[ASK] Perbedaan Cloud dengan DRC


Status
Not open for further replies.

Dewaweb.com

Poster 2.0
Verified Provider
Cloud = teknologi komputasi awan sehingga beberapa server dan network resources bisa bekerja scr terintegrasi sbg satu kesatuan (pool) yang bisa di-scale up/down dgn mudah dan juga fully redundant, memiliki kemampuan quick/auto healing untuk memaksimalkan uptime.

DRC (disaster recovery center) = lokasi datacenter terpisah untuk failover ke sana kalau terjadi kegagalan pada primary location.

Untuk mendapatkan true redundancy, bisa menggunakan multi-location cloud dgn DRC tapi ini biayanya sgt mahal sekali dan dari sisi aplikasi juga harus support.

tolong dikoreksi kalau salah yah :D
 

idnix

Hosting Guru
Verified Provider
terima kasih om @Dewaweb.com atas penjelasannya. saya makin paham
 

khairilgunawan

Expert 2.0
Verified Provider
Bedanya yang Cloud itu sebutan teknologi Virtualization jaman now lah :D. Masih satu DC jadi seperti teknologi virtualization biasa tapi bedanya ketika ada satu Hypervisornya bermasalah dia bisa memperbaiki sendiri (auto healing) atau mengarahkan (failover) VM ke Hypervisor lain yang normal, juga adanya fitur - fitur lain seperti auto scaling dan lainnya pokoknya canggih deh.

Senada dengan @Dewaweb.com, DRC (Disaster Recovery Center) itu sebutan untuk strategi sebuah sistem yaitu dengan melakukan replikasi data servernya secara realtime ke server lain yang BERBEDA DATA CENTER biasanya sebagai backup kalau data center utama bermasalah (misal DC utama gangguan kelistrikan, kena bencana alam, kebakaran dan lainnya) jadi aplikasi / webnya diarahkan ke server yang berada di data center backup untuk menghindari lamanya aplikasi down / tidak dapat berjalan dan kehilangan seluruh data akibat server utama bermasalah.
Biasanya server - server bank pasti menggunakan sistem ini. Tapi biayanya sangat mahal.

Sebuah teknologi cloud computing bisa juga dibikin seperti DRC, kalau di OnApp namanya DRaaS (Disaster Recovery as a Service).

CMIIW
 

mitrahosting.com

Apprentice 2.0
berarti, antara DC utama dengan DC backup (sebagai DRC Site), terjadi sinkronisasi data secara realtime ya ?
misal sewaktu-waktu DC utama down karena mati lampu, maka data di DC backup sudah lengkap sampai dengan detik terakhir dan dapat ditugaskan sebagai DC utama begitu ?
 
Status
Not open for further replies.

Top