Layanan Customer Service


fbunaren

Poster 2.0
Pagi semua, izin buat thread.

Untuk awal memulai bisnis hosting, domain, untuk sistem penyediaan customer service sebaiknya bagaimana ya? Terutama kalau baru awal mulai, pastinya sumber daya yang dimiliki (termasuk sumber daya manusia) sangatlah minim. Ditambah lagi pada umumnya layanan customer service biasanya 24/7.

Apakah ada yang punya pengalaman tentang ini? Mungkin bisa berbagi pengalaman bagaimana membuka layanan customer service pada waktu dulu baru memulai usaha hosting.

Terima kasih sebelumnya :)
 

OkeCloudID

Poster 2.0
Pagi semua, izin buat thread.

Untuk awal memulai bisnis hosting, domain, untuk sistem penyediaan customer service sebaiknya bagaimana ya? Terutama kalau baru awal mulai, pastinya sumber daya yang dimiliki (termasuk sumber daya manusia) sangatlah minim. Ditambah lagi pada umumnya layanan customer service biasanya 24/7.

Apakah ada yang punya pengalaman tentang ini? Mungkin bisa berbagi pengalaman bagaimana membuka layanan customer service pada waktu dulu baru memulai usaha hosting.

Terima kasih sebelumnya :)
Harus menguasai produk yang dijual mas, atau bahasa dalam dunia hosting..
 

fbunaren

Poster 2.0
Harus menguasai produk yang dijual mas, atau bahasa dalam dunia hosting..
Yes, kalau itu sudah sangat pasti dan sangat harus. :)

Sebenarnya pertanyaan saya lebih ke mengoptimalkan layanan customer service. Saat baru mulai kan dana dan sumber daya sangat terbatas (ditambah lagi jika harus 24/7) .Adakah cara mengoptimalkan layanan customer service dengan keadaan baru mulai usaha?
 

dhyhost

Web Hosting Service
The Warrior
Verified Provider
standar aja ga masalah, balas klo lg online, ngga harus 24 jam, lagian user komplain sangat jarang baik siang ataupun malam selama server tidak ada masalah.
 

Hosterbyte

Apprentice 2.0
Verified Provider
Berdasarkan pengalaman si untuk di awal standar aja tuan. betul yang diampaikan tuan @dhyhost jarang ada user komplain/tanya2 di malam hari. rata2 kalau di saya mentok ada yang nanya di jam 10 an malam.

mungkin beda tempat beda kasus ya. kuncinya selagi server aman bakal sepi kok yang kontak cs kecuali tanya produk atau minta kerja sama.
 

fbunaren

Poster 2.0
@dhyhost @Hosterbyte Terima kasih banyak informasinya. Saya jadi ada gambaran mengenai customer service. Tadinya saya kira harus 24/7 seperti perusahaan hosting yang populer. Saya juga jadi ada gambaran mengenai pertanyaan yang umumnya disampaikan.

Terima kasih banyak.
 

Top