Lupin, Pangan Sehat Masa Depan



Status
Not open for further replies.

seo_rumaherbal

Beginner 1.0
Roti gandum yang diperkaya dengan lupin terbukti menurunkan tekanan darah. Tepung inti lupin memiliki kandungan protein dan serat tinggi, serta rendah karbohidrat. Meningkatkan kandungan protein dan serat dengan menggunakan inti lupin merupakan pendekatan diet yang mudah untuk mengurangi tekanan darah dan resiko penyakit jantung. Penggunaan lupin untuk produk pangan bakery dicoba Jonathan Hodgson dari Western Australia Univrsity dalam penelitiannya. Ternyata responden dengan obesitas dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik 3,0 dan 0,6 mmHg.

Tim peneliti School of Public Health dari Curtin University of Technology, Perth, Western Australia yang dipimpin Profesor Vijay Jayasena telah mengembangkan beberapa makanan sehat yang diperkaya lupin, seperti pasta, roti, mi, tempe, tahu, biskuit, muffin, kue dan lain-lain. Ternyata selain menyehatkan, lupin membantu proses pengolahan pangan.

Lupin yang berkarakter mirip kedelai (lemak lebih rendah, serat lebih tinggi) tapi lebih murah ini, banyak dibudidayakan di Australia. Kerjasama Curtin University of Technologi dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia telah menginvestigasi kemungkinan memanfaatkan lupin untuk membuat tempe.


Sumber: Koran Tempo 4 Juli 2010
 
Status
Not open for further replies.

Top