Import/Restore File SQL Menggunakan CLI


Status
Not open for further replies.

galuh82

Hosting Guru
Verified Provider
mudah-mudahan tidak repost, just share :) so mohon koreksi kalo ada yang keliru atau menambahkan.

Tempo hari memperoleh informasi dari salah satu temen bahwa dia tidak bisa upload file sql via phpmyadmin (Import) dengan pesan error Request Time Out. Setelah di cek, ternyata fiel sql tersebut ukurannya lumayan besar kurang lebih 24MB dan itu melebihi batas maksimum file upload (via http).

Split (membagi file sql menjadi beberapa file) file sql pun dilakukan, sehingga dicoba masing-masing file menjadi 1MB namun hal itu tidak memberikan solusi dan ternyata untuk file sql yang di import menggunakan phpmyadmin itu terdiri dari ribuan query yang otomatis memerlukan waktunya yang cukup lama untuk memprosesnya. Sedangkan, tiap penyedia jasa hosting akan memberikan batas execution time untuk memproses script tertentu dan defaultnya kurang lebih 30 detik hal ini untuk menjaga penggunaan resource server berlebih dan alasan keamanan lainnya.

Akhirnya ditemukan lah solusi untuk melakukan import file sql yang memiliki query yang banyak yakni import langsung dari sisi servernya dengan menggunakan CLI (Command Line Interface). Memang untuk penyedia jasa web hosting jarang yang memberikan shell akses sehingga hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh provider yang bersangkutan.

Berikut langkah-langkanya :

1. Setiap file sql yang akan di import harus berada di server, bisa menggunakan ftp atau cpanel file manager.
2. CLI yang dijalankan sebagai berikut :

Code:
mysql -u [username] -p [database name] < /path/to/file/data.sql
Akan muncul prompt Password untuk authentikasi.

Apabila tidak muncul error, query dalam file sql tersebut sudah di eksekusi dan untuk memastikannya kita bisa menggunakan phpmyadmin untuk melihat hasil query tersebut.

Semoga bermanfaat

Sumber : http://www.putragaluh.web.id/blog/baca/2009/07/01/Import_Restore_File_SQL_Menggunakan_CLI.html
 
Status
Not open for further replies.

Top