Pihak Hosting tau Password Client ??


Status
Not open for further replies.

Khaer

Beginner 2.0
pemilik server tidak bisa mengetahui pasti password yang digunakan untuk akun kliennya, namun dia bisa login/melihat isi akun tersebut menggunakan akses root,
untuk permasalahan role administrator yang menanangani ticket dll itu tergantung dari kebijakannya perusahaannya, menyusun struktur organinasi memang tidak mudah... tapi yang terpenting ini adalah bagaimana klien tidak dipersulit jika ada kendala...
buat apa banyak staff/banyak struktur bagian kalau ujung2nya hanya mempersulit klien
Terimakasih mas dhyhost atas penjelasannya.
Dalam kasus Saya, staf suport nya tau persis character password Saya. Mestinya mereka tidak bisa login ke akses root. Sang Super Admin (saya asumsikan sebagai Bigboss) tidak bisa menjamin bahwa setiap stafnya ga bakalan "neko-neko". Menyusun Struktur organisasi memang tidak mudah, tapi memberi tingkat kewenangan hak akses ke server, Saya rasa bukan hal yg sulit.
Pada saat client membutuhkan suport teknis, mereka bakalan kooperatif, ga keberatan memberikan data profilenya pada staf support untuk membantu menyelesaikan permasalahannya.
 

PusatHosting

Hosting Guru
Terimakasih mas dhyhost atas penjelasannya.
Dalam kasus Saya, staf suport nya tau persis character password Saya. Mestinya mereka tidak bisa login ke akses root. Sang Super Admin (saya asumsikan sebagai Bigboss) tidak bisa menjamin bahwa setiap stafnya ga bakalan "neko-neko". Menyusun Struktur organisasi memang tidak mudah, tapi memberi tingkat kewenangan hak akses ke server, Saya rasa bukan hal yg sulit.
Pada saat client membutuhkan suport teknis, mereka bakalan kooperatif, ga keberatan memberikan data profilenya pada staf support untuk membantu menyelesaikan permasalahannya.

Ini pakai layanan shared hosting atau Dedicated server ya?
 

Khaer

Beginner 2.0
Tahu atau tidak tahu pasword FTP, Provider hosting tetap bisa login ke akun hosting milik client.
Jadi ada problem apa ya? Apa Provider hosting mengambil data anda atau bagaimana?
Saya memakai Shared Hosting. Apapun layanan yang saya pakai, pihak hosting mestinya menyadari resiko memberi kewenangan pada semua orang untuk login ke akun hosting milik client. Kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pihak hosting juga bakal terkena dampak negatifnya, mungkin jauh lebih buruk dibanding kerugian yang menimpa client
 

sentabi

Expert 2.0
Saya memakai Shared Hosting. Apapun layanan yang saya pakai, pihak hosting mestinya menyadari resiko memberi kewenangan pada semua orang untuk login ke akun hosting milik client. Kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pihak hosting juga bakal terkena dampak negatifnya, mungkin jauh lebih buruk dibanding kerugian yang menimpa client

disini dibutuhkan asas saling percaya, walaupun cuma sedikit. kalo ngga percaya ke pihak hosting mending pindah.
untuk menghindari kehilangan data, ingat untuk nge backupnya juga.
 

