5 Besar Marketplace Indonesia Terbaik 2020


achbarfarizqy

Beginner 2.0
8.jpg

Marketplace Indonesia diprediksi akan semakin banyak peminatnya hingga beberapa tahun kedepan. Dan dipastikan ekonomi digital akan menjadi salah satu pilar utama perekonomian di Indonesia.

Marketplace adalah pasar, tempat, atau bisa juga disebut wadah melakukan transaksi jual beli secara online. Ibarat di pasar konvensional, marketplace ini sama dengan mal atau pusat perbelanjaan yang dipenuhi oleh para pedagang atau toko-toko dengan berbagai pilihan dan penawaran produk.

Di Indonesia sendiri, marketplace atau pasar online sudah sangat banyak dan beragam, kamu dapat memilih Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya. Walaupun sekilas semuanya terlihat sama, namun sebenarnya mereka memiliki bisnis model yang berbeda. Pilihlah yang sesuai dengan karakteristik produk atau jasa kamu, karena masing masing marketplace memiliki karakteristik tersendiri.

Berikut 5 nama marketplace yang masuk dalam daftar top marketplace Indonesia berdasarkan riset dari tim iPrice pada kuartal kedua 2020.

1. Shopee

Saat pertama kali Shopee meluncur di Singapura tahun 2015, perusahaan yang didirikan oleh Chris Feng langsung memperluas koneksinya ke negara-negara Asia Tenggara lainnya, termasuk Indonesia.

Saat ini di Indonesia, rata-rata pengunjung aplikasi Shopee menembus 93 juta lebih pengguna. Hal itu membuat aplikasi Shopee menjadi platform marketplace yang paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia.

2. Tokopedia

Saat ini aplikasi Tokopedia berada di peringkat kedua digeser oleh Shopee di persaingan marketplace Indonesia. Ini karena aplikasi Tokopedia hanya memiliki rata-rata 86 juta pengunjung. Dan peringkat aplikasi Tokopedia di layanan App Store dan Google Play berada di nomor 2 setelah Shopee.

Aplikasi yang didirikan oleh anak bangsa William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tahun 2009, memiliki andil besar dalam memajukan bisnis online dengan mengajak banyak perorangan dan pelaku usaha UMKM untuk memasarkan produk jualan mereka melalui Tokopedia.

3. Bukalapak

Pada peringkat ketiga marketplace Indonesia di duduki oleh Bukalapak. Rata-rata pengunjung Bukalapak adalah 35 juta pengguna, masih jauh tertinggal di bawah aplikasi Shopee dan Tokopedia.

Website marketplace yang pertama kali didirikan oleh Achmad Zaky ini sudah ada sejak tahun 2010. Pada awalnya, Bukalapak hanya toko online yang dibuat khusus untuk para UMKM untuk mulai merambah jualan di Internet. Dan sekarang Bukalapak mulai merambah menjadi marketplace dengan bermacam lini bisnis yang berbeda-beda.

4. Lazada

Pada peringkat keempat marketplace yang ada di Indonesia adalah marketplace yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada tahun 2012 yaitu Lazada. Saat ini rata-rata pengunjung Lazada di Indonesia adalah 22 juta pengunjung.

5. Blibli

Blibli berada pada urutan kelima sebagai marketplace terbaik di Indonesia saat ini. Website dengan dominan bewarna biru ini memiliki jumlah pengunjung mencapai 18 juta. Dengan tampilan website Blibli yang menarik, produk mereka kebanyakan berisi elektronik, gadget, home living, fashion, event, ticketing dan sebagainnya.

Itulah top 5 marketplace yang ada di Indonesia saat ini. Sekarang tinggal kamu memilih untuk berjualan menggunakan marketplace yang cocok untuk bisnis kamu. Atau kamu bisa saja menggunakan semua 5 besar marketplace tersebut.
 
Last edited by a moderator:

Dufa

Beginner 2.0
Cara mengetahui rata-rata pengunjung pakai apa ya? Kok tau pengunjung nya sampai 93 juta... :42:
 

AutoWebHost

Poster 1.0
krn sy punya toko juga di ijo & orens (br 2 tahun), jujur orens paling bnyk transaksinya br ke 2 si burung hantu, kl biru (no 5) ribet & pinaltinya besar jd sy tutup. si merah ga ad transaksi sm sekali , kl laz ribet input produk dan pencairan lama.. tp kl atitude, si ijo much better :41:
 

Top