Informasi seputar paket hosting 'unlimited'


Bforce

Hosting Guru
PERHATIAN!

Thread ini bukan diskusi, tapi berupa ruang untuk menampung pemikiran, informasi dan pengalaman seputar paket hosting 'unlimited'. Posting diharapkan lebih bersifat artikel-informasi atau penjelasan dan bukan ditujukan untuk diskusi.

Thread ini bukan diskusi => Setiap quote/komentar akan dihapus oleh CGs.

Silahkan bagi member yang ingin menuangkan pemikiran/informasi/pengalaman atau menyampaikan penjelasan singkat/lengkap terkait paket hosting 'unlimited' dalam bentuk artikel-informasi.

Note! Karena masalah kontroversi maka perlu mengikuti ketentuan sbb:
* Tidak menyebut nama personil/bisnis tertentu dalam tulisan.
* Tidak mengandung quote dari posting lain.
* Hanya 1x posting per member.
* Bila bukan berupa artikel bermanfaat atau hanya pernyataan pro/kontra akan dihapus oleh CGs.

Thread terkait sebelumnya:
http://www.diskusiwebhosting.com/showthread.php/9864-Maaf-UNLIMITED-Hosting
 

bintang

Apprentice 2.0
Shared Pengalaman saat saya belum dagangan hosting.

Beberapa produk luar yang menyuguh kan paket unlimited pernah saya coba untuk web saya. Alhasil tak ada yang bertahan lebih dari 3 bulan, saat itu traffic site saya baru mencapai 700 visitor dengan 2900 - 3500 page view catetan pemakaian BW berkisar 1GB - 3GB per hari. Sepanjang pengetahuan saya dari 5 hoster unlimited yang notabene hoster besar itu hanya ada 2 yang cukup tangguh walau pun pada akhir nya saya di "depak" secara tidak langsung.


Mohon kira nya untuk tidak mengartikan tulisan saya tersebut sebagai bentuk mengkerdil kan pemain unlimited.
 

Mazz TM

New Member
Pengalaman saya pake hosting unlimited...

Menurut saya unlimited itu hanya marketing saja dan untuk menggaet pasar pemula...
Seperti saya ini... Kalau sudah advance pasti tau sendiri kalau unlimited sebenernya gak ada... Dan cari hosting yang lebih...
Dan tentu saja tetap dibatasi di TOS mereka...

Itu saja sih...

Thanks...
 

alvingiovanno

Apprentice 2.0
Unlimited - Tanpa Batas : Menurut saya ini adalah strategi marketing untuk mendapatkan perhatian calon customer. yang mana kita tahu bahwa di dunia ini tidak ada yang jual harddisk kapasitas unlimited.

penggunaan unlimited itu sendiri pun masih di balut dengan ketentuan-ketentuan ketat yang menyempitkan penggunaan unlimited tersebut, seperti :

- dilarang menjadikan file hosting
- dilarang menjadikan image hosting
- isi file cPanel wajib berhubungan dengan website

mungkin seperti itu.
 

sastrahost

Poster 2.0
Waduhh akhirnya sampe dibikin stiky X_X

Langsung aja deh Pendapat saya pribadi sebagai konsumer dengan layanan Unlimited Hosting adalah

"Menyenangkan" :D

Terhindar dari TOS, saya tidak perlu khawatir lagi dengan Space Hosting saya "Yang Padahal" sebenrnya juga saya tidak mengupload banyak data ga penting di hosting itu. Maka dari itu TOS bisa saya abaikan.

