Jenis-jenis Kompas dan Penjelasaannya


Status
Not open for further replies.

Siswo

Beginner 1.0


Kompas yaitu suatu alat yang berfaedah untuk penunjuk arah mata angin. Cara kerja kompas berdasarkan jenis medan magnet. Oleh gara-gara itu komponen utama dalam kompas adalah magnet. Ada dua macam kompas yaitu kompas analog dan kompas digital. Perbedaannya pada proses kerja dan komponennya. Kompas analog lebih sederhana, sedang kompas digital sudah modern gara-gara sudah tersentuh teknologi proses komputer.

Bentuk magnet pada kebanyakan dalam komponen kompas adalah jarum, yang mana selagi magnet yang bersifat jarum tersebut dalam kondisi bebas, maka bakal selalu mengarah ke utara dan selatan.

Prinsip magnet yang seperti itu dimanfaatkan dalam pembuatan dan kegunaan kompas, dan alat navigasi yang lain. Namun, alat untuk membuktikan arah yang paling kerap digunakan adalah kompas. Ada beberapa satu} macam kompas yang lumayan menarik untuk diketahui. Berikut adalah jenis-jenis kompas tersebut.

Kompas Bidik

Kompas ini memiliki kegunaan untuk mempermudah selagi kondisi mengkalkulasi suatu sudut yang jadi sasaran bidik di suatu daerah ataupun benda.

Kompas Silva

Kompas ini kerap disebut terhitung bersama orienteering yang merupakan sebuah kompas yang membawa kegunaan sebagai alat yang mempermudah dalam proses perhitungan dan sebagai alat pembaca peta secara langsung.

Kompas Biasa

Kompas biasa atau kompas standar, merupakan suatu kompas yang memiliki kegunaan dasar saja, yaitu untuk menunjukan arah mata angin. Kompas ini kebanyakan memiliki tanda-tanda ukuran yang paling kecil dibanding bersama tipe kompas lainnya, yaitu 2 kali lebih kecil berasal dari kompas lainnya. Dalam membacanya lebih enteng dan praktis.

Itulah macam-macam tipe kompas yang lumayan menarik untuk kita ketahui. Pada dasarnya kompas berfaedah sebagai alat bantu membuktikan arah mata angin, seperti selagi pembuatan masjid kebanyakan butuh kompas untuk menentukkan arah baratnya, ketika berada di tengah-tengah hutan, dan ketika sedang perjalanan jauh berasal dari pemukiman penduduk.

Demikian informasi perihal jenis-jenis kompas, jika kita suka berpetualang tentu pengetahuan perihal pebacaan kompas amat diperlukan. Karena untuk berpetualang tidak lumayan menarik jika masih dekat bersama pemukiman penduduk. Untuk mempermudah menyaksikan arah mata angin lengkap, kompas tentu wajib dimiliki bagi para petualang sejati.
 
Status
Not open for further replies.

Top