Pengalaman kecewa dengan PANDI


Status
Not open for further replies.

michael

Apprentice 1.0
Kayaknya, karena adanya protes dari rekan-rekan dibuat jalan tengah dan sudah ditetapkan aturannya begini:


Ketentuan masa peralihan :

- Pengelolaan domain yang sudah terdaftar tetap dapat dilakukan di PANDI hingga masa berlaku domain tersebut habis.
- Domain yang habis masa berlakunya setelah 31 Desember 2012 harus melakukan transfer ke salah satu mitra PANDI selambat-lambatnya 10 hari sebelum habis masa berlaku dan melakukan perpanjangan masa berlaku domain pada mitra PANDI tersebut.
- Transfer domain tidak dikenakan biaya apapun. Transfer akan dikenakan perpanjangan minimal 1 (satu) tahun dengan biaya normal pada mitra PANDI. Apabila masa berlaku domain masih panjang, silakan lakukan transfer menjelang masa berlaku domain Anda berakhir.
- Biaya perpanjangan nama domain setelah 31 Desember 2012 mengikuti biaya yang ditentukan oleh masing-masing mitra PANDI dan dapat berbeda-beda jumlahnya.

Sayangnya, DigitalRegistra sudah terlanjur mempublish transfer tanpa biaya (sebelum 4 Oktober 2012) sebelum aturan terbaru itu terbit (18 Oktober 2012).
Jadi, ini kesalahan utama PANDI yang tak jelas menyampaikan infonya dan berubah-ubah, bukan AtriumHosting maupun DigitalRegistra.

Mulanya PANDI mengharuskan transfer domain ke registrar sebelum 31 Desember 2012, tapi karena kebijakan transfer berubah dan diprotes end user dan registrar, maka yang masa aktifnya masih panjang boleh tetap stay di PANDI sampai 10 hari sebelum expired. Akan tetapi kebijakan transfer sudah ditetapkan harus disertai perpanjangan minimal 1 tahun.

Kesimpulan: Nggak usah transfer dulu deh kecuali bila mau sekalian perpanjang.



Kalau yang mengajukan transfer tanggal 4, DR nggak motong deposit kok dan dapat email begini:


Kami beritahukan bahwa telah terjadi kesalahan sistem di sisi PANDI yang menyebabkan domain - domain transisi (transfer tanpa perpanjangan) dianggap diperpanjang. Kesalahan tersebut menyebabkan tidak sinkronnya data WHOIS dengan data billing yang sesungguhnya.
Hal ini disebabkan karena pada saat memproses transfer, PANDI belum mematikan auto-renewal pada setiap proses transfer.

Berikut adalah list domain - domain milik user Anda yang telah tertransfer ke Digital Registra dan mengalami penambahan masa aktif selama 1 tahun dalam data WHOIS :
michael.web.id
Tanggal expire WHOIS : 2015-09-03
Tanggal expire billing : 2014-09-03
michael.or.id
Tanggal expire WHOIS : 2015-10-01
Tanggal expire billing : 2014-10-01


Tanggal yang akan digunakan sebagai tanggal expire yang valid adalah tanggal expire billing. Sehingga jika Anda melihat adanya ketidaksinkronan data WHOIS tentang tanggal expire kami persilahkan untuk mengacu pada tanggal expire billing yang terdapat pada SRS-X.

Akibat kesalahan tersebut, domain - domain yang tersebut di atas tidak dapat di renew langsung oleh reseller. Oleh karena itu jika Anda ingin melakukan renewal terhadap domain - domain tersebut, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].

Karena kesalahan tersebut, untuk sementara waktu kami menutup transfer transisi (transfer tanpa perpanjangan) hingga ada pemberitahuan lebih lanjut dari PANDI mengenai masalah ini.

Demikian informasi dari kami. Kami mohon maaf atas kesalahan tersebut meskipun berada di luar entitas sistem kami.

Jabat Erat,
 

digitalregistra

Poster 2.0
Dear All,
Kami merasa harus melakukan klarifikasi terhadap masalah ini karena kami adalah pihak yang terlibat atas kesalahan - kesalahan tersebut.

Saya lebih memilih untuk tidak mengatakan siapa yang salah karena memang kondisi kebijakan PANDI yang tidak konsisten. Sementara kita tahu bahwa meskipun kebijakannya tidak konsisten, PANDI adalah pihak yang paling sulit menerima kritik ketimbang Atriumhosting maupun Digital Registra.

Kami yakin bahwa Atriumhosting tidak akan dengan sengaja merugikan resellernya. Begitupun kami.

