Agak sedih sih, kita yang bikin konten manual cape-cape dan fokusin SEOnya. Tapi situs-situs berita yang loadingnya lama, isi kontennya kurang rapih dan bahkan banyak yang copas malah tampil di page 1.
Jadi bingung sebenernya SEO yang dimaksud itu gimana sih. Kesannya jadi kaya "yang penting otoritas situsnya udah bagus konten mah belakangan"
Kalo saya melihatnya begini, pada dasarnya website dibuat dengan harapan ada pengunjungnya yang nantinya akan melakukan apa yang ditargetin, entah itu subscribe, beli produk dan jasa, sering berkunjung, dan sebagainya. Kalo dananya berlimpah, pemilik website bisa pasang iklan di mana-mana yang nantinya dapat memanggil pengunjung. Kalo website itu punya pengunjung rutin, nantinya juga akan dapat kepercayaan Google untuk dimudahkan terekspose. Saya pernah lihat ada 1 halaman website yang selalu muncul di halaman pertama Google tiap kali diketik
1 keyword (satu kata kunci) di bidang internet, padahal pengelolanya ga ingin halaman website itu muncul. Tapi berhubung tiap hari ada ribuan pengunjung valid (bukan bot) yang mengakesnya sepanjang hari, algoritma Google menganggap 1 halaman itu sebagai sumber informasi yang layak masuk halaman pertama ketika ada orang yang mengetik
sebuah kata dibidang internet tadi. Dalam hal ini, website-website berita besar bisa dibilang punya dana yang mumpuni untuk iklan plus punya basis pengguna yang menjadi pengunjung rutin, sehingga lebih mudah bisa masuk halaman 1 Google.
Maka saya melihat SEO itu sebagai pemberian kesempatan atau peluang untuk website baru, tidak punya dana besar, dan belum punya basis pengguna, agar juga terindeks dan ditemukan di halaman pertama Google untuk keyword yang dibidik. Jadi memang tak bisa dilihat sebagai persaingan yang murni didasari siapa yang paling bagus kontennya, melainkan ada faktor lainnya seperti basis pengguna tadi.