cloud computing


Status
Not open for further replies.

Riolz

Poster 1.0
guys, ada yang bisa cerita pengalaman soal cloud computing? abis iseng2 ngelihat rackspace dan amazon S3, amazon EC2, jadi tertarik untuk suatu saat menggunakan platfform cloud. di indonesia belom ada hosting yang menggunakan platfform cloud ya?
 

doniprisma

New Member
hanya berbagi informasi aja. sy penasaran jg mengenai komputasi awan, kemudian menemukan free trial di telkomcloud.com. kemudian sy register dan skr dah punya accountnya. belum sy coba2, tapi kayaknya lumayan buat newbie spt sy.
 

perdhanahost

Hosting Guru
Pemain besar di Indonesai yg mulai pakai cloud adalah Telkom dan Biz.net

TELKOM sendiri kayaknya ngga' bikin produk Cloud sendiri, tapi berpartner dengan Infinys. Bisa cek di sini http://www.infinyscloud.com/id/alliance

Selain TELKOM dan Biznet, ada Lintasarta untuk kelas Enterprise.

Btw, teman2 sudah ada yang coba? Mungkin bisa share di sini. Kami baru coba2 platform ESXi dan XCP (Xen Cloud Platform). Sedangkan untuk cloud storage masih mencoba banyak teknologi teknologi berbeda. Milihnya ternyata ngga' gampang. Bener2 kayak mau bikin resep masakan :)
 

ekovirtua

Expert 1.0
Pandai-pandainya kita bos bikin resepnya, banyak teknologi, banyak solusi...

Tinggal kita mau pilih yang mana, mau yang bayar atau mau yang gratis
 

perdhanahost

Hosting Guru
Yach sekarang banyak sekali penawaran layanan 'cloud' .....
-- public cloud

Ini adalah layanan cloud yang disediakan oleh satu provider tertentu untuk umum. Bisa disediakan dalam bentuk layanan berbayar atau gratis. Yang penting untuk public. Contoh paling tenar untuk jenis ini adalah Amazon Elastic Compute Cloud (EC2).

-- private cloud

Ini adalah layanan cloud yang disediakan untuk keperluan internal satu perusahaan/organisasi. Ada yang sebut juga on-premise cloud. Tidak untuk dipakai oleh pihak lain, selain untuk kebutuhan internal organisasi tersebut.

-- hybrid cloud

Nah, kalau ini adalah cloud yang menggabungkan public dan private. Jadi, kita bisa bikin private cloud dan disaat butuh resource yang lebih besar dan kita dengan alasan tertentu ngga' mau tambah investasi di dalam, kita bisa gabungkan private cloud yang kita punya dengan public cloud yang ditawarkan provider di luar sana.

-- cloud hosting

Dari namanya ini jelas, ini adalah layanan hosting yang berbasis cloud.

-- cloud server

Sama dengan atas, layanan sewa server berbasis cloud. Dan pasti VPS. Kalau untuk ini contohnya banyak banget. Silakan googling.

-- cloud storage

Sama juga dengan yang atas. Ini adalah layanan storage berbasis cloud. Contoh untuk layanan ini adalah Amazon Simple Storage Service (S3), Backblaze, LiveDrive, dll.

-- cloudlinux (ini sih OS)

Iyap. Kalau ini asli OS, masih sanak saudara CentOS dan masih bercita rasa Red Hat. CMIIW.


Semoga bermanfaat. Silakan menambahkan atau dibetulkan kalau ada yang tidak akurat infonya. :)
 
Status
Not open for further replies.

Top