Selamat sore tuan,
Mohon share dan prosedur yang biasa tuan berikan ke klien seperti apa, jika ada kendala sengketa akun member area.
contoh kasus :
User B coba menghubungi user A minta akun login ke sistem billing kami untuk melakukan perpanjang dan upgrade layanan, dan akunnya tidak di berikan. Tapi user A ini masih tanggung jawab ke user B dengan memberikan kode billing untuk pembayaran.
Jika user B ini konfirmasi ke kami, ingin full akses dengan mengganti akun kepemilikan domain dan layanan hostingya prosedurnya biasanya seperti apa ya ?
Kami baru tahu ternyata user A ini vendor dari user B.
User A : aktif dan sering komunikasi dengan kami, jika ada kendala di webnya.
User B : baru hari ini hubungi kami, karena saat ada kendala di webnya. user A memberikan kontak kami ke user B untuk konsultasi langsung dengan kendalanya dan minta solusi.
Saya jg ada kejadian spt ini.
Jadi klien saya ni perusahaan, menugaskan 1 karyawan mrk utk urus domain n hosting selama bertahun-tahun. Nah perusahaan ini punya divisi atas nama perusahaan lain jg dihandle 1 karyawan ini jg, jadi ada lebih dr 1 nama perusahaan beda² kepemilikan akun hosting n domainnya maka invoice pun ditujukan per nama perusahaan tsb supaya jelas n adil.
Kadang ni karyawan berusaha menyetir cara kerja usaha saya dr minta semua akun pelanggan cukup 1 aja buat semua invoice perusahaan dsb, tp saya tentu ga bisa gtu donk itu salah n malah kelak nambah bingung pelacakan ini itunya.
Lalu pernah tuh Krn karyawan ini sibuk, ada login dr akun atas nama perusahaan lain tp ini akun kirim tiket bahasanya berbeda banget dr si karyawan utama, jadi saya curiga donk, maka permintaan via tiket saya cekal utk jaga². Ga berapa lama sekian hari kemudian karyawan utama login di akun pelanggan punya dia beritau bahwa kmarin ada karyawan lain kirim tiket pake akun pelanggan yg satunya kenapa ga dilayani? Saya berhak menolak jika timbul kecurigaan donk itu alasan saya.
So karyawan utama ini kemudian dia memberi penjelasan bahwa jika ada tiket di akun pelanggan lain harap dilayani, buat saya ini udah cukup sbg ijin resmi dr karyawan utama ini atas nama semua perusahaan tsb utk diberikan pelayanan dan dipenuhi jadi segala resiko milik mrk bukan dpihak saya.
Sjk itu ya saya layani per akun pelanggan per tiket,krn karyawan utama sdh konfirmasi ke saya sblmnya itu. Beda kalo samsek ga ada kejelasan info lalu tiba² ada pihak lain pake akun pelanggan lain minta bantuan d tiket ya saya berhak curiga n cekal demi keamanan layanan pelanggan.
Khusus utk domain ini blm saya serahkan penuh ke karyawan utama, Krn data domain itu atas nama perusahaan bosnya jg nama bosnya sbg pemilik kalo saya serahkan semua n kenapa² itu domain saya bisa kena masalah hukum, memang pada awal daftar karyawan ini yg dtugaskan membeli tp kan bukan berarti dia owmernya kecuali bosnya ngasih hitam diatas putih bahwa setiap domain yg ditransaksikan oleh karyawan saya ini maka ia berhak diberikan panel akses domainnya jg n brtggjwb atas domainnya. Jadi di t4 saya khusus perusahaan yg blm jelas nih bbrp hal, maka layanan saya pegang 100% sampe mrk beri saya kejelasan bahwa karyawan tunggal A diberikan hak penguasaan penuh atas aset layanan atas nama perusahaan saya.
Krn pernah kejadian nih, karyawan tunggal spt diatas daftar domain atas nama perusahaan tp dia pegang kendali panel domainnya, pas diberhentikan dr perusahaan ini karyawan ga beri itu panel domain ke bosnya nah si bos ini tau itu domain daftar d saya, kesal ke saya blablabla segala macam, ya saya berhak balas jg donk bahwa itu bukan tggjwb di usaha saya lg itu urusan anda dan karyawan anda.
Jadi dt4 saya klo domain itu utk perusahaan maka saya berhak minta data perwakilan sah dibuat d surat resmi kop resmi perusahaan mrk dtujukan ke saya bahwa karyawan kami berhak atas kendali semuanya. Kalo ga, maka khusus domain itu ga saya beri panel domainnya kecuali pendaftar perorangan.
Kenapa hosting ga gitu? Krn hosting saya pasti ada backup klo akun hosting perusahaan kenapa² oleh oknum karyawannya, saya bisa berikan backup ke bosnya dsb dng mudah, lah klo domainnya ikut diembat oknum karyawan? Ribet itu!