Peraturan money guaranteed atau cash back 30 hari kaya gimana?
Kalo dalam 30 hari pelanggan ga puas bisa minta uangnya balik?
Ya tergantung kebijakan masing2 hoster.
1. Pelanggan tidak puas dalam hal layanan atau support.
2. Server yang sering down atau web tidak bisa diakses
3. Salah pemahaman si client bahwa di shared hosting dia mengira bisa bebas melakukan apa saja karena sudah membayar,
dll
Tapi pada umumnya kebijakan ini jarang terjadi karena masih banyak faktor lain..misal
1. Pelanggan minta bantuan support untuk coding script kemudian pihal support jelas tidak bisa membantu secara maksimal.
2. Web yang tidak bisa diakses belum tentu permasalahan terletak pada sisi server, bisa karena ISP atau justru scripting web client yang amburadul sehingga webnya tidak bisa diakses secara maksimal.
3. Kalau hanya dengan share hosting seseorang bisa memperlakukan server dengan semena mena maka tidak akan ada lagi yang namanya vps hosting.
Nah kalau dari 3 contoh diatas maka pelanggan tidak berhak meminta uangnya kembali, tapi dari sisi hoster kalau sudah mendapati client yang seperti ini dan dia tidak mau ambil pusing maka dari pada pusing nglayani client cerewet mending refund aja beres

Tapi ya tentu cara ini juga mempunyai efek lain.
Saya pernah membaca posting seorang administrator sebuah forum yang menjelek-jelekkan sebuah provider hosting yang bagi saya provider tersebut reputasinya sangat baik. si admin tadi marah2 lantaran domainnya tidak kunjung resolve ke acount hosting padahal dia sendiri yang tidak bisa mengarahkan name server panel domain ke server hosting, support tentu saja tidak bisa membantu terlalu banyak karena panel domain berada pada provider yang berbeda.
Lucunya adalah dia tidak mendapat full akses panel domain di provider yang lama justru tidak menyalahkan si provider lama tersebut malah menyalahkan provider hosting yang baru.