help cara ngeblock email spam


Status
Not open for further replies.
sebenernya bagian catch-all itu mengatur bagaimana mailserver memperlakukan email utk alamat yg tidak dikenal, dgn asumsi banyak spam yg ngirim email ke alamat asal2an dalam satu domain. contoh domain 'domainA.com' memiliki email satu@... dua@... & tiga@... misalnya ada org yg mengirim email ke empat@... atau alamat lain yg gak ada, 'fail' akan memberi tahu pengirim bahwa alamat yg dituju salah dan email akan dihapus server, 'blackhole' tidak akan melakukan apa2 dan email dihapus server. sedang 'localuser' email tak bertujuan tadi akan dikirim ke user (username cpanel)

banyak juga yg menyarankan utk mengisi dgn 'blackhole', tapi resikonya akan kehilangan email yg memang benar2 penting tanpa memberitahu pengirimnya.

masih banyak cara spam masuk ke mailbox dan gak ada solusi yg bisa ngatasinnya secara total 100%
 
sekalian tanya nih saya..

kalau di email gratisan kan ada fasilitas "mark as spam" jadi email tsb ga bakal dtg lg..

nah misal saya pakai tunderbird utk bbuka email domain sendiri gmana caranya ngebloknya yah biar ga datang lg...
 
untuk setingan "RBLS" sama "SpamAssassinTM: Enable for all users without the option for users to shut off per account" perlu di aktifkan gak?

efektifitasnya gimana? lebih banyak untungnya atau ruginya?
 
Kalau RBL saya biasanya aktifkan, drawbacknya mungkin ada e-mail beneran yang direject karena IP Address sender nya masuk ke database spammer, tapi jumlahnya kecil .. banyakan spamnya ..

Dan ada cpu load juga, karena yang harus diperiksa spamd jadi nambah ...
 
Kalo spamasassin sudah diaktifkan, Jangan lupa buat filter, kalo ga ya ga ada pengaruhnya. misal filter spamcore = 5 moved to junk folder, sebaiknya spamasassin dan filternya diaktifkan per email user, biar tiap email user punya pilihan.
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top