Cara Akses Blokir Port 22 SSH dan Tidak Bisa Akses Login Panel AAPanel


mybloodiscoffee

Apprentice 2.0
Untuk rekan-rekan yang menggunakan aaPanel untuk manajemen hosting servernya, mungkin akan kejadian (bukan mendoakan ya) dimana anda lagi having fun untuk otak atik aapanel dan kemudian anda lupa mengatur Security - Turn on SSH pada posisi port ON lalu mungkin anda main ke settings dan coba pasang ssl untuk ip address anda tapi juga lupa seting domain untuk akses panel aapanel sehingga anda mendapatkan kondisi:

  1. Sama sekali tidak bisa mengakses halaman admin login aapanel baik via ip address atau domain baik via ssl atau non ssl.
  2. Sama sekali tidak bisa mengakses port 22 ssh (ini bener-bener stress).
Ada solusi mudah untuk itu.

Silahkan ikuti petunjuk ini:
  1. Akses penyedia vps yang anda gunakan. Pada kasus ini saya pakai EC2 dari Amazon Web Service, saya akses EC2.
  2. Akses menu reboot / booting ulang pada vps milik anda di penyedia jasa vps yang anda gunakan. Pada kasus saya, bisa dilihat pada screenshot 2 yang saya sertakan, arahkan mouse ke tombol Status Instan, lalu pilih Boot Ulang Instans.
  3. Tunggu proses reboot vps anda.
  4. Lalu setelahnya, akses vps anda sebagai root melalui console terminal yang disediakan oleh penyedia vps yang anda gunakan.
  5. Setelah login di terminal vps anda, ketikkan: sudo su
  6. Lalu ketikkan baris perintah ini tanpa tanda petik "rm -f /www/server/panel/data/domain.conf" lalu tekan Enter pada keyboard anda lihat di screenshot 1 yang disertakan.)
Baris perintah nomor 6 diatas akan menghapus domain panel aapanel yang anda gunakan dan akan kembali ke default akses via ip address. Maka dari itu setelah proses tersebut akses kembali vps anda melalui ip addressnya!

Baris tersebut memang default disediakan aapanel untuk menghapus nama domain yang digunakan untuk panelnya, tapi kondisi ini ada tambahannya yaitu tidak bisa akses port 22 karena kesalahan user lupa mengaktifkan Turn On Port 22 di menu Security aapanel-nya.

Setelah login sementara via ip address vps anda, maka port 22 akan otomatis kembali ke posisi ON di menu security.

Semoga tips ini berguna untuk anda yang menggunakan aaPanel dan mungkin pernah kejadian, silahkan pakai solusi ini.
ss_1.pngss2.png
 

mybloodiscoffee

Apprentice 2.0
belum pernah coba aapanel si
Berarti ketika menambahkan domain ini konfigurasi berubah ya

Kita mau nambah domain masuknya ke menu Website dan itu spt kita bikin new account cpanel di WHM hanya lebih sederhana saja.

Domain yang dimaksud di postingan ini ada di menu Settings dimana gunanya dipakai untuk binding mengikat IP address server menjadi akses berbasis domain.

Jadi secara default pakai aapanel itu kita akses dptnya https://ipaddress. Jika kita masukkan domain atau sub domain di menu Settings - Domain binding, nanti setelah di save kita bisa akses server kita menjadi via domain/subdomain tsb. Akses via ip address tidak lagi tersedia sampai kita unbinding domain tsb.

Yang sering tjd biasanya user lupa mengaktifkan atau menonaktifkan port ssh di menu security aapanel lalu masuk setting ubah² kondisi SSL dan domain jadi seringnya kalo jalannya ga teratur akan ga bisa masuk ssh terminal dan ga bisa akses aapanelnya.

Postingan diatas utk solusi kendala tsb.
 


Top