[ASK] pemula nih , sms gateway harus pakai modem hp y??



Status
Not open for further replies.

ver_lia

New Member
Mau bkin TA web komunitas . .
Tp sma dosennya disuruh tambah'in SMS gateway. .
SMS gateway harus pake modem hp ya??
Mohon bantuannya..
:help::help::help::help::help:
 

ekovirtua

Expert 1.0
teknisnya ga tahu gimana, tapi ada server ditempat saya SMS gatewaynya pake modem 3G yang USB
 

dpnux

Expert 1.0
iya, pakai hp yang dukung AT Command. Kalau punya HP dan kabel data di rumah, coba cari deh untuk devicenya kemungkinan besar bisa. Bisa via bluetooth atau kabel usb, yang jelas bisa komunikasi antara hp ama pc melalui COM port.

Saya tidak tahu pemogramannya pakai apa, setidaknya nanti ada istilah seperti PDU (Protocol Data Unit), konversi dari 7bit ke 8bit dan sebaliknya, dan beberapa AT command untuk baca dan kirim SMS.

Kalau mau pakai tool yang bantu tanpa ribet - ribet. bisa pakai SMSLib (java), ATSMS (VB.NET) atau Gammu (biasa dipakai di lingkungan OS berbasis linux).
 

epadicom

Apprentice 2.0
Verified Provider
gak usah pake modem aja, lebih murah pake Siemens SL45 + cabel data.
Siemens SL 45 = 300rb
Cable data = 150rb
 
Status
Not open for further replies.

Top