Thanks,
Dan sekali lagi saya minta maaf kepada seluruh Master Hoster di DWH karena Trid sya sebelumnya :(
 

voezie

Hosting Guru
Beberapa point yang perlu saya sampaikan sebagai salah satu penjual web hosting unlimited di indonesia


  1. Bisnis hosting jangan disamakan dengan bisnis jual beli komputer yang sudah jelas kalau jual beli komputer merujuk kepada fisik barang seperti hard drive, memory, dan processor, contoh: harga hosting dengan kapasitas 250GB tidak sama dengan harga hard disk 250GB
  2. Unlimited space bukanlah istilah marketing / marketing gimmick/penipuan istiliah unlimited space sendiri sudah umum dipakai di aplikasi berbagi-pakai seperti FTP, Windows Active Directory, Shared Folder dll sebelum trend di kalangan hosting sering disebut unlimited quota, hal ini sudah menjadi arsitektur umum pada infrastruktur IT yang membutuhkan kontinuitas dan un-interuptable, contohnya banyak beberapa perusahaan yang menggunakan windows active directory untuk karyawannya bekerja, fungsinya agar seluruh pekerjaan karyawan tersimpan di pusat data, lalu apa jadinya jika user quota karyawan untuk bekerja dibatasi, sudah tentu karyawan tersebut tidak bisa bekerja lagi, tidak bisa menyimpan file dan harus menghungi staff IT untuk menambahkan user quota... bayangkan jika perusahaan tersebut memiliki ratusan bahkan ribuan karyawan... lantas apakah Staff IT tersebut dianggap menipu / membohongi karyawan bahwa user quotanya unlimited... padahal servernya cuma 1TB... tentu tidak... itu adalah tantangan staff IT dan tugasnya staff IT untuk memonitor dan melakukan upgrade server apabila diperlukan, yang penting bagi perusahaan dan karyawan dapat bekerja secara kontinue tanpa gangguan.
  3. Jangan menawarkan paket unlimited space jika tidak mampu/tidak sanggup , perhatikan lagi kisah pada point 2 tadi, menawarkan unlimited space merupakan tantangan yang besar, jadi jika anda belum sanggup untuk selalu memonitor atau melakukan upgrade server sewaktu-waktu sangat disarankan untuk tidak ikut-ikutan menawarkan paket hosting unlimited space, perusahaan hosting unlimited memiliki kalkulasi tersendiri untuk menawarkan paket unlimited space yaitu dengan sistem inodes quota, saya sendiri mengikuti sistem yang telah mereka terapkan dan tentunya masih ada batasan lain yang akan dijelaskan pada point selanjutnya.
  4. Perbedaan paket hosting unlimited dan limited secara umum hanya berbeda pada kalkulasi quota saja, paket hosting unlimited space menghitung inodes quota, sedangkan paket limited menghitung size quota, sedangkan pembatasan lainnya dijamin sama, contohnya seperti; tidak boleh menggunakan web hosting sebagai file hosting, tidak boleh menggunakan resource cpu/memory yang berlebih, tidak boleh dijadikan backup server, tidak boleh kirim email banyak-banyak, dsb nya...
 

PusatHosting

Hosting Guru
Apa itu Inodes?
Inodes adalah perhitungan banyaknya file dan folder. Misalnya anda menyimpan 10 file maka anda telah menggunakan 10 inodes

Cara Mendapatkan nilai inodes pada Hardisk?
Hardisk 500GB
ini inondes
Code:
$df -i
Filesystem            Inodes   IUsed   IFree IUse% Mounted on
/dev/md1             121077760 2049148 119028612    2% /
ini disk space
Code:
$df -h
Filesystem            Size  Used Avail Use% Mounted on
/dev/md1              448G   75G  350G  18% /

Hardisk 500GB sama dengan 121077760 inodes
Terpakai 75GB atau sama dengan 2049148 inodes

Penjelasan lengkap bisa dibaca disini http://www.thegeekstuff.com/2012/01/linux-inodes/

Limited Space atau Unlimited space dibatasi Inodes?

Hosting Limited Space 100MB?
Anda dapat meyimpan file maksimal 100MB di server hosting.

