atau dinyatakan demikian?
3. Kata layanan unmanaged/managed memang tdk menjamin layanan mulus lancar di kedua belah pihak si konsumen dan penyedia jasa, ini dr pengalaman saya.
4. Klopun itu vps sudah gone with the wind, msh ada cara khusus untuk cari sisa datanya (data apa saja di disk server tsb, pakai metode H....N disc itu, tp harus dilakukan langsung on the tkp Krn butuh akses ke disc dan itu sama juga harus cabut itu disc dr server agar proses bisa berjalan di komputer lain, segala macam "shadow files" bisa dicari pakai software itu asal kondisi disc (internal) msh joz) tp ini ya sama aja bikin rugi penyedia jasa Krn harus mencabut itu disc dr operasionalnya dan Krn pertimbangan ini saya rasa ga ada penyedia jasa mau kasih jalan ini krn rugi donk (kecuali sudah ada penunjukan atas dasar hukum dipaksa diminta dilakukan). Aparat kita punya software dr negara XXXXX itu bisa recover data walo kata vps udah destroy segala aya (ga usah tanya saya tau drmn).
5. Dr si konsumen neh, jadi ini thread panjang lebar.... singkat aja yang diinginkan dr thread ini kepada pihak penyedia jasa, LEBIH SPESIFIKNYA APA? Saya memahami kondisi anda atas kehilangan data n kerugian yg dialami pasti berat scr mental waktu, materi sampai trust ke klien (saya pernah dkondisi itu walo bukan ranah hosting).
6. Dr perspektif hukum, walau itu layanan unmanaged dan si konsumen rugi (atau kondisi spt itu baik langsung atau tdk langsung) itu konsumen msh bisa bawa ini ke ranah hukum, bisa pakai digugat wanprestasi (salah 1nya) atas layanan yang diberikan atau dibelinya dan 2 pasal pendamping nya juga bisa (ga usah disebut biar ga makin panas). Saya ga mengompori bung!! Ini hanya keterbukaan dr segi hukum.
Saran saya, sebaiknya konsumen dan penyedia jasa bertemu langsung scr fisik dng protokol kesehatan yg terjaga, diskusikan maunya apa! Mau baek² dan iklas menerima ya silahkan, msh tarik tambang sampe masuk jalur hukum ya itu pilihan masing².
Disini hujan, adem, kopi abis, ayam dah pada bangun. aye balik kandang ayam dulu.