BPOM sebagai salah satu proxy spammer di Indonesia


Status
Not open for further replies.

erawanarifn

Apprentice 2.0
Hari ini saya menerima sebuah email spam, yang sangat aneh, yaitu alamat pengirim adalah salah satu email di domain saya ( info@ erawanarifnugroho dot com), dengan tujuan yang sama, yaitu info@ erawanarifnugroho dot com.

Karena sebelumnya saya masih memakai GoogleApps untuk menangani email yang masuk ke domain saya, saya kesulitan untuk melihat pengirim email spam tersebut. Lalu saya ganti lagi MX record saya ke default Cpanel. Dan akhirnya kena juga alamat spammer tersebut . Emailnya adalah : [email protected]

Setelah saya ganti MX Record, ternyata kembali saya menerima email, dari pengirim yang sama, yaitu email di domain saya. Lalu saya lihat log pengunjung website saya, dan menemukan salah satu IP, sebuah proxy, yang ternyata milik subdomain dari BPOM atau Balai Pengawasan Obat dan makanan di Indonesia.

Sub domain tersebut adalah rosy.pom.go.id, dengan IP : 118.97.48.185

Saya cari informasi di internet, dan akhirnya ketemu juga, bahwa ip tersebut masuk juga ke daftar proxy yang memang disediakan di internet untuk umum.

http://www.myiptest.com/staticpages/index.php/Free-Elite-Anonymous-Proxy-lists.html

Sungguh saya tidak paham, kenapa sebuah situs pemerintahan malah dipergunakan sebagai proxy umum. Mungkinkah ini adalah ulah salah seorang karyawan IT di BPOM? ataukah malah server BPOM dihack oleh seseorang?

Mungkin ada yang bisa memberi penjelasan, dan mungkin bisa menghubungi pihak BPOM? Karena seperti biasa, untuk situs pemerintahan, biasanya kurang diurus. Bahkan banyak email di situs pemerintahan adalah fiktif.
 
Status
Not open for further replies.

Top