Unlimited space dibatasi 25.000 inodes?
Simpan 25.000 file dengan ukuran 1KB sesuai dengan total inodes, maka 25.000KB = 24,4MB adalah maksimal space yang bisa anda gunakan di server hosting. Tapi Mungkinkah menyimpan file hanya 1KB sebanyak 25.000? Tidak Mungkin

Referensi thread ini http://www.webhostingtalk.com/showpost.php?p=7381809&postcount=1
<code>
13210 inodes/ 637 MB (Wordpress and SMF forum site)
11322 inodes/ 112 MB (Joomla and Wordpress site)
11135 inodes/ 239 MB (e-commerce catalog site)
8363 inodes/ 268 MB (Wordpress site)
</code>
1. Website wordpress & SMF forum menggunakan 13210 inodes atau sama dengan 637MB
2. Website Joomla dan Wordpress menggunakan 11322 inodes atau sama dengan 112MB

Kesimpulan dengan inodes sama belum tentu space yang dapat digunakan adalah sama.

Mana yang lebih JUJUR?
Unlimited seolah tidak jujur tapi sebenarnya jujur jika anda membaca TOS yang menjelaskan total inodes

Kemudian siapa yang tidak jujur
Yang tidak jujur adalah Unlimited space & unlimited inodes atau Unlimited space tapi tidak menyertakan info total maksimal inodes

Unlimited Space Marketing Gimmick?
Semua punya marketing gimmick
Yang limited space Gimmicknya "Unlimited inodes maksimal space 100mb"
Yang unlimited space Gimmicknya "Unlimited space maksimal 25.000 inodes"

Rasional? Selamat memilih.
 
Last edited:

amsob

Beginner 2.0
SUDAH SAATNYAKAH MENAWARKAN PAKET UNLIMITED HOSTING DI INDONESIA?

Membaca berbagai penjelasan dari berbagi sumber yang ditulis di forum ini serta realita yang ada terkait dengan karakter masyarakat Indonesia (secara umum), hemat saya menawarkan paket web hosting unlimited mungkin bukanlah hal yang bijak (atau minimal belum saatnya). Mengapa?

Sebagai pengguna, saya aja rada2 malas baca TOS apalagi seperti sampai hal2 yg rumit (setidaknya bagi saya) semisal yg ditulis Tuan voezie dan pusathosting di atas. Dan saya yakin cust juga tidak akan sampai sejauh itu mengalisa paket hosting yang ditawarkan para penyedia layanan. Karakter sebagian besar orang kita kan, pikiran kalu lihat yg murah, diskonnya gede, ga ada batasnya... langsung beli.

Tapi, semuanya tergantung semua pihak. Kalau pihak hoster dapat menjelaskan sejelas-jelasnya seperti apa sebenarnya yg dimaksud unlimited dalam bisnis hosting ini, sehingga cust yakin atas pilihannya. its oke aja.

Salam!
 

mkhuda

Beginner 1.0
Pengalaman saya dengan hosting unlimited.

Dari awal, karena saya pengguna hosting pemula, unlimited merupakan pilihan yang cukup tepat. Terutama di sisi bandwith.
Tapi yang perlu kita teliti adalah dari sisi resource seperti RAM, CPU dll.. Karena mengandalkan bandwith saja, jika visitor sudah tinggi atau web anda sudah lumayan populer, website bisa memakan resource banyak.

seperti pengalaman saya yang terkena suspend hingga sekarang.. gara2 ada masalah di resource.. hiks :(
 

tamanhosting

Poster 1.0
Sama seperti yang di atas semua sudah dijelaskan, unlimited hosting biasanya hanya sekedar marketing dan itu merupakan bahasa promosi yang lumayan ampuh.

saya sendiri punya layanan hosting unlimited, toh user biasanya gak pernah pakai lebih dari 10gb, dan juga hosting unlimited biasanya tetap ada TOS yang sangat ketat yang tidak memungkinkan untuk di pakai sembarangan
 

Top