Berita Terbaru dari PANDI



Status
Not open for further replies.

idstudio

Apprentice 1.0
Merujuk pengumuman tentang Layanan Nama Domain tertanggal 28 Maret 2011, PANDI mendapat banyak saran dan masukan dari para mitra kerja dan anggota komunitas, yang intinya sebagai berikut :

Kebijakan Nama Domain, agar PANDI :
1.Tidak melakukan penjualan retail, atau dengan kata lain agar PANDI hanya menjalankan fungsinya sebagai Registry dan tidak lagi sebagai Registrar.
2.Ref. butir 1., menerapkan Sistem Registry – Registrar (Shared Registry System – SRS)
3.Membeli/menambah Control Box (EPP), atau API dan Aplikasi Billing WHMCS, untuk control domain yang pada hakekatnya adalah penerapan Sistem Registry – Registrar.
4.Mempermudah proses pendaftaran khususnya terkait dengan persyaratan upload dokumen ID pengguna Nama Domain (Registrant)
5.Memberikan diskon kepada Provider Hosting dan yang mendaftarkan lebih dari 10
6.Menggunakan sistem deposit, sehingga domain yang diapproved langsung diaktivasi
7.Meluncurkan domain .id (SLD) untuk "go International," sebagaimana trend yang akhir-akhir ini terjadi pada cc–TLD lainnya.

Basic Domain Operation, agar PANDI
1.Memberikan "step by step guideline" proses pendaftaran dan contoh isian formulir terkait pendaftaran Nama Domain pada situs PANDI atau Registry
2.Renewal dapat dilakukan setiap saat (tidak hanya 2 bulan sebelum expiry date)
3.Termijn Registrasi/Renewal tidak terbatas 2 tahun, tetapi bisa lebih lama (5/10 tahun?)
4.Peningkatan layanan approval dan aktivasi Nama Domain menjadi lebih cepat

Menanggapi berbagai saran/masukan yang baik, menyangkut Kebijakan Domain maupun Basic Domain Operation, PANDI akan melakukan pertimbangan secara seksama, mengingat konsekuensi bila diterapkan yaitu antara lain :
1.Perubahan pengelolaan Nama Domain dari model Single Point Registry System (SPRS) menjadi model Shared Registry System (SRS) atau Sistem Registry – Registrar
2.Peningkatan kapasitas dan kualitas Sistem Registry (berstandar Internasional) yang mendukung penerapan model pengelolaan SRS.
3.Usulan peluncuran domain .id (SLD), sesuai trend perkembangan yang telah diterapkan beberapa cc–TLD lain, perlu persetujuan regulator (pemerintah cq Kem Kominfo).

PANDI
Jakarta 3 Mei 2011
 

localhost

Apprentice 2.0
amiennnnnn dari sekian banyak point ada timeframenya nggak ya ? atau sudah ada yang terealisasi ?
 
Status
Not open for further replies.

Top