3 Hal Pentingnya Penggunaan Laporan Stok Barang untuk UMKM



JonathanBachtiar

Beginner 1.0
Laporan stok barang diperlukan bagi bisnis dengan gudang lebih dari satu, supaya lebih terstruktur dibandingkan laporan manual dari pegawai. Supaya mengetahui lebih lanjut tentang pentingnya penggunaan aplikasi/software inventory indonesia, yuk simak pembahasan di bawah ini ;

1. Memenuhi Ketersediaan Barang
aplikasi inventaris memungkinkan untuk menjaga ketersediaan barang agar para pengusaha UMKM tidak kekurangan stok barang, sehingga memutus kemungkinan terjadinya kerugian.
2.Memantau Tren Pasar
aplikasi inventaris sanggup memantau tren pasar dan juga mengikutinya sehingga mempermudah perputaran barang agar tidak menumpuk. Pengelolaan barang juga memungkinkan untuk menekan modal yang dikeluarkan, dan mengurangi resiko kerusakan barang.
3. Menjaga fluktuatif harga pasar dan menjaga kestabilan operasional usaha.

Manfaat Pencatatan Stok Barang
Pengelolaan stok barang yang baik dapat dilakukan dengan sistem pencatatan. Untuk usaha kecil biasanya sistem pencatatan dilakukan secara manual. Pencatatan stok ini bermanfaat untuk:
1.Mendapatkan informasi yang akurat terkait dengan nilai dan posisi persediaan. Ini akan sangat berguna untuk mengambil keputusan tentang jumlah dan waktu persediaan untuk memenuhi kebutuhan usaha Anda.
2.Menjamin keamanan persediaan dari kemungkinan kesalahan stok, kerusakan, penyelewengan, dsb.
3.Kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi karena sistem persediaan dikelola dengan baik.
Pencatatan stok barang ini dapat dilakukan secara manual atau komputerisasi. Namun, pencatatan secara manual seringkali menimbulkan masalah, seperti adanya selisih jumlah barang. Ketidakakuratan data ini tentunya akan menimbulkan kerugian usaha.
Software Stok Barang
Saat ini sudah banyak pelaku usaha yang menggunakan komputer dengan dukungan software inventory atau software stok barang untuk mengelola persediaan barang. Dengan demikian maka pencatatan mutasi dari tiap jenis persediaan yang ada digudang dapat dilakukan dengan mudah, meminimalkan resiko human error saat input data, dan pengawasan oleh manajeman dapat dengan mudah dilakukan sehingga mengurangi resiko hilangnya barang. Keberadaan software tersebut juga sangat membantu pengusaha dalam hal memonitor pembukuan, mengingat semuanya dilakukan dengan otomatis.
 
Last edited by a moderator:

Top