Cloud Hosting atau CDN ?


Status
Not open for further replies.

wifiman

New Member
saya berencana membuat website social network kaya facebook yang kliatannya cepet dibuka dari mana aja :rolleyes: ... setelah cari sana-sini, ada yg menyarankan menggunakan CDN yang lainnya Cloud Hosting... walau udah baca² tetep binun apa sih PERBEDAAN menggunakan CDN,Cloud Hosting dengan VPS yang umum ?

Trims
 

i2dotnet

Apprentice 1.0
CDN = Content Delivery Network, server ada dimana mana jadi klien lebih cepat mengakses ke websitenya bapak tergantung lokasinya dia dimana dan akan lari ke server terdekat.

Cloud Hosting = Physical server ada dimana mana dan bisa digunakan, ketika salah satu lokasi cloud hosting down maka server tidak akan mati, otomatis akan dihandle server ditempat lainnya. (Reliabilitynya bagus)

VPS = Physical server ada di satu tempat dan tergantung pada koneksi yang ada pada DC vps tersebut, jika down ya websitenya tidak bisa diakses.

Semoga sedikit bisa membantu :)
 

ngalam

Apprentice 1.0
Kalau dilihat dari segi fungsi CDN memeperpendek jalur akses pengguna, karena pengguna akan di bawa ke server yang paling dekat dengan lokasi pengakses, sedangkan Cloud lebih ke kapasitas hardware, jadi jika dengan cloud kita tidak takut hardware tidak mampu melayani request karena overload, karena kita bisa add resource(RAM,CPU dsb) dengan mudah.
 

jaapns

Hosting Guru
Verified Provider
tergantung dana aja sih....

CDN bisa lebih murah ....... hemat BW , akses lbh cepat.....
Cloud Lebih mahal..... tapi teknologinya bagus.....

tergantung dana aja :)
 

syao

Beginner 2.0
CDN biasanya digunakan untuk accelerate gambar atau video, dikarenakan sistem CDN akan menggunakan node server yang paling dekat dengan pengunjung web.

Cloud Hosting lebih condong ke ketahanan dari hosting tersebut, pada dasarnya metode ini seperti VPS tetapi kebanyakan VPS saat ini hanya menggunakan 1 server saja sebagai node VPS nya, sedangkan jika di implementasikan sistem Cloud maka proses pada VPS tersebut akan dibagi dibeberapa server dan juga storage nya akan menggunakan storage server terpisah. Sehingga jika node server #1 mati masih ada node lain yang bisa membantu agar suatu VPS atau hosting tersebut UP n Running
 

pasarhosting.com

Beginner 1.0
mau ikut sumbang ide :)

kalu jejaring sosial lebih baik CDN karena lebih irit BW dan akses lebih cepat, VPS sepertinya lebih cocok untuk layanan hosting standar.

tapi memang perlu dipertimbangkan lagi kebutuhannya, agar tidak ada yg sia2 :)
 

kyuichi

Apprentice 1.0
saya rasa CDN memang hanya memperpendek jarak akses saja, tp tdk utk keseluruhan web konten. Cloud Hosting saya rasa lebih ke arah total: teknis dan konten server.
basic situs hosting saya berbasis joomla, dan saya sdh menggunakan plugin CDN yg awalnya penasaran saja apa ini ngefek ato tidak ke website saya, tp dari bbrp spot akses di bbrp kota, dari sblm pake cdn plugin dan sesudah memang terasa bedanya walau saya rasa sedikit saja beda kecepatan aksesnya, ya setidaknya ada hasilnya la.

untuk temen2 yang situs hosting berbasis joomla, bila ingin mencoba plugin CDN (free!!) silahkan kunjungi link ini

PERHATIAN: Plugin ini sudah saya tes ke beberapa joomla templates dan entah mengapa sepertinya hanya berguna untuk beberapa template joomla saja, dan bbrp modules tertentu akan bentrok dng plugin ini atau sama sekali membuat situs Anda tidak dapat menampilkan kontek dengan normal bahkan blank sama sekali. Untuk itu disarankan trial n error pada situs Anda.
Kebetulan cocok dng templates dan modules n component dsitus saya :)
 
Last edited:
Status
Not open for further replies.

Top