Sebenarnya kami menghilangkan fitur bulk transfer karena pada hari sebelumnya memang terjadi kesalahan di sisi sistem PANDI karena semua domain yang ditransfer memang diperpanjang oleh sistem. Akibatnya deposit kami di PANDI juga terpotong. Menindaklanjuti hal tersebut kami melakukan 2 hal :
  • Mengirimkan pemberitahuan kepada reseller tier-1 kami bahwa terjadi kesalahan sistem di PANDI
  • Mematikan fitur bulk transfer

Fitur bulk transfer adalah satu-satunya mekanisme yang sebenarnya kami tujukan untuk mentransfer domain secara massal tanpa disertai perpanjangan. Sedangkan fitur transfer normal (non-bulk), tidak memiliki opsi 0 tahun. Hanya ada opsi 1 dan 2 tahun saja.

Dengan begitu kami secara sistem sebenarnya telah mencegah adanya persepsi mengenai transfer gratis 0 tahun.

Beda kedua mekanisme transfer itu cukup jelas, dimana pada bulk transfer, invoicenya 0 rupiah. Sedangkan pada transfer normal invoicenya terbit sesuai harga jual.

Kami juga melihat bahwa sebenarnya Atriumhosting telah berusaha mencegah TS untuk melakukan transfer lagi. Namun nampaknya TS memang sudah terlanjur melakukan transfer sebelum mengkonsultasikannya dengan Atriumhosting.

Jadi rasanya memang judul thread ini kurang tepat. Atriumhosting telah melakukan apa yang bisa dilakukan untuk pelanggan / sub-resellernya. Dan secara sistem (SRS-X) memang fitur transfer 0 tahun ini telah dimatikan saat TS melakukan transfer.
 

adhitstar

New Member
@xphones benull
@jaapns iya mas biar dapat penceraahan dari hoster lainya biar plong gak bikin jerawat
@hostguin makasih semoga cepat jelas tapi gak bikin saldoku balik hehehe
@Fluida lagi lagi rakyak kecil yang kena getahnya
@PusatHosting maap masalahnya kenalnya cuma mas jaap aja jadi mas jaap yang kena getahnya
@galuh82 benul di perpanjang tapi sayangnya client gak memperpanjang jadi sementara jadi orang baik hati memanjangkan domain orang lain hihi
@BikinDesainSitus mudah mudahan pengalaman saya ini bermanfaat untuk yang lainya
@thebudiman benul sayangnya gak di perpanjang
@digitalregistra maskih penjelasanya
@members lagi buat roket biar mantab
 

1stserver

Hosting Guru
Verified Provider
Untuk menghindari korban berikutnya ... sebaiknya cari aman saja.
Jangan lakukan transfer kalau memang belum ada konfirmasi perpanjangan dari klien.

Kalau saya, saya kirim email penjelasan ke semua klien bahwa PANDI sudah menghentikan pendaftaran domain dan secara bertahap domain harus ditransfer ke Registrar dengan memberi LINK pengumuman PANDI. Sekalian dijelaskan bahwa setelah transfer maka klien akan mempunyai akses langsung ke control panel domain seperti domain .COM (bisa update NS, Contact Info, LOCK/UNLOCK, EPP Code, dll). Ini adalah added value yang bisa kita tawarkan ke klien untuk renewal domainnya lebih dini. Untuk domain yang memang 'digunakan' oleh klien, pada umumnya mereka tidak keberatan untuk transfer/renewal lebih awal, toh masa berlaku domain bertambah 1 tahun dari tgl. expired. Semoga bermanfaat .....
 

members

Poster 1.0
@1stserver saya sudah tanya di cs DR yang buat user bukan reseller bahwa untuk mendapatkan full Cpanel domain belum tersedia jadi harus kasih tau CS kalau mau ganti NS. kalau mengganti contact info , lock.unlock dll saya tidak tanya.
 

digitalregistra

Poster 2.0
@1stserver saya sudah tanya di cs DR yang buat user bukan reseller bahwa untuk mendapatkan full Cpanel domain belum tersedia jadi harus kasih tau CS kalau mau ganti NS. kalau mengganti contact info , lock.unlock dll saya tidak tanya.
Wah informasi menyesatkan tuh pak. Itu apakah lewat email atau apa ya pertanyaan itu dijawab?

System kami jelas mendukung 3 level user kok pak. User / registrant, Reseller, dan Sub-Reseller.
 

sigmabisnis

Hosting Guru
Verified Provider
rasa2nya jadi banyak lagi pengalaman baru lagi nih...
@TS, yup semoga kebaikannya memperpanjang domain org lain (yg blm jelas perpanjang/enggaknya)... mendapat balasan yg lebih baik pula... hehehe
 
Status
Not open for further replies.

Top