oh jadi maksudnya ip pengirim (operator) yang masuk blacklist sehingga ditolak sama smtp servernya pada saat mau kirim email. kalau saran saya ada baiknya ip tersebut di unblock / delisting mengingat banyaknya pengguna mobile dalam berkomunikasi dengan email, namun ada beberapa rules yang ditambahkan pada servernya misal :
- limit cc / bcc dalam sekali pengiriman
- user authentikasi
- antispam untuk outgoing mail
- dll
sehingga user tetap merasa nyaman dan server tetap aman
salam
Ehmmm
Sebenarnya begini ceritanya, anggap saja saya memiliki hosting dimana saya memiliki email account di situ (menggunakan webmail). Agar mudah melakukan komunikasi maka saya juga pasang email tersbut di HP saya dengan menggunakan SMTP.
Anggap saja saya menggunakan operator XL dan seperti yang kita ketahui untuk bisa konek ke internet, kita memerlukan IP dan kalau di HP, IP tersebut akan dikasih oleh operator (XL). IP tersebut tentunya shared dan sering gonta ganti kek speedy.
Sekarang kan banyak tuh orang2 menggunakan internet dengan menggunakan HP ataupun dijadikan modem sehingga ada besar kemungkinan IP tersebut diblacklist oleh Spamhaus dikarenakan ada yang melakukan spamming ataupun ulah virus.
Kebetulan saya mendapatkan IP yang gak bersih tersebut sehingga jika saya kirim email lewat HP maka akan kena bounce yang mengatakan IP saya (IP yang dikasih oleh operator XL untuk konek Internet) kena blacklist oleh Spamhaus. Dimana server si penerima email yang saya kirim tersebut mengaktifkan fitur proteksi email dengan melakukan filter via Spamhaus. Dan IP yang digunakan oleh hosting saya masih bersih.
Jika kita membaca source code email maka dibagian From akan tercantum IP yang lokal yang digunakan oleh kita untuk kirim email baik kita menggunakan PC ataupun HP/tablet
Nah, gak mungkin kita delisting satu per satu IP operator telekomunikasi donk karena banyak banegt jadi kira2 ada solusi gak buat handle masalah beginian karena ada klien saya yang mengalaminya.
Thanks