salah satu fungsi backup ya jaga-jaga untuk kejadian seperti ini
secara formal sih provider nya tidak bisa disalahkan
tapi alangkah baiknya kalo lebih santun dan mengupayakan solusi yang ....
Siap terima kasih atensinya Pak...
salah satu fungsi backup ya jaga-jaga untuk kejadian seperti ini
secara formal sih provider nya tidak bisa disalahkan
tapi alangkah baiknya kalo lebih santun dan mengupayakan solusi yang ....
vps yang digunakan vps manage kah?
apakah sudah di info kenapa bs boot failure?
Kalo yg saya lihat dari case nya, dari pihak penyedia layanan merekomendasikan untuk di migrasi, tapi saat migrasi failed. Lalu belum di informasikan kenapa penyebab boot failure nya, terus baku hantam di sini karena tidak ketemu solusinya.
dari sudut pandang saya:
1. Penyebab inti dari boot failure, harusnya diberitahukan kepada pihak customer, karena yg meng-inisiasi migrasi adalah dari pihak penyedia layanan.
2. Kalo penyebab data loss, sebenarnya karena proses migrasi, bukan karena layanan yg tiba2 error (hardware failure). Kalo data loss karena kesalahan pengguna, sepertinya gak elok komplain ke penyedia layanan. Belajar dari pengalaman ibox, kalo ada resiko kehilangan data karena service, pasti di info dan pelanggan diminta untuk melakukan backup.
3. Terlepas dari semua itu, semoga ada win-win solution dari masalah ini ya
---------------------------------------------------------------------------------------
Ngeri juga ya baru pertama kalinya saya lihat ada provider yang langsung nyuruh lapor polisi cuma untuk masalah yang sebenarnya bisa dikomunikasikan seperti ini. Bahkan ada banyak kasus yang lebih parah dari ini gak sampai segitunya. Dari awal sepertinya memang sudah ada indikasi untuk cari siapa yang benar atau salah bukan cari solusi dari pihak tersebut.
Saran untuk Tuan @Tokowebpedia jangan terpancing emosi dari pihak provider untuk lanjut ke ranah hukum hanya karena masalah gak seberapa ini. Gak sebanding dengan usaha, waktu dan repot urusan nanti ke depannya. Cukup dengan blacklist provider tersebut dan jangan rekomendasikan layanannya ke klien atau komunitas Tuan.
Pahit memang tapi jadi pembelajaran berharga.
Bad Marketing at its finest.
Jika tetap dihiraukan dan tidak ada mekanisme mengatasi masalah, maka emblem, maskot, atau badge "PT Provider Abal-Abal" sepertinya sudah cocok dan tepat ditaruh di bagian footer web agar terlihat lebih menarik
Migrasi itu dah completed dan ticket closed as per Friday 4th March at 09:50. Jadi seharusnya bukan migration issue.
Seluruh layanan VPS Herza adalah UNMANAGED.
Karena sudah dirasa rugi, jadi dari kami memberikan solusi untuk migrasi VPS saja, dan mereka melakukan migrasi VPS. tapi beberapa jam di cek ternyata normal. lalu kami melakukan penginstalan service CLOUDLINUX di tanggal 5 maret 2022.
namun pada pagi hari tadi beberapa klien kami melakukan komplain mengenai websitenya yang error. Gile bener pas dicek ternyata VPS down, lalu kami menghubungi pihak herza.id dan mereka mengatakan bahwa VPS crash dan semua file VPS sudah terhapus.
nah coba om kasih bukti ini dari awal.. jadi kita semua gak spekulasi sama penyebabnya.. kalo perlu upload bukti logs dari virtualizor juga om.. logs migrasi, terus power up, power down, dsb..
berarti dari sisi Herza, migrasi & copy berhasil, dan VPS berhasil di boot ya? sempet di crosscheck juga gak sama engineernya? bisa di SSH atau tidak?
dari sisi om @Tokowebpedia gimana? bisa SSH gak setelah migrasi?
kita semua jg ngerti kali om. hampir semua VPS di indonesia majority unmanaged.. tapi kalo ternyata ada issue/error dari sisi hypervisor/virtualizor, at least minta maaf dan jelasin lah om.. kalo perlu ditelfonin customernya jelasin kenapa bisa error..
Rebuild OS tgl 1 dilakukan client bisa di konfirmasi melalui log berikut (bagian bawah)
Kemudian problemnya mulai sewaktu customer mau reboot per tgl 7 pagi kemaren. Sepertinya habis upgrade atau config sesuatu kali sampai harus reboot. Dan masalahnya start disitu.
Yang kami blok biru ada IP server WHMCS kami.