Forum Web Hosting No.1 Indonesia


pluto01
pluto01
Kalau saya pribadi tidak perduli selama spek sesuai paket yg diberikan terpenuhi dan saya tidak mengalami masalah akan hal tersebut
M
masiqbal
Mungkin pertanyaannya: Apakah pembeli perlu dikasih tahu (padahal dia tidak bertanya)? Menurut saya gak perlu, karena tidak semua pembeli ngerti detail teknis, ntar malah bingung.
Tapi kalau dia bertanya, ya dijawab aja sih. :113:
Milea Adnan
Milea Adnan
ikuti aja sunnah Nabi dalam berjual-beli. jangan jualan server dalam karung.
kasih semua informasi spek yg dimiliki.

jadi, pernyataan om @masiqbal mari kita balik :

"karena tidak semua orang itu buta dengan detail teknis"
M
masiqbal
Sepakat dg om @Milea Adnan utk ikut Nabi terutama bagi yg mengimani (asumsi tak semua member berkeyakinan sama).
Btw ini server utk apa ya? Karena DWH, asumsi saya utk layanan web hosting. Yg harus diinfo yg dibeli yaitu spek layanannya. Kayak layanan bis kota, penumpang gak perlu tahu detil spek bis asal nyaman selamat sampai tujuan sesuai "akad"nya.
Lalu apakah "semua informasi" perlu dikasih?
P
paijrut
di website pembuat bis nya pasti ada detail spec bis nya om.. rata2 sekarang spec bis juga di iklanin om.. bahkan di bikinin video youtube kok.. kan jd nambah pamor PO bis nya yg pakai bis tersebut..
M
masiqbal
Yg pasti diinfo yg terkait layanan misalnya rute, jadwal, pakai AC, jumlah tempat duduk. Yg diiklanin paling spek yg menarik aja om, hehehe. Kayaknya gak ngasih tahu semua detail teknis misalnya silinder mesin, diameter ban, rasio bahan bakar. Apalagi yg gak penting seperti lebar spion. Dan tidak semua perusahaan bis kota punya website. Misal Metromini, Kopaja, Mayasari bakti saya cari belum ketemu websitenya.
M
masiqbal
Menurut hemat saya, kalau itu bukan bagian dari "akad" maka tidak wajib tahu. Tapi kalau mau ngasih tahu ya gak papa juga, mungkin bisa jadi nilai plus. Misal merek dan jenis processor biasanya bukan bagian dari kontrak layanan shared web hosting, tapi salah satu item di kontrak layanan dedicated server.
P
paijrut
pembuat bis nya om.. bukan PO nya.. PO nya tinggal sebutin bisnya buatan siapa tipe nya apa.. kalau ada penumpang pengen tau detail spec teknis bisa searching sendiri.. ibarat kata PO bis itu hosting nya, pembuat bis itu produsen hardware nya..
M
masiqbal
Oh iya betul, di website pembuat bisnya. Hehehe
P
paijrut
jadi kalau jualan server atau hosting ya paling ndak sebutkan spec nya walaupun cuma merk sama tipe yg dipakai.. pembeli mau cari detail spec teknis ya biar ke website produsen hardware nya.. bis aja gitu kok, ndak disembunyiin merk sama tipe bisnya.. hehe
M
masiqbal
Disembunyikan sih gak om, tapi perlu/tidak itu yg jadi satu pertanyaan. Dari sisi pembeli, ada yg merasa perlu ada yg tdk (bahkan walaupun secara teknis ahli seperti om @pluto01 tidak butuh). Kalau saya termasuk yg menganggap tidak perlu karena tdk masuk akad, kecuali kalau ditanya ya dijawab. Hehe.
M
megdi
Sebenarnya bukan masalah disembunyikan tidak.
Sebagai penjual kan yang penting dikasih tahu yang perlu diketahui user pada umumnya.
Kalau spesifikasi detail seharusnya user tanya ke sales/support saja.
M
megdi
Lagi pula,banyak kejadian ketika dikasih tahu detailnya, yang makin banyak tanya justru user awam.
Ini apa, itu apa,padahal semua informasi teknis itu sudah ada di internet. Kalau tanya misalkan cpu clock sekian bagaimana, ya user awam bisa tanya ke forum komputer/produsen hardware. akhirnya justru kita tambah kerjaan. Akhirnya bukanjualan hosting malah kaya jualan hardware.

Top