pluto01

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
Apapun layanan yang saya pakai, pihak hosting mestinya menyadari resiko memberi kewenangan pada semua orang untuk login ke akun hosting milik client.
mungkin yg dimaksud adalah semua staff hoster tarkait yach pak karena jika dikatakan semua org sedikit ga mungkin karena itu artinya sama saja bunuh diri di sisi hoster.
Jika boleh tahu apakah ini hanya karena sebatas teams supportnya mengetahui akses akun hosting bapak atau ada hal lain contohnya ada data yg terhapus atau hal yg lainnnya yg sangat merugikan?
Karena seperti yg diinfo rekan2 sebelumnya, jika di shared hosting, jika teams supportnya punya hak akses sebagai root/admin maka tanpa mengetahui akses akun bapak mereka bs akses dari root/admin, dan juga jika yg pakai billing whmcs biasanya di profile akun client biasanya bisa dilihat passwordnya,
namun karena menjaga privasi pelanggan sebuah hoster tdk asal masuk ke akun hosting client kecuali jika diperlukan dalam hal troubleshoot dan itu biasanya ada diinfo ke client untuk minta akses kedalam, dan juga sebuah hoster tdk menginformasikan ke org lain akses akun client dan data clientnya,
Jadi, sebenarnya di shared hosting ini dasarnya saling menjaga kepercayaan, karena tanpa client hoster tdk berarti apa2 dan tanpa hoster jg client tdk bs ngehost webnya
Perihal struktur staff, ini ada hoster yg sudah punya banyak karyawan dan punya tugas masing2 sehingga punya level akses masing2 namun ada juga hoster yg masih berjuang sendiri sehingga semua akses dia yg layani, jd mungkin bs dipastikan jg hoster yg bapak gunakan skrg
Kecuali jika bapak menggunakan layanan dedicated server/co-location dan itu emang hanya bapak sendiri yang punya akses kedalam, hoster bs akses hanya jika bapak izinkan


CMIIW
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
mungkin bisa dijelaskan saja masalah yang terjadi, agar tidak ada salah paham...
 

Khaer

Beginner 2.0
mungkin yg dimaksud adalah semua staff hoster tarkait yach pak karena jika dikatakan semua org sedikit ga mungkin karena itu artinya sama saja bunuh diri di sisi hoster.
Jika boleh tahu apakah ini hanya karena sebatas teams supportnya mengetahui akses akun hosting bapak atau ada hal lain contohnya ada data yg terhapus atau hal yg lainnnya yg sangat merugikan?
Karena seperti yg diinfo rekan2 sebelumnya, jika di shared hosting, jika teams supportnya punya hak akses sebagai root/admin maka tanpa mengetahui akses akun bapak mereka bs akses dari root/admin, dan juga jika yg pakai billing whmcs biasanya di profile akun client biasanya bisa dilihat passwordnya,
namun karena menjaga privasi pelanggan sebuah hoster tdk asal masuk ke akun hosting client kecuali jika diperlukan dalam hal troubleshoot dan itu biasanya ada diinfo ke client untuk minta akses kedalam, dan juga sebuah hoster tdk menginformasikan ke org lain akses akun client dan data clientnya,
Jadi, sebenarnya di shared hosting ini dasarnya saling menjaga kepercayaan, karena tanpa client hoster tdk berarti apa2 dan tanpa hoster jg client tdk bs ngehost webnya
Perihal struktur staff, ini ada hoster yg sudah punya banyak karyawan dan punya tugas masing2 sehingga punya level akses masing2 namun ada juga hoster yg masih berjuang sendiri sehingga semua akses dia yg layani, jd mungkin bs dipastikan jg hoster yg bapak gunakan skrg
Kecuali jika bapak menggunakan layanan dedicated server/co-location dan itu emang hanya bapak sendiri yang punya akses kedalam, hoster bs akses hanya jika bapak izinkan


CMIIW
Saya memakai Jasa Hosting dari salah satu Provider terbesar di Indonesia (tidak ada dalam list) yg pastinya punya staff yg relatif banyak. Sejauh ini hubungan Kami sangat baik. Kami saling Percaya. Sampai suatu hari Saya mendapat fakta bahwa seorang team support dapat mengetahui password FTP Saya. Sebagai orang luar, Saya sangat terkejut. Saya masih mempercayai Sang Provider sebagai sebuah Perusahaan. Saya yakin mereka akan menjaga reputasi baiknya. Tapi siapa yang bisa menjamin kalo seluruh staffnya juga peduli pada reputasi perusahaannya. Kita tidak bisa tau watak asli seseorang. Terlepas kita saling percaya atau tidak, memberi hak akses penuh terhadap root client pada staf setingkat team support sangat riskan. Ada Potensi pelanggaran privasi client. Kalo sempat terjadi ... bukan client saja yang dirugikan, pihak provider-pun akan terkena dampaknya, bisa lebih buruk bahkan. Pemilik Provider dapat kehilangan harta dan kebebasannya.
Inti persoalan yang ingin Saya angkat adalah, Komunitas Hosting Provider mesti sadar untuk mengevaluasi kembali Roles yang berlaku di lingkungan kerjanya.
Ingat ... di dunia online, Informasi adalah segala-galanya. Kalo bisa dimanfaatkan dan menguntungkan ... kenapa tidak.
 

pluto01

Hosting Guru
The Warrior
Verified Provider
Oh baik pak Terimakasih banyak atas masukannya dan semoga bs jd pembelajaran buat kita semua,

sedikit info pada umum biasanya :
-->>sysadmin = full akses
-->>teamssupport = ada batasan hak akses (ga semua staff pada posisi dan yg punya hak akses ini hanya beberapa org saja)
-->>client
------------
client lapor---->> diterima teams support dan akan dicoba tangani semampunya sesuai levelnya, jika ga bisa akan diteruskan ----->> ke sysadmin yg punya skill dan level akses lebih,
Jika sudah maka sysadmin kembalikan ke----->> teams support dan teams support teruskan ------->> ke client hasil pengecekan,

nah biasanya org2 yg masuk ke kategori sysadmin dan teamssupport ini adalah org2 yg sdh dapat dipercaya oleh perusahaan itu sendiri yg dapat menjaga privasi client dan perusahaan itu sendiri.
Jika ada kendala maka akan mudah tracert sapa2 saja yg terlibat di dalamnya karena sdh ada level dan tugas masing2,


CMIIW
 

Khaer

Beginner 2.0
Oh baik pak Terimakasih banyak atas masukannya dan semoga bs jd pembelajaran buat kita semua,

sedikit info pada umum biasanya :
-->>sysadmin = full akses
-->>teamssupport = ada batasan hak akses (ga semua staff pada posisi dan yg punya hak akses ini hanya beberapa org saja)
-->>client
------------
client lapor---->> diterima teams support dan akan dicoba tangani semampunya sesuai levelnya, jika ga bisa akan diteruskan ----->> ke sysadmin yg punya skill dan level akses lebih,
Jika sudah maka sysadmin kembalikan ke----->> teams support dan teams support teruskan ------->> ke client hasil pengecekan,

nah biasanya org2 yg masuk ke kategori sysadmin dan teamssupport ini adalah org2 yg sdh dapat dipercaya oleh perusahaan itu sendiri yg dapat menjaga privasi client dan perusahaan itu sendiri.
Jika ada kendala maka akan mudah tracert sapa2 saja yg terlibat di dalamnya karena sdh ada level dan tugas masing2,


CMIIW
Terimakasih juga atas tanggapan positifnya terhadap masukan Saya.
Seballiknya pihak Hosting juga mesti memahami sudut pandang Client yang notabene orang luar yang tak mengerti aturan kerja yang berlaku di lingkungan kerja sebuah Hosting Provider.
Sebagai Client, begitu tau bahwa Staf Support dapat akses ke root hosting Saya dengan mudahnya dan tau password Saya, bagi Saya itu sudah keterlaluan.
Saya tidak mau tau bahwa sang Staf Support mendapat ijin dari Sys Adminnya. Bagi saya staf support adalah staf support. tidak semestinya dia dapat mengakses root hosting Cliennya. Kalau dia memang harus mengaksesnya, dia bisa meminta data hosting profile dari client bersangkutan. Client pasti mau bekerja sama, karena dia juga butuh bantuan.
 
Status
Not open for further replies